Kasih dalam Tindakan
China
Aksi Bantuan bagi Korban Bencana Alam

Oleh rekan inisiat di China (Asal bahasa China)

Dari bulan Juni hingga November tahun 2009, banyak daerah di China yang rusak parah akibat hujan deras, gempa bumi, dan topan. Atas instruksi Guru, para rekan inisiat setempat segera berangkat ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan tepat waktu bagi para korban bencana.

Hujan Lebat dan Gempa Bumi Melanda Provinsi Yunnan, Sichuan, Hunan dan Gansu

Hujan lebat yang mengguyur sejak tanggal 29 Juni hingga 5 Juli, telah mengakibatkan serentetan bencana di Provinsi Yunnan khususnya di Daerah Guangnan dan Daerah Funing di Wilayah Otonomi Whenshan Zhuang dan Miao, dimana dalam setahun daerah itu telah dihantam badai, kekeringan, banjir, dan kebakaran hebat di berbagai daerah. Pada tanggal 12 Juli, para rekan inisiat mempersiapkan barang-barang batuan berupa selimut, baju mantel, kaos, dan selimut tebal, yang akan mereka distribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan pada keesokan harinya. Kepada para korban bencana yang tinggal di daerah-daerah pegunungan yang terpencil, Departemen Administrasi Rakyat menginstruksikan kepada para petugas agar mengunjungi kota-kota dan desa-desa tersebut untuk mendistribusikan barang-barang bantuan. Selain itu, tim bantun kami juga memberikan sedikit bantuan dana kepada dua orang manula untuk menutupi ongkos perawatan kesehatan mereka.

Pada tanggal 9 Juli, Kotaparaja Yaoan di Wilayah Otonomi Chuxiong Yi, Provinsi Yunan, diguncang gempa berkuatan 6,0 yang menghancurkan sekitar lebih dari 18.000 rumah penduduk dan mempengaruhi kehidupan sekitar 1,26 juta orang. Pada tanggal 11 dan 18 Juli, para rekan inisiat dengan segera mempersiapkan dan membawa 500 buah tempat tidur dan 800 buah selimut bagi mereka yang membutuhkan di lokasi bencana yang rusak parah, yaitu di Kecamatan Sanduyi, Kota Guanglu Daerah Yaoan, dan di Desa Dongshan, Daerah Xiangyun, Wilayah Otonomi Dali Bai. Setelah itu mereka kemudian menerima informasi bahwa masih ada lagi 80 keluarga yang membutuhkan bantuan di Desa Lawu, Kabupaten Binchang, sehingga mereka segera membawa bahan makanan dan keperluan harian lainnya bagi mereka, serta memberikan dana bantuan bagi 7 keluarga yang kehilangan tempat tinggal. Pada tanggal 2 November, Kotapara Binchuan, Dali, sekali lagi diguncang gempa berkekuatan 5,0 yang mempengaruhi 14 desa di Kabupaten Binchuan. Pada tanggal 4 November, para anggota Asosiasi mempersiapkan beberapa persediaan beras dan minyak goreng untuk didistribusikan kepada para korban. Bantuan dana juga diberikan secara khusus bagi keluarga-keluarga miskin. Pada tanggal 9 November, mereka berangkat ke ladang Perkebunan Para Imigran China di Kabupaten Binchuan, untuk membantu para korban bencana dan mendistribusikan dana bantuan kepada 52 keluarga yang paling membutuhkan.

Pada bulan Juli hingga September, hujan deras melanda Kota Chongqing, Provinsi Sichuan, dan juga di lima wilayah dan daerah lainnya, yaitu termasuk Daerah Qingchuan, Qianjiang dan Yunyang. Para anggota Asosiasi kemudian menempuh perjalanan jauh ke Daerah Qingchuan, untuk mendistribusikan barang-barang bantuan kepada lebih dari 30 keluarga yang membutuhkan. Pada operasi bantuan lainnya, mereka mengunjungi sekitar lebih dari 500 keluarga kurang mampu pada wilayah dan daerah terpencil di Kota Chongqing, untuk memberikan kepada mereka dana bantuan dan barang-barang kebutuhan harian. Para anggota Asosiasi juga mengunjungi lima buah sekolah di daerah Pengshui, untuk membantu 60 orang murid yang kurang mampu, termasuk menyediakan sajian makanan vegan gratis selama tiga bulan. Selain aksi bantuan bencana tersebut, mereka juga mengunjungi daerah Yungyang dan Qianjiang untuk memberikan dana bantuan beserta selebaran SOS kepada 17 keluarga yang rumahnya hancur total akibat bencana.

