Liputan Media
Majalah Van Hoa Menampilkan Seniman Surgawi -
Maha Guru Ching Hai
(Asal bahasa Au Lac)

Karena sangat terkesan dengan pertemuan pertama dengan Maha Guru Ching Hai, Tuan Ly Kien Truc, penerbit majalah Van Hoa mencetak sebuah artikel yang menampilkan edisi Tahun Baru Lunar: "Dari Jejak Kehidupan Masa Lampau menuju Seni Surgawi oleh Maha Guru Ching Hai." Ucapan selamat Tahun Baru Guru untuk Tuan Ly Kien Truc dan tampil dalam sampul depan majalah edisi khusus:

Terima kasih Jurnalis dan saya berharap yang terbaik untuk Anda dan keluarga

"Saya berharap majalah Van Hoa dan para pembacanya menjalani kehidupan yang hijau dan makmur dalam berkah Surga, dengan kasih yang melimpah untuk dibagikan dengan setiap orang, semua hewan, dan seluruh makhluk."

CH ♥ ♥

Tuan Ly Kien Truk juga seorang kepala editor dari majalah Van Hoa di AS. Ia telah menulis ratusan artikel mulai dari essay hingga wawancara, bersama dengan fotografi yang luar biasa yang diambil oleh jurnalisnya sendiri. Lebih dari bertahun-tahun, Tuan Ly Kien Truc telah menjadi penerima dari banyak penghargaan dan penghormatan dari berbagai kantor terkemuka atas pelayanan publiknya dan kontribusi budayanya. Pada tanggal 12 Desember 2008, ia menghadiri publikasi perdana dari buku Maha Guru Ching Hai, Seni Surgawi: Memperkaya Bumi dengan Keindahan Surgawi, sebagai salah satu pembicara tamu.

Beliau juga menulis artikel sebanyak 5 halaman sebagai penghormatan atas talenta seni dan sumbangan Maha Guru Ching Hai terhadap umat manusia:

Semua pertunjukan musik… diselenggarakan oleh Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, mulai dari pesisir barat hingga timur Amerika Serikat di dalam gedung pentas seni dengan kapasitas tempat duduk lima sampai sepuluh ribu orang penonton. Lusinan artis Vietnam dan internasional dari seluruh dunia berpartisipasi dalam pertunjukan tersebut dengan beragam penampilan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian. Pertunjukan yang dipadukan dengan semangat kemanusiaan dan keramahan Maha Guru Ching Hai ini bergema bagai orkestra simfoni yang akbar…

Di dalam artikel itu, Bpk. Lý Kiến Trúc memperkenalkan kepada para pembacanya tentang biografi, ajaran, dan karya seni-Nya, termasuk Jejak-Jejak Kehidupan Masa Lampau (Traces of Previous Lives) dan buku terakhir-Nya, Seni Surgawi (Celestial Art). Ia menulis bahwa “kekuatan batin-Nya dengan seketika mencerahkan mereka yang mengabdikan hidupnya demi kebajikan murni, vegetarisme, dan meditasi. Masyarakat dan murid-murid-Nya mulai menghormati-Nya sebagai Maha Guru Ching Hai.” Berkaitan dengan Jejak-Jejak Kehidupan Masa Lampau, beliau mengungkapkan kepada para pembacanya bahwa:

Jejak-jejak Kehidupan Masa Lampau’ merupakan perwujudan dari jiwa welas asih yang tergetar menyaksikan penderitaan manusia, setelah sayup-sayup merasakan suka cita dari Surga dan Bumi, dan terkejut menyaksikan perjuangan dunia dalam kemalangan dan bahaya yang dipenuhi oleh bayar-membayar hutang dalam percintaan dan konflik.

             ‘Nuansa puitis dari syair-syair Maha Guru Ching Hai’ bagaikan sebuah teratai yang menyebarkan keharumannya pada kehidupan dunia, yang tampak dengan jelas merupakan anugerah untuk membayar kembali hutang karma dari semua jalan cinta yang diatur oleh Bunda Ilahi Yang Maha Tinggi.

Mengenai buku Seni Surgawi, Bpk. Lý Kiến Trúc memuji:

Karya tersebut menunjukkan kreativitas Maha Guru Ching Hai di bidang karya sastra dan seni yang sangat dalam. Dengan keterpaduan rancangannya yang cemerlang yang dipersembahkan oleh para inisiat, buku tersebut telah menciptakan kesan yang sangat mendalam dan menawan di hati dan mata orang lain.

Saat menelusuri setiap halaman dari buku ini, kita akan segera merasakan cinta yang meluap seperti lautan murni, kerendahan hati yang lembut  setinggi gunung, keluguan yang begitu hening, dan dedikasi yang memenuhi tubuh kecil itu yang penuh pengabdian dalam pencariannya demi kebahagiaan manusia…

Seni Surgawi merupakan suatu karya seni yang tajam yang mencerminkan  kualitas luar biasa dari kita semua, cinta, suka cita, kedamaian, keindahan, kemuliaan, pandangan yang jernih, dan iman yang suci. Kreasi-Nya yang tak terbatas dalam bidang seni ini dan sifat alami-Nya telah memberikan kesan yang sangat kuat.

Bpk. Lý Kiến Trúc hanya dapat menyampaikan kata-kata cemerlang mengenai pengarang buku itu: “Sangat rendah hati, sangat sederhana, dan spontan, seperti layaknya cinta kasih dan dedikasi tanpa syarat-Nya. Maha Guru Ching Hai – suatu penjelmaan dari Kebenaran, Keindahan, dan Kebajikan.”

Ketika Maha Guru Ching Hai melihat berita utama dari majalah Văn Hóa, Ia ingin menyampaikan pesan berikut ini kepada Bpk. Lý Kiến Trúc:

“Semua doa yang terbaik untuk beliau dan keluarga. Mohon sampaikan terima kasih kepada beliau atas artikel yang penuh hormat serta atas cinta kasihnya selama bertahun-tahun dan dari ribuan mil jauhnya.”

CH ♥ ♥

Kami juga turut mengucapkan terima kasih kepada Bpk. Lý Kiến Trúc dan majalah Văn Hóa atas penghormatan yang indah ini bagi Maha Guru Ching Hai.