Surat Penghargaan

Menciptakan Kekuatan melalui Gotong Royong

 

 

Perdamaian dunia dan keharmonisan datang melalui kontribusi kedua individu dan usaha-usaha bersama. Bertahun-tahun, Maha Guru Ching Hai telah bekerja untuk meningkatkan kesadaran rohani dari planet ini dan menerangi hati setiap umat manusia. Demikian juga dengan semangat kapatiran (artinya persaudaraan) dari mantan Presiden Filipina Fidel V. Ramos yang telah membantu perkembangan persatuan dan pemahaman bersama di dalam negaranya dan juga di sekitarnya. Tidak heran, kedua pemimpin dunia – yang dipandu dengan berbagi visi masa depan yang cemerlang bagi negara-negara di Asia Pasifik – juga terlibat dalam suatu upaya bersama untuk membawa perubahan konstruktif ke dalam dunia.

Baru-baru ini, Maha Guru Ching Hai menyumbang dana sebesar US$30.000 untuk Badan Amal Perdamaian Ramos dan Yayasan Pembangunan yang didirikan oleh Bpk. Ramos. Organisasi dengan moto “Peduli, berbagi dan berani” ini bertujuan untuk menambah semangat kaum muda, mendukung pembangunan berkelanjutan, mengurangi kemiskinan, dan mengembangkan pemerintahan yang demokratis. Dukungan tepat waktu yang besar dari Guru ini sangat dihargai mereka. Dalam suratnya yang tertanggal 15 September, mantan Presiden itu menuliskan, “Setelah kita menghadapi tantangan dunia yang terbentang di depan, kami mendapat inspirasi dari para sahabat dan pendukung dimana mereka berbagi waktu, bakat, dan sumber daya mereka bersama kami serta mempertimbangkan kemitraan kita dalam mempromosikan tenaga kerja manusia dan pembangunan.”

Berdasarkan pada minat untuk berbagi dalam melayani orang-orang yang membutuhkan, persahabatan dan berbagi rasa hormat di antara kedua pemimpin yang telah tumbuh dengan kokoh dari tahun ke tahun. Pada tahun 1960, Bpk Ramos adalah seorang wali kota di Tây Ninh yang terletak di barat daya Âu Lac (Vietnam), tempat dimana 3.500 orang sukarelawan Filipina membangun jalan-jalan dan menyediakan obat-obatan serta bentuk bantuan lainnya bagi para korban perang di Au Lac. Selama ia menjabat sebagai Presiden Filipina, Maha Guru Ching Hai pernah berkunjung ke istana kepresidenan Malacanang untuk meminta bantuannya atas nama pengungsi Au Lac (Vietnam) yang pada saat itu ditolak status pengungsiannya oleh negara-negara lain dan juga akan mendapat pemulangan. Dalam tanggapannya, presiden mengeluarkan perintah persetujuan untuk izin menetap kepada sekitar 5.000 orang pengungsi Au Lac (Vietnam) dan pada saat itu juga, Filipina menjadi satu-satunya negara di dunia yang memberikan tempat perlindungan tetap bagi para “pencari suaka” Au Lac. Untuk mengenang kebaikan para pemimpin yang besar, Maha Guru Ching Hai dengan rasa syukur dan hormat mempersembahkan Penghargaan Kepemimpian Cemerlang Dunia kepada Yang Mulia Fidel Ramos pada bulan Februari 2007. Dalam pembicaraannya tentang beliau, Guru berkata, “ Beliau adalah seorang manusia yang hebat, baik, dan pemimpin yang pengasih kepada masyarakatnya serta orang-orang asing. Di hari ulang tahunnya, ia menghabiskan waktu dan kekayaannya bersama dengan orang-orang miskin.”

Semoga kerja sama yang harmonis antara Maha Guru dengan Yang Mulia Fidel Ramos ini terus bersinar sebagai sebuah teladan sejati akan gotong royong, saling mendukung, dan kapatiran bagi semua negara serta membuat perubahan lebih lanjut ke sebuah dunia yang aman, makmur, dan harmonis.

(Asal bahasa Inggris)


 

25 September 2008

Maha Guru Ching Hai

Yang Terhormat Maha Guru Ching Hai:

        Atas nama Dewan Pengawas dan anggota Perdamaian Ramos serta Yayasan Pembangunan (RPDEV), izinkanlah saya untuk menyampaikan penghargaan kami atas sumbangan Anda senilai Tiga Puluh Ribu Dolar (US$30.000).

        Dukungan Anda kepada Yayasan sungguh mencerminkan komitmen Anda untuk mendorong masyarakat Filipina, khususnya kaum muda, seperti cita-cita kami menuju Filipina yang “berkelas dunia”. Kepedulian, berbagi, dan keberanian Anda telah menginspirasikan kami untuk bekerja lebih keras lagi untuk melanjutkan RPDEV dalam menambah upaya-upayanya untuk menuju perdamaian abadi serta pembangunan yang berkelanjutan bagi negara-negara di Asia Pasifik.

        Mabuhay (Salam Sejahtera)!!!

        Fidel V. Ramos

 

Yayasan Perdamaian dan Pembangunan Ramos: http://www.rpdev.org/