"2 Menit untuk Berubah"--  Peringatan ke-15 Hari Maha Guru Ching Hai

Kumpulan Laporan dari Center-center seluruh Dunia (Asal bahasa Inggris)

Pada tanggal 22 Februari, Tahun Emas 6 (2009), anggota Asosiasi kita dan kelompok peserta di seluruh dunia berdiri tanpa gerak selama dua menit penuh, mengajak masyarakat untuk berhenti dan merenungkan keadaan mengerikan Bumi kita yang cepat memanas. Ini merupakan salah satu  peristiwa internasional terbesar yang dikoordinasi oleh anggota Asosiasi kita sampai saat ini. Center-center yang berpartisipasi berasal dari berbagai negara seperti Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Indonesia, Thailand, Singapura, Togo, Kamerun, Bulgaria, Republik Ceko, Prancis, Irlandia, Inggris, Swedia, Argentina, Brasilia, Chili, Kosta Rika, Amerika Serikat, dan Kanada. Ketika mendengar tentang niat baik mereka untuk menyelamatkan Bumi, Maha Guru Ching Hai mengirimkan sebuah pesan kasih sebagai ucapan terima kasih kepada anggota Asosiasi kita dan mendoakan keberuntungan dan keberhasilan bagi mereka!

Di Indonesia, lebih dari 200 inisiat beserta keluarganya berjalan kaki dengan damai di sepanjang zona bebas kendaraan di jalan-jalan Pusat Niaga Thamrin-Sudirman di pagi hari sambil menyanyikan lagu-lagu lingkungan dengan riang gembira dan berteriak dengan semangat, “Jadilah Vegetarian! Bertindaklah Hijau! Selamatkan Bumi!” Mereka menawarkan lebih dari 1.000 kotak makanan vegan. Tepat pada pukul  08:22  waktu setempat, mereka tetap berdiri dengan memegang spanduk SOS sepanjang 50 meter yang dipenuhi dengan tanda tangan. Hal itu menarik perhatian beberapa stasiun TV dan wartawan surat kabar setempat untuk meliput momen yang sangat berharga ini. Sebagian besar orang di lingkungan itu juga turut serta dalam momen ‘berdiri tanpa gerak’ ini sebagai simbol untuk mengubah dunia kita menuju kehidupan yang lebih baik.

Di Republik Ceko, inisiat dari Center Praha membagi-bagikan DVD SOS dan selebaran informasi tentang masalah pemanasan global serta solusi sederhananya – vegetarisme. Mereka memenuhi salah satu lapangan tersibuk di Hradec Králové dan ibukota Praha. Mereka memberikan contoh makanan vegetarian dengan gratis kepada orang-orang yang lewat dan mengadakan sebuah petisi yang meminta pemerintah untuk menginformasikan kepada penduduk tentang keadaan yang mendesak dari pemanasan global, mendorong mereka untuk meninggalkan sama sekali atau setidaknya mengurangi konsumsi produk-produk hewani mereka.

Di pusat kota Wellington, ibukota Selandia Baru, rekan-rekan inisiat menyanyikan beberapa “lagu veggie” di Jalan Cuba yang yang ramai di depan publik setelah aksi dua menit  ‘berdiri tanpa gerak.’ Ratusan makanan ringan vegan gratis dan ribuan paket informasi tentang pola makan vegan dibagi-bagikan. Banyak orang mengungkapkan ketertarikan mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana perubahan pola makan kita dapat membantu banyak planet ini.

Di San Jose, ibukota Kosta Rika,  para pejalan kaki menghentikan langkahnya beberapa saat untuk memperoleh informasi tentang perubahan iklim dan pola makan vegetarian. Seorang pria terlihat sedang menganjurkan istri dan anak-anaknya untuk lebih mulia dan menjadi vegan.

