Lintasan Peristiwa 
China

Pesan Vegetarian China Menjangkau Jauh dan Luas

Laporan dikumpulkan oleh rekan inisiat di China (Asal bahasa China)  

[Guangdong] Dalam sebuah usaha untuk mempromosikan pesan Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, rekan-rekan inisiat di Provinsi Guangdong mencetak selebaran Cara Hidup Alternatif, SOS/Perubahan Iklim, dan Jadilah Vegetarian - Bertindaklah Hijau -Selamatkan Bumi dalam jumlah besar, dan membagikannya di kota-kota, desa-desa, dan pedalaman di seluruh provinsi. Mereka juga menyelipkan selebaran itu di dalam surat kabar, ikut serta dalam pameran-pameran, dan mengadakan kegiatan pendidikan bersama taman kanak-kanak.

Pada tanggal 5 November, Tahun Emas 5 (2008), rekan inisiat menandatangani kontrak selama tiga bulan dengan stasiun bus kota untuk memasang informasi pada bagian atas pegangan tangan pada bus-bus di 10 rute yang berlainan. Setelah membaca buku contoh Jadilah Vegetarian - Bertindaklah Hijau - Selamatkan Bumi dan menyaksikan DVD, manajer agen periklanan bus tersentuh hatinya sampai mengeluarkan air mata. Dengan luapan emosi ia katakan, “Bumi benar-benar memerlukan kita semua untuk memeliharanya!” Ia lalu memberikan tambahan satu bulan iklan gratis.

[Yunnan] Di Forum Literatur yang diadakan di Universitas Umum Yunnan pada tanggal 8 Oktober, dosen universitas dan saudara inisiat Li memberi ceramah tentang “Menantang Tradisi, Jangan Disesatkan dan Kembangkan Konsep Ilmiah dari Pola Makan.” Rekan inisiat membagikan informasi yang relevan dan menyiapkan makanan vegetarian bagi murid-murid peserta. Dengan menyebutkan bukti ilmiah, Bapak Li mengatakan bahwa tubuh manusia cocok mencerna protein nabati, dan dilanjutkan dengan menjelaskan hubungan antara pola makan vegetarian dengan perlindungan lingkungan. Diskusi yang menarik ini membawa para siswa untuk memikirkan tentang pola makan serta gaya hidup mereka. Banyak yang memutuskan untuk segara memulai gaya hidup vegetarian.

Pada tanggal 18 Oktober, di Taman Magnolia Bukit Barat, inisiat Yunnan mengikuti kelompok lingkungan Kobis dan Akar Zaman Keemasan, dan kelompok perlindungan alam Univesitas Umum Yunnan, serta Universitas Kedokteran Kunming dalam acara pemeliharaan ekologi dan pencicipan makanan vegetarian. Lebih dari 1.500 selebaran SOS dan lebih dari 100 porsi makanan vegetarian dibagi-bagikan.

[Guizhou] Di awal bulan Oktober, dengan dukungan yang penuh kasih dari para inisiat Yunnan, para anggota Asosiasi di Guizhou meluncurkan serangkaian kegiatan Jadilah Vegetarian - Bertindaklah Hijau - Selamatkan Bumi. Pada akhir pekan dan liburan, mereka membagikan bahan-bahan informatif kepada orang-orang di jalanan, bus, stasiun kereta api, dan tempat-tempat lain yang sering dilalui banyak orang. Bahan-bahan itu memberi informasi kepada masyarakat bahwa berbuat baik bagi Bumi adalah berbuat baik bagi diri mereka sendiri, dan itu memerlukan usaha bersama dari semua orang untuk menyelamatkan Bumi.

