Lintasan Peristiwa
Republik Ceko

Tokoh Terkemuka Mendukung Pola Makan Vegetarian

Oleh Grup Berita Praha (Asal bahasa Ceko)

[Praha] Pada tanggal 5 Oktober, Tahun Emas 5 (2008), rekan-rekan inisiat Ceko menyambut para pengunjung perayaan Hari Vegetarian tahun kelima di Praha dengan   informasi yang sangat bermanfaat tentang vegetarian, perlindungan satwa, dan pemanasan global. Upaya mereka ini didukung secara terbuka oleh Bpk. Ing. Richard J. Barták, mantan wakil Menteri Pertanian. “Kurangilah konsumsi daging Anda secara signifikan atau tanpa daging sama sekali, dan jadilah vegan atau setidaknya vegetarian,” kata Bpk. Bartak, yang mempromosikan pertanian organik semasa masih dalam jabatannya. Para pengunjung belajar banyak tentang pola makan vegetarian dan pemanasan global, menunjukkan rasa tertariknya yang besar terhadap buku terlaris Maha Guru Ching Hai dan menikmati hidangan vegetarian yang lezat dari para inisiat.
Mr. Petr Vachler (left), vegetarian director

Acara utamanya adalah upacara penyerahan penghargaan yang dipimpin oleh Bpk. Petr Vachler, Direktur Akademi Televisi dan Film Ceko, seorang vegetarian dan pelindung satwa. Bpk. Petr Vachler yang senang dengan peran ini mengatakan, “Sekarang saya tinggal mencari satu cara – bagaimana menyebarkan vegetarisme dengan lebih intensif.”  Penghargaan Tahunan Vegetarian diberikan kepada pasangan suami-istri yang telah berhasil mencegah pembangunan pabrik peternakan babi dengan rencana kapasitas sekitar sepuluh ribu ekor babi; Buku terjemahan John Robbins dalam bahasa Ceko Nová výživa (Revolusi Makanan) memenangkan Buku Tahun Ini; serta Vegfood yang baru saja dibuka dan dikelola oleh rekan-rekan inisiat Ceko ditunjuk sebagai Restoran Vegetarian Tahun Ini. Acara ditutup dengan penayangan video SOS  mengenai pemanasan global yang diproduksi oleh Supreme Master Television.

Pada tanggal 24 Oktober, rekan-rekan inisiat setempat menyelenggarakan kegiatan di restoran VegFood mereka untuk mengenalkan secara resmi DVD SOS kepada perwakilan   organisasi-organisasi utama pecinta lingkungan, vegetarian, dan perlindungan satwa. DVD yang berisi informasi terpenting dan mendesak tentang pemanasan global yang dihimpun dari tayangan-tayangan Supreme Master TV yang menjelaskan bahwa vegetarian adalah solusi paling efisien juga dibagikan. Sejauh ini, 12.000 keping salinan DVD ini telah diproduksi untuk dibagikan ke semua kantor-kantor dan organisasi-organisasi swasta, kementerian serta kelompok-kelompok masyarakat umum.

Untuk menyaksikan DVD ini dalam bahasa Inggris dan dengan teks bahasa Ceko-Slovakia, silakan kunjungiwww.SupremeMasterTV.cz.