Di Chili,  Manusia Vegan (Homo Vegetus), hewan-hewan alami (Naturianimalis), CDA (Coalición por los Derechos Animales), serta semua  vegetarian dan vegan diundang untuk berpartisipasi dalam peristiwa yang diselenggarakan di lapangan Plaza de Armas di Santiago. Pembicara-pembicara tamu memandu diskusi terbuka dengan tema seperti “Langkah-langkah Menjadi Vegetarian dan Vegan”, “Mitos  Menjadi Vegetarian”, dan “Pemanasan Global dari Perspektif Hewan.” 5.000 pamflet SOS, balon, dan permen dengan logo SOS dibagi-bagikan dan juga program hiburan yang penuh warna dipertunjukkan.

Dan di Trafalgar Square, London, para pembicara terkenal Inggris diundang untuk berbagi tentang manfaat menjadi vegetarian dengan para hadirin. Lebih dari 412 tanda tangan dikumpulkan di Inggris untuk Petisi Food Versus Feed yang meminta PBB untuk meringankan kelaparan dunia dengan menghentikan pemborosan biji-bijian yang berharga yang dikonsumsi oleh hewan ternak.

Anggota Asosiasi kita di Prancis menjangkau sedikitnya 4.500 orang dengan pesan SOS di depan Salon de l’Agriculture tahunan. Banyak yang berdiri menyaksikan demo memasak vegan, dan ratusan contoh makanan veggie yang lezat habis dalam sekejap, tidak menyisakan apapun selain senyuman!

Di beberapa wilayah seperti Goiania, Brasil, para peserta diundang secara khusus seperti profesor dan pejabat pemerintahan. Anggota Asosiasi kita dari Hongaria mendapat dukungan dari selebritis vegetarian Andras Laar pada pertemuan di pusat ibukota Budapest. Di Korea Selatan, 350 anggota Asosiasi menampilkan satu pertunjukan drama yang saling bertolak belakang antara “dunia daging yang penuh pembunuhan” yang ada saat ini dengan “dunia vegetarian yang indah” yang diidamkan. Sebuah seminar tentang makanan dan iklim di Seattle, Washington, AS ditonton dengan penuh perhatian oleh penduduk yang peduli dan mulia.

Tanggapan dari masyarakat dan media, termasuk televisi, radio, internet, surat kabar utama dan nasional sangat baik. Saluran Televisi Brasil #1, Globo, dan surat kabar terbesar, Estadao menerbitkan sebuah laporan. Stasiun televisi utama Kosta Rika, Channel 7 dan Channel 13 juga mengudarakan acara tersebut. NBN News di Australia melaporkan, “Mereka mengatakan bahwa jawabannya sangat sederhana.” “pedagang sapi menggantinya dengan kacang buncis atau unggas dengan tahu, beralihlah ke vegetarisme, itu tidak saja baik untuk Anda, tapi juga baik untuk lingkungan.” Di Chili, Radio Portal, Radio Pertanian, dan TV nasional Channel 7 menyiarkan peristiwa tersebut ke seluruh negara. Di Korea, peristiwa tersebut disiarkan oleh TV SBS dalam berita utamanya pukul 8.00 dan terbit di halaman utama The Hankuk Ilbo dan The Korean Times, serta surat kabar nasional lainnya. Agen berita utama seperti AP, Yonhap, dan Newsis juga meliput berita ini.

Surat kabar melaporkan peristiwa itu

Kami berterima kasih kepada para anggota Asosiasi kita di seluruh dunia dan semua organisasi, pejabat pemerintah, media, keluarga, serta orang-orang yang mendukung dan menjadi bagian dari peristiwa yang penuh makna ini. Kami juga selalu berterima kasih kepada Maha Guru Ching Hai atas bimbingan kasih-Nya di masa yang sangat penting dalam sejarah kita! Jika setiap hari kita membuat sebuah perbedaan yang nyata maka semoga seluruh umat manusia akan bersatu untuk Menjadi Vegetarian, Bertindak Hijau, untuk Selamatkan Bumi!

Untuk informasi lebih lanjut tentang peristiwa ini silakan kunjungi:
www.feb22event.com