Wejangan Guru

Hanya Kasih Melahirkan Kasih

 

Konferensi Video dengan Maha Guru Ching Hai, Sydney, Australia, 17 Agustus 2008
(Asal bahasa Inggris)

 

Banyak orang yang khawatir dan bertanya-tanya apakah ada yang dapat kita lakukan untuk mempercepat kesadaran orang-orang untuk menyelamatkan planet ini demi diri kita dan generasi yang akan dating. Selama konferensi video dengan para anggota Asosiasi kita di Sydney, Australia, Guru berbicara tentang betapa pentingnya cinta dan kasih yang harus dibangun di antara umat manusia sehingga bahaya dapat dihindari dan planet ini dapat terangkat.

Kita lakukan apa yang dapat kita lakukan. Sekarang tergantung pada masyarakat, dan terutama tergantung pada pemerintah serta media untuk membantu meringankan keadaan ini. Jika mereka tidak beralih ke cara hidup yang lebih mulia, saya tidak tahu apa lagi yang harus dilakukan. Hukum sebab akibat pasti terjadi, tidak peduli apakah kita menyukainya atau tidak. Sama seperti hukum yang ada di negara kalian: Jika Anda membunuh maka Anda akan dipenjara atau bahkan dihukum mati. Begitu juga dengan  hukum alam semesta, pembunuhan akan melahirkan pembunuhan dan penderitaan. Tidak ada cara untuk menghindarinya. Dan kita sedang berusaha untuk membuat orang lain mengetahui hal ini, untuk mengingatkan mereka kembali akan hukum alam semesta, akan cinta kasih, dan sekarang tergantung pada mereka. Kita tetap berusaha dan menunggu. Teruskanlah apa yang sedang kita lakukan dan bersabarlah.

Saya berharap saya punya tongkat sihir dan dapat mengayunkannya dan “hoop-la,” setiap orang menjadi vegetarian dan planet ini terselamatkan. Tetapi tidak bisa seperti itu, mereka harus menyadarinya sendiri. Mereka harus berlatih untuk memahami kasih, kemudian kasih akan melahirkan kasih; cinta akan melahirkan cinta. Jika saya memaksakan mereka untuk menjadi vegetarian, hal tersebut tidak akan sama.

Maksudnya adalah mereka harus melakukannya sendiri agar kasih mereka, cinta yang ada di hati mereka dapat melahirkan kasih dari Surga; juga akan melahirkan cinta dari Surga, dan seperti itulah cara kerjanya. Misalkan saya menyelamatkan seluruh orang di planet ini sekarang juga, katakanlah saya bisa melakukannya. Apakah kalian ingin saya melakukannya? (Hadirin: Ya!) Tentu saja kalian ingin,  bagus. Saya juga ingin! Tetapi masalahnya adalah, apa yang akan terjadi pada planet kita? Pikirkan tentang itu. Mereka akan terus saling perang. Mereka akan terus membunuh hewan secara besar-besaran. Mereka akan terus hidup dengan cara yang tidak mulia. Apa baiknya bagi planet ini bila keadaannya tetap seperti itu? Itu seperti di neraka! Untuk hewan-hewan dan orang-orang lain yang berada di daerah konflik perang, itu seperti di neraka. Jadi dengan menyadarkan orang-orang untuk menjadi welas asih dan mulia, itu lebih penting - dan kemudian planet ini akan terselamatkan dengan sendirinya. Saya tahu kalian peduli. Saya juga. Tetapi ini adalah cara satu-satunya, dan cara yang benar.

Saya mengasihi manusia, tetapi saya juga mengasihi hewan-hewan. Dan saya harap manusia dapat terangkat, sekarang dan seterusnya. Karena jika mereka hanya tetap berpikir, Oh tidak terjadi apa-apa. Walaupun kita terus hidup dengan cara yang buruk, terus membunuh dan melakukan hal-hal yang tidak baik sedangkan kita masih dapat hidup dan bahagia, jadi mengapa tidak?” Itu tidak baik bagi mereka, karena hidup terus berlanjut. Setelah kehidupan mereka di sini selesai, kehidupan mereka akan berlanjut di tempat lain. Dan jika karma mereka tidak baik dan mereka mempunyai karma buruk, setelah mereka meninggal mereka akan mendapatkan balasan yang bahkan lebih buruk. Saya tidak ingin hal itu terjadi pada mereka. Jadi menyelamatkan kehidupan fisik mereka tidak lebih penting dari menyelamatkan roh mereka.