Pada tanggal 25 Juli, hujan lebat yang melanda Provinsi Hunan, telah mengakibatkan banjir besar yang mempengaruhi kehidupan sekitar 1,75 juta orang di tujuh kota dan wilayah otonomi. Para rekan inisat kemudian mengunjungi 10 desa yang rusak parah untuk mendistribusikan makanan, minyak goreng dan barang-barang bantuan lainnya; bantuan dana juga diberikan kepada orang-orang yang paling membutuhkan. Selama aksi bantuan ini, mereka juga ambil kesempatan untuk menyebarkan pesan tentang pola makan vegan yang amat bermanfaat serta dampak merugikan dari peternakan hewan.

Pada tanggal 16 Agustus, hujan lebat yang disertai guntur dan angin kencang, tiba-tiba melanda Kabupaten Jingyuan, di Kota Baiyan, Provinsi Gansu, dan menyebabkan kerusakan parah pada16 kota dan 91 desa di kabupaten tersebut. Tim bantuan kami di lokasi setempat dengan segara mempersiapkan 800 buah selimut dan 300 karton mie instan untuk didistribusikan pada daerah-daerah yang rusak parah dan bagi para manula. Mereka juga memberikan bantuan dana bagi lima keluarga yang paling membutuhkan.

Angin Topan Menyapu Seluruh Bagian Tenggara Provinsi

Pada tanggal 7 Agustus, Badai Tropis “Swan” menyapu seluruh Provinsi Hainan yang mengakibatkan banyak kapal laut dan beberapa orang pelaut meninggal, sedangkan yang lainnya masih dilaporkan hilang. Dengan ditemani oleh kepala desa, para Anggota asosiasi kami mengunjungi keluarga-keluarga yang kehilangan orang yang mereka kasihi, dengan membawakan mereka bantuan persediaan beras dan minyak goreng, serta dana bantuan dari Guru.

Pada tanggal 9 Agustus, angin Topan Morakot yang menyapu Daerah Xiapu di Provinsi Fujian, telah menelan korban sebanyak 11,8 juta orang di lima provinsi. Para rekan inisiat segera mengunjungi Daerah Xiapu pada tanggal 18 Agustus untuk mengunjungi Desa Songshan dan Dunhou yang rusak parah. Mereka memberikan kepada para korban bencana bantuan dana, permen, buku-buku dan alat-alat tulis, serta selebaran SOS.

Daerah yang rusak parah akibat angin topan ini adalah di Kotapraja Penxi Wilayah Taihsun di Provinsi Zhejiang. Para inisiat memberikan bantuan beras dan minyak goreng kedelai kepada 20 keluarga yang paling membutuhkan beserta dana bantuan. Karena kondisi jalan yang rusak berat dan tidak bisa dilalui, mereka akhirnya menitipkan 50 buah kantong dana bantuan dan dana sebesar RMB10.000 (US$1.464) tunai kepada pejabat pemerintah setempat untuk didistribusikan lebih lanjut atas nama mereka kepada para korban yang amat membutuhkan.

Setelah mengetahui bahwa ada dua desa di Daerah Yihuang, Kota Fuzhou, yang rusak berat akibat dilanda angin topan, para anggota Asosiasi di Provinsi Jiangxi segera berangkat mengunjungi para korban bencana pada tanggal 18 Agustus, untuk memberikan kepada mereka dana bantuan beserta brosur dan selebaran SOS dengan beberapa DVD, untuk mendorong mereka agar menjalankan pola makan nabati untuk membantu menghentikan pemanasan global dan bencana tak terduga yang dapat terjadi di masa depan. Mereka juga memberikan bantuan dana yang akan digunakan untuk memperbaiki jembatan dan rumah-rumah penduduk. Para inisiat juga menerima informasi bahwa beberapa penduduk yang tinggal di daerah-daerah pedalaman amat memerlukan bantuan. Mereka kemudian memberikan sedikit dana bantuan kepada kepala desa itu, dengan berpesan agar menggunakan dana tersebut untuk membantu dan menjaga para penduduknya.

Pada tanggal 15 September, angin Topan Koppu menyapu Provinsi Guangdong, dan mengakibatkan bencana terhadap satu juta orang penduduk. Pada daerah yang rusak parah di Kotapraja Yongning Wilayah Yangchun, Kota Yangjiang, ada sekitar 475 keluarga yang membutuhkan bantuan keperluan harian. Pada tanggal 18 September, para inisiat setempat dengan segera menyediakan dan mendistribusikan 500 buah selimut tipis, seprei dan 160 buah selimut tebal kepada para korban bencana. Pada tanggal 20 September, mereka menerima informasi bahwa ada lebih dari delapan desa lagi di Kotapraja Yongning yang membutuhkan bantuan darurat, sehingga mereka segera menyediakan lebih banyak