Surat Penghargaan

Rakyat Filipina Mengikuti Prakarsa yang Patut Dicontoh

 

Let. Jend. Victor Ibrado

Moto “Ukuran dari pemerintahan yang baik adalah kemajuan dalam kehidupan masyarakatnya,” adalah tolak ukur yang dipakai Presiden Gloria Macapagal-Arroyo ketika memutuskan kebijakan-kebijakan bagi rakyat Filipina. Baru-baru ini, Presiden Arroyo  meminta partisipasi bersama dari sektor-sektor masyarakat umum dan pribadi dalam kampanye lingkungan nasional yang diadakan pada tanggal 19 hingga 25 November setiap tahunnya sebagai ”Minggu Kesadaran Pemanasan Global dan Perubahan Iklim.” Perubahan-perubahan positif selama kepemimpinannya yang bijaksana sangat jelas terlihat.

Ketika merokok dilarang di Angkatan Darat Filipina, tanggal 8 September, Tahun Emas 5 (2008), Maha Guru Ching Hai mengirimkan surat ucapan terima kasih kepada juru bicara Angkatan darat, Letnan Kolonel Romeo Brawner Junior. Guru menulis,”...Interverensi mulia Anda adalah langkah maju dalam mengangkat umat manusia menuju kesadaran yang lebih tinggi... Tindakan-tindakan yang patut dicontoh ini pasti memberi efek yang baik, menginspirasi kepada yang lain untuk mengikutinya.”

Banyak berita konstruktif di Filipina yang menulis tentang Let. Kol. Brawner pada tanggal 28 September, di situ dituliskan bahwa Jenderal Komandan Angkatan Darat Filipina, Let. Jend. Victor Ibrado, telah meminta pelaksanaan ”hari bebas kendaraan” di seluruh perkemahan Angkatan Darat di Filipina. Pada acara ini ia berkata, “ini adalah tujuannya dalam mempromosikan gaya hidup yang sehat di antara personil Angkatan Darat; menghemat bensin dan produk minyak bumi lainnya; dan mengurangi polusi udara.” Sebagai sebuah negara, Filipina telah meratifikasi Protokol Kyoto, Tindakan Udara Bersih, dan merayakan Bulan Udara Bersih di bulan November setiap tahunnya.

Maha Guru Ching Hai memuji rakyat Filipina karena mengadopsi Tindakan Udara Bersih, membangun ladang angin di Ilocos Norte, dan meminimalisasi penggunaan sumber-sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Dalam sebuah surat bertanggal 21 Oktober, Guru menulis kepada Let. Jend. Ibrado,” Negara Anda dan militernya sungguh-sungguh menciptakan teladan kehidupan yang berkelanjutan di Asia, menciptakan lingkungan yang bersih untuk masa depan kita.”

Dengan dedikasi mereka untuk menjaga kesehatan rakyatnya serta memelihara planet ini, Presiden Macapagal-Arroyo dan pemerintahan Filipina terus berjalan sesuai dengan janji pemerintahan yang baik!

urat balasan dari Let. Kol. Romeo Brawner, Jr., Juru bicara Angkatan Darat Filipina Surat Terima Kasih dari Guru