Kasih dalam Tindakan
Formosa

Menyampaikan Kasih Tuhan bagi Para Korban Topan Morakot

Kumpulan Laporan oleh Grup Berita Formosa (Asal bahasa China)

Angin Topan Morakot yang menghantam Formosa pada tanggal 8 Agustus, telah menyebabkan banyak kerusakan parah di berbagai daerah bagian selatan negara. Dengan keprihatinan yang mendalam, Maha Guru Ching Hai segara mengirimkan dana bantuan dan sering menanyakan kabar terbaru mengenai proses karya tim bantuan. Tim bantuan Asosiasi dengan segera berangkat ke lokasi bencana untuk memberikan barang-barang bantuan dan pertolongan P3K kepada para korban bencana. Mereka juga mengunjungi para keluarga korban yang keluarganya meninggal akibat bencana, dengan membawakan kasih dan penghiburan.

Kaohsiung

Pada tanggal 12 Agustus, para rekan inisiat dari Kaohsiung mendirikan dapur umum darurat untuk menyediakan makanan vegan bagi para korban bencana. Dapur umum ini juga menyediakan papan berita yang berisi tentang laporan operasi tim bantuan di lokasi-lokasi bencana. Dari tanggal 13 hingga 18 Agustus, mereka telah menyediakan 10.000 porsi sajian makanan vegan lezat bagi para personel tim bantuan, yaitu termasuk para tentara dan staf pekerja, serta para korban bencana. Selembar selebaran SOS dilampirkan pada setiap kotak rantangan, untuk mengingatkan orang-orang akan penyebab utama dari bencana ini. Banyak media yang datang meliput karya bantuan penuh kasih dari para anggota Asosiasi.

Tainan

Pada tanggal 9 dan 10 Agustus, para rekan inisiat di Tainan menyediakan beberapa ratus paket bantuan yang berisi bahan makanan, air mineral, dan barang-barang bantuan lainnya untuk didistribusikan kepada para pekerja di tim penyelamat bencana dan para korban Topan Morakot. Pada tanggal 11 Agustus, di dapur umum Kantor Pemerintah Kota Xueja, mereka menyediakan lebih dari 6.000 kotak rantangan vegan, kue beras, susu kedelai dan air mineral bagi para korban bencana dan para relawan tentara yang bekerja dalam aksi penyelamatan.

Pada tanggal 21 Agustus, para rekan inisiat mengunjungi 21 rumah keluarga yang anggota keluarganya meninggal akibat bencana, untuk membawa penghiburan dan bantuan finansial serta barang-barang bantuan dan publikasi-publikasi Guru. Para rekan inisiat mendoakan agar kesedihan para korban bencana ini akan segera terobati.

Taitung

Pada tanggal 8 Agustus sore, para rekan inisiat dari Taitung dengan berani menerjang hujan deras dan angin kencang menuju Desa Jialan yang rusak parah akibat bencana. Setelah meninjau kebutuhan yang diperlukan oleh para korban, mereka segera bergegas ke toserba dekat untuk membeli barang-barang yang diperlukan, termasuk selimut, lampu senter, baterai, dan keperluan harian lainnya dimana mereka kemudian mendistribusikannya beserta selebaran SOS kepada mereka yang berlindung di tempat perlindungan sementara. Pada tanggal 14 Agustus, para inisiat dari Taitung kemudian menempuh perjalanan jauh melewati bukit-bukit dan sungai-sungai untuk mengunjungi desa terpencil di Kotaparaja Dawu, sambil membawa lebih dari 700 kg beras, mie instan, permen, selebaran SOS dan Majalah Berita. Mereka dengan hangat dan gembira disambut oleh 300 keluarga yang bermukim di desa itu, karena para inisiat adalah kelompok bantuan amal yang pertama tiba di desa mereka.

Pingtung

Dari tanggal 9 hingga 17, para rekan inisiat dari Pingtung menyediakan 1.700 kotak rantangan vegan kepada para korban bencana di Linbian dan Laiyi. Mereka juga menjadi relawan di Pusat Bantuan Darurat Daerah Pingtung dengan menyediakan berbagi barang kebutuhan harian seperti kantong tidur, kursi, air mineral, tisu toilet, beras, lampu senter, bahan makanan, dan kebutuhan harian lainnya.

