Kasih dalam Tindakan
Filipina

Menyeberang Lautan
untuk Menolong
Para Korban Angin Topan
Oleh Tim Bantuan dari Formosa (Asal bahasa China) 

Karena pola iklim ekstrem akibat pemanasan global, sejak bulan Juni hingga awal bulan September tahun ini, negara Filipina telah diterjang oleh serangkaian angin topan dan badai tropis yang bernama Nangka, Molave, Goni, Morakot, Dujuan, dan Mujigae. Bencana ini telah mengakibatkan kerusakan parah bagi puluhan ribu orang, dan banyak yang meninggal. Dengan penuh prihatin, Maha Guru Ching Hai menyumbangkan dana sebesar US$75.000 untuk membantu para korban. Tim Bantuan kami dari Formosa segera mengunjungi daerah-daerah yang terkena bencana itu, selama lima kali dalam satu periode untuk memberikan bantuan yang diperlukan dan merawat para korban dengan penuh perhatian dan cinta kasih.

Setiap kali mereka tiba di daerah yang terkena bencana, tim bantuan segera bergabung bersama para inisiat setempat untuk menganalisa situasi. Setelah itu mereka mengunjungi departemen kesejahteraan sosial daerah untuk membuat laporan tinjauan kerusakan serta membeli barang-barang bantuan dan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan. Sebagai tambahan, mereka juga membagikan selebaran SOS dan buku contoh ceramah Guru.

Sejauh ini, bantuan kasih Guru telah menjangkau hingga sekitar 18.000 keluarga yang tinggal di daerah yang rusak parah, termasuk Kota Catbalogan, di ibukota Provinsi Samar bagian tenggara Philipina; Kota Cavite di Provinsi Cavite; Kota Sultan Kudarat di Provinsi Shariff Kabunsuan; Kota Buluan, Kota Mangudadatu dan Kota Pandag di Provinsi Maguindanao; Kota Botolan, Kota Iba, Kota Palauig dan Kota Olongapo di Provinsi Zambales; serta Kota Balanga di Provinsi Bataan. Beberapa orang walikota dari kota-kota ini berterima kasih kepada Maha Guru Ching Hai dan para anggota Asosiasi. Ibu Walikota Shajida Mastura, dari Kota Sultan Kudarat, dengan penuh semangat mendorong warganya agar makan lebih banyak makanan vegetarian dan bertindak hijau. Ia juga mengundang para anggota Asosiasi untuk mengadakan seminar dan berbagi informasi kepada  masyarakat setempat tentang isu genting pemanasan global dan cara-cara pelestarian lingkungan.

Tim bantuan dari Formosa amat bersyukur kepada Tuhan yang telah membantu dan memberkati mereka hingga dapat menyelesaikan misi bantuan darurat ini dengan sukses dan pada saat yang sama juga, mereka dapat mendorong lebih banyak orang lagi untuk menyadari betapa pola makan tanpa produk hewani ini dapat melindungi lingkungan kita.

Surat Penghargaan dari para Walikota dan Pemerintah Provinsi dari daerah-daerah yang tertimpa bencana

Daftar Pengeluaran Tim Bantuan Maha Guru Ching Hai untuk Aksi Bantuan Bencana Angin Topan di Filipina

Keterangan

Jumlah (Peso)

Tanda Terima

Bahan Makanan (beras, minyak sayur, tepung beras, bahan makanan vegetarian, roti, mie instan, kacang lentil kalengan, bumbu, biskuit dan permen)

3.359.642

P1

Keperluan kebersihan (pasta gigi, sikat gigi, bubuk deterjen dan sabun mandi)

60.391

P2

Biaya transportasi (sewa kendaraan, bensin, bea tol, biaya tenaga kerja dan kebersihan)

134.569

P3

Obat-obatan, suplemen vitamin

14.374

P4

Biaya lain-lain (pulsa telepon, bea bagasi, dll.)

10.210

P5

Total

PHP3.579.186
(US$74.900)

 

* Selama aksi bantuan, para rekan inisiat membayar sendiri ongkos transportasi, makanan dan akomodasi mereka



 

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)