[Hubei] Pada hari Satwa, 4 Oktober, relawan dari Pusat Penyelamatan Wuhan untuk Satwa Tak Bertuan menyelenggarakan aktivitas publik untuk menarik perhatian orang-orang untuk menyayangi dan peduli terhadap satwa, serta menolak konsumsi daging kucing  dan anjing. Brosur dan poster yang memperkenalkan pola makan vegetarian dan kondisi hidup satwa juga dipajang. Makanan vegetarian diberikan secara gratis kepada para relawan yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

Para relawan mengenakan topeng anjing memperlihatkan keadaan anjing saat dikurung Rekan-rekan sepelatihan membagikan selebaran yang mengenalkan pola makan vegetarian

[Shaanxi] Dalam rangka mendukung Hari Satwa, rekan-rekan inisiat melangsungkan kegiatan promosi di alun-alun kota dan di jalan-jalan utama untuk mendorong masyarakat agar menyayangi satwa serta menjalankan pola makan nabati untuk menyelamatkan planet. Materi-materi yang berkaitan dengan informasi tersebut distribusikan dalam jumlah yang banyak dan disediakan pula makanan ringan vegetarian untuk masyarakat umum. Kegiatan tersebut sangat dipuji dan beberapa mahasiswa ikut membantu dalam kegiatan pendistribusian tersebut.

Rekan-rekan inisiat kembali mempromosikan pola makan nabati saat kongregasi Buddhis di Kuil Qiangling di sebelah selatan Xian pada tanggal 5 Oktober. Banyak praktisi Buddhis yang menyetujui bahwa pola makan vegetarian dapat menyelamatkan planet. Kebanyakan dari mereka menyatakan akan turut membantu dalam menyebarkan informasi dan mengajak lebih banyak orang untuk bergabung dalam keluarga vegetarian.

[Jiangxi] Dari  tanggal 10 sampai 13 Oktober, Kementerian Perdagangan dan Wakil Rakyat Provinsi Jiangxi bekerja sama dalam Ekspo Makanan Hijau China dengan dukungan dari Pusat Perkembangan Makanan Hijau China di Pusat Pameran Internasional Nanchang. Lebih dari 1.800 perusahaan berpartisipasi dalam acara tersebut, yang telah menarik lebih dari 100.000 orang pengunjung lebih.

Banyak pengunjung yang singgah untuk membaca brosur-brosur SOS yang mereka terima. Mereka juga menyaksikan film “Devour the Earth (Menelan Bumi)” dan video-video lainnya serta mencoba makanan vegetarian lezat yang ditawarkan. Media lokal sangat tertarik dengan pola makan vegetarian dan hubungannya dengan pemanasan global. Reporter Televisi Nanchang meliput topik tersebut dan menanyakan informasi yang berhubungan. Kami berharap setelah mengunjungi Ekspo tersebut, akan semakin banyak orang yang Menjadi Vegetarian, Bertindak Hijau, untuk Selamatkan Bumi.

[Sichuan] Bulan Oktober merupakan Bulan Vegetarian Dunia. Inisiat lokal telah melakukan yang terbaik untuk membagikan pesan-pesan, Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, Selamatkan Bumi. Pada tanggal 4 Oktober, mereka mendistribusikan brosur-brosur SOS, DVD, dan informasi lainnya di kota-kota, pinggiran kota, dan perkampungan yang diterima dengan hangat oleh masyarakat di sana.

Festival Kembar Sembilan atau Hari ‘Manula’ yang jatuh pada tanggal 7 Oktober tahun ini merupakan festival yang penting bagi masyarakat China. Pada hari tersebut, rekan-rekan inisiat menyiapkan makanan vegetarian yang lezat untuk orang-orang tua di sekitar area yang terkena dampak gempa bumi. Para manula menikmati makanan dan mempelajari pentingnya pola makan vegetarian. Pada tanggal 19 Oktober, sekelompok rekan-rekan vegetarian menghadiri perjamuan ulang tahun vegetarian di daerah terpencil penggunungan Sichuan, disana mereka membagikan pesan-pesan vegetarian kepada lebih dari seratus tamu yang hadir. Kami mengharapkan aktivitas tersebut akan menginspirasi lebih banyak orang untuk menjadi vegetarian.