Chiayi

Selama operasi bantuan ini, selain ikut serta dalam aksi bantuan bencana, para rekan inisiat dari Chiayi juga mengontribusikan 14 buah generator listrik kepada 11 sekolah, dan 56 buah tenda bagi para korban yang membutuhkan. Protein vegan dan kue pia bulan juga diberikan kepada para guru dan murid di berbagai sekolah dasar.

Changhua

Pada tanggal 21 Agustus, para inisiat dari Changhua mengunjungi keluarga pahlawan Bapak Zhang Xun-fa, seorang pilot helikopter tim penolong darurat yang meninggal dunia dalam tugasnya yang mulia. Mereka menyampaikan dana sumbangan dan beberapa publikasi Guru kepada keluarga Bapak Zhang. Mereka juga menyampaikan ucapan turut berduka cita dan salam kasih dari Guru.


 

Daftar Pengeluaran Tim Bantuan Maha Guru Ching Hai atas Aksi Bantuan Bencana Topan Morakot di Formosa

Keterangan

Jumlah (NT)

Tanda terima

Bahan makanan (nasi, mie instan, mie kering, bubur, roti, makanan kering, air putih, makanan gandum siap saji)

278.816

F1

Keperluan harian (tenda, perlengkapan tidur, kantong tidur, selimut tipis, selimut tebal, bantal, kelambu, senter, lilin, handuk, sabun, sikat gigi, odol, selop, tisu toilet, dan alat tulis menulis bagi para murid SD)

795.191

F2

Makanan rantangan, sekitar lebih dari 70.000 porsi

1.503.490

F3

14 generator dengan kabel penghubung

596.260

F4

Dana bantuan keuangan bagi para korban yang menjadi yatim

2.541.817

F5

Bantuan keuangan untuk Tim penyelamat hewan dan untuk makanan vegan bagi anjing dan kucing….

212.000

F6

Total

 

NT$5.927.574
(US$183.345)

 

* Selama aksi bantuan, para rekan inisiat membayar sendiri ongkos transportasi, makanan dan akomodasi mereka

Seorang Anak Kecil yang Berhati Mulia

Oleh Grup Berita Taichung, Formosa (Asal bahasa China)

Cai Jing-yu yang berusia tujuh tahun (sebelah kanan)

Yayasan Long Yan Lin di Formosa baru-baru ini mengadakan kampanye “Menabung 10 Dolar Setiap Hari untuk Mengembangkan Belas kasih,” dengan tujuan untuk meningkatkan kondisi  kehidupan para keluarga miskin dan membantu mewujudkan impian anak-anak yang kurang mampu. Celengan-celengan kecil diletakkan di berbagi sekolah-sekolah dasar untuk mengumpulkan dana amal. Setelah mengetahui hal ini, seorang anak kelas satu SD, bernama Cai Jing-Yu, setiap hari mengeluarkan uang sepuluh dolar dari kotak celengannya di rumah dan mengisinya lagi pada kotak celengan sekolah, segera setelah ia tiba di sana. Uangnya ini didapat dari mengerjakan tugas-tugas hariannya di rumah. Aksi amal Jing-yu ini meskipun dilakukan secara diam-diam, tapi tetap saja dapat diketahui oleh guru-guru sekolah sehingga membuat ia mendapat pujian dari Yayasan kampanye tersebut. Orang tuanya baru mengetahui aksinya yang mulia ini setelah ia menerima penghargaan dari Yayasan Long Yan Lin.

Yayasan Long Yan Lin memberikan Sertifikat Penghargaan kepada Guru   Tanda terima dari Yayasan Long Yan Lin atas kontribusi dana sebesar US$1.000 (NT$ 33.000)

Segera setelah mendengar cerita ini, pada bulan Agustus, Tahun Emas 6 (2009), Maha Guru Ching Hai memberikan hadiah dana sebesar US$1.000 kepada Cai Jing-yu, atas aksinya yang penuh kasih dalam membantu orang lain. Para anggota Asosiasi juga memberikan kepadanya dua buah buku cerita tentang hewan-hewan karya Guru. Dengan ikhlas, Jing-yu lalu menyumbangkan seluruh dana hadiahnya kepada Yayasan Long Yan Lin. Merasa tersentuh atas dorongan dan belas kasih dari Guru, Yayasan Long Yan Lin kemudian memberikan surat balasan kepada Guru, berupa Sertifikat Penghargaan. Memang benar bahwa cinta kasih itu dapat menyebar hingga ke seluruh dunia dan berbunyi nyaring dari dalam hati manusia

 

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)