Liputan Media
Surat Kabar Irish Independent Mewawancarai
Maha Guru Ching Hai

(Asal bahasa Inggris)

Surat kabar Irish Independent merupakan harian yang dibaca secara luas di Irlandia yang tersedia di semua toko, gerai surat kabar, dan bandara di seluruh Irlandia dan Inggris Raya. Setelah menerima tanggapan yang antusias dari para pembaca atas wawancara sebelumnya dengan Maha Guru Ching Hai (silakan simak kembali Majalah #197  dan  #199 untuk laporan detilnya), pada tanggal 21 November, Tahun Emas 5 (2008), jurnalis Andrea Bonnie mengundang Guru untuk wawancara ketiga. Wawancara itu dimuat dalam artikel segmen “Bumi” di Irish Independent pada tanggal 17 Desember.

Wawancara tersebut dilakukan melalui konferensi video dan mencakup topik yang luas, mulai dari pertanian organik, kajian mengenai kesehatan vegan, hingga makna spiritual dari keberadaan hewan. Wawancara itu juga membahas permasalahan tentang solusi vegetarian atas pemanasan global. Berikut adalah artikel dalam surat kabar Irish Independent tanggal 17 Desember.

Vegetarian untuk Natal Ini

Maha Guru Ching Hai, menurut Anda apa cara paling efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca?

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca adalah dengan menjadi vegan – yaitu, menjalankan pola makan vegetarian tanpa produk hewani. Menghindari semua produk hewani berarti kita melakukan suatu gaya hidup yang lebih welas asih, mudah, simpel, ekonomis, dan baik bagi lingkungan. Siapa saja mulai dari anak-anak sampai usia lanjut dapat melakukannya, dan ini 100 persen sehat.

Bagaimana pengaruh pola makan vegan terhadap orang yang menderita diabetes?

Ada banyak penelitian yang membuktikan keefektifan pola makan vegan dalam mengurangi, mengontrol, dan bahkan menyembuhkan diabetes. Di AS, paling sedikit ada tiga orang dokter yang telah mengembangkan pendekatan pola makan nabati sesuai dengan kebutuhan dan pilihan yang berbeda.

Apa saja manfaat dari menjalankan pola makan vegan selama masa kehamilan?

Berdasarkan berbagai penelitian yang telah kita miliki, pola makan vegan melindungi sang ibu dari pre-eclampsia, yang menyebabkan tekanan darah tinggi yang muncul selama kehamilan dan mungkin berakibat fatal. Pola makan vegan juga mengurangi atau menghilangkan rasa mual di pagi hari saat kehamilan. Banyak wanita vegan yang melaporkan sedikit atau tidak mengalami rasa mual pagi hari. Penelitian telah menemukan bahwa daging merupakan penyebab rasa mual di pagi hari. Semakin banyak sayuran yang dikonsumsi sang ibu, semakin sedikit rasa mual yang dialami selama kehamilan.

Banyak orang yang enggan untuk mengonsumsi makanan vegan dengan mengatakan bahwa mereka sangat menyukai rasa daging dan keju. Apa yang akan Anda katakan kepada mereka?

Jika kita harus memilih antara hidup dan rasa, maka kita harus memilih hidup. Di samping itu, daging vegie dan susu vegan juga sangat lezat dan saat ini telah tersedia di toko kesehatan di mana-mana. Cobalah suatu gaya hidup baru. Kenapa tidak? Temuilah teman vegetarian dan sahabat vegan di sekitar Anda atau lewat internet. Setelah seminggu atau lebih, siapa saja akan terbiasa dengan cita rasa baru itu. Saat ini, sangat banyak jenis makanan dalam pola makan vegetarian.

Beberapa orang berkata bahwa mereka telah mencoba menjalani pola makan vegetarian dan vegan untuk sementara waktu, tetapi mereka kembali mengonsumsi daging lagi karena mereka merasa lebih baik. Apakah Anda berpikir bahwa bagi beberapa orang mengonsumsi daging itu penting?

Daging tidak pernah penting bagi siapapun. Akan tetapi, para vegan harus berhati-hati agar menjalankan pola makan yang seimbang. Pastikan bahwa makanannya mengandung nutrisi penting seperti zat lemak, zat besi, dan protein. Kemudian tidak akan ada masalah. Kita harus menambahkan dalam pola makan kita zat-zat yang diperlukan. Sangat banyak nilai nutrisi dan protein yang tersedia dalam pola makan nabati.

Makanan apa yang Anda sarankan untuh hari Natal yang vegan atau vegetarian?

Ham vegan, kalkun vegan, atau ayam vegan yang sehat dan lezat. Sangat banyak produk vegan yang lezat dan bernutrisi. Kunjungilah toko makanan kesehatan, berselancarlah di internet, dan carilah apa yang kira-kira Anda suka untuk mempersiapkan jamuan vegan. Hati penuh kasih bagi semua makhluk dan planet adalah hal yang kita perlukan, lalu kita akan tahu apa yang akan kita masak.

Apakah ada hal lain yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan, terutama pada tahun ini?

 “The more vegetables a mother eats, the less morning sickness she will experience,” according to Supreme Master

Kita dapat melakukan banyak hal untuk menyelamatkan planet dan menyelamatkan kehidupan di atas Bumi. Anjurkan teman dan keluarga Anda untuk peduli lingkungan dan menjadi vegetarian. Daripada menggunakan lampu biasa, gunakanlah lampu Natal LED untuk menghemat energi. Gunakanlah pohon Natal tiruan untuk menyelamatkan hutan. Berilah perhatian kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar Anda, orang yang memerlukan cinta, bantuan keuangan, atau bahkan hanya sebuah makanan hangat untuk para tunawisma.

Untuk informasi lebih banyak mengenai Maha Guru, silakan kunjungi:  www.SupremeMasterTV.com.