Penghargaan Penemu Cemerlang Dunia

Hasil Karya Cerdas Seorang Ilmuwan Muda

♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Oleh Grup Berita Oregon, AS (Asal bahasa Inggris)

Pada tanggal 10 Januari, Tahun Emas 6 (2009), para wakil dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai memberikan Penghargaan Penemu Cemerlang Dunia kepada William Yuan yang berusia 13 tahun, atas penemuan papan tenaga surya jenis baru yang berefisien tinggi sehingga memungkinkan untuk menyerap cahaya mulai dari cahaya redup hingga ke cahaya ultraviolet.
William Yuan dan ayahnya
Tanda terima dari William Yuan atas hadiah Guru berupa uang sebesar US$1.000

William memulai proyek papan surya ini sejak dua tahun lalu sebagai proyek sekolah karena ia ingin membantu menyelesaikan masalah dalam mencari energi yang bersih bagi planet kita. Proyeknya ini dibuat berdasarkan riset yang telah dilakukan Georgia Tech dan Universitas Notre Dame dalam menemukan cara baru untuk mengembangkan papan surya dengan menggunakan teknologi nano. Hasil temuan ini memungkinkan papan surya untuk menampung cahaya redup maupun cahaya ultraviolet, dengan kata lain papan ini bisa memproduksi energi listrik meski di hari-hari mendung. Selongsong nano karbon yang dirancangnya bisa menggandakan efisiensi konversi cahaya listrik. Ia juga mengembangkan model menara solar dan suatu program komputer untuk menyimulasi dan mengoptimalkan parameter-parameter menara tersebut. Model yang mengoptimalkan ini menyediakan penyerapan cahaya 500 kali lebih besar daripada papan surya komersial yang tersedia dan sembilan kali lebih besar daripada papan surya 3-D yang canggih. Atas rancangannya yang inovatif ini, Institut Davidson yang bergengsi memberikan beasiswa bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun dan memiliki karya luar biasa di berbagai bidang. Institut ini memberikan William donasi sebesar US$25.000. Hal ini menjadikannya sebagai penerima penghargaan termuda dalam kategori ilmiah yang terhormat ini. Selain melakukan penelitian ilmiah, William juga suka bermain piano dan permainan catur yang menantang.

William sangat bersyukur dan tersentuh ketika pada acara pemberian Penghargaan ia menerima surat penghargaan dari Guru bersama plakat kristal yang indah dan cek senilai US$1.000. Dalam surat terima kasihnya untuk Guru, ia menulis:

 

 

 

Maha Guru Ching Hai Yang Terkasih:

Terima kasih atas surat dan perhargaan Anda atas pencapaian saya.

Ini suatu kehormatan yang besar bisa menerima penghargaan ini dari organisasi Anda. Bumi berubah dengan pesat, dan generasi muda kita akan menghadapi tantangan yang besar dalam bidang lingkungan dan energi. Kita harus beraksi jika kita ingin melanjutkan kehidupan sehari-hari kita. Saya menghargai usaha-usaha yang dilakukan organisasi Anda untuk dunia ini.

Saya doakan Anda kesehatan yang baik dan keberuntungan.

Hormat saya,

William Yuan

William Yuan yang luar biasa, semoga Anda mendapat yang terbaik, dan semoga Surga memberkahi bakat dan welas asih Anda agar terus bermanfaat bagi dunia kita.

 

Referensi:
http://presskit.ditd.org/2008_Davidson_Fellows_Press_Kit/2008_DF_William_Yuan.pdf
http://news.ditd.org/Fellows_2008/william%20yuan.htm
http://www.edutopia.org/william-yuan-summa-options-science
Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang hal-hal indah yang terjadi di dunia kita, silakan kunjungi arsip penghargaan kami yang diberikan sepanjang tahun, termasuk Penghargaan Bulanan, pada situs web berikut: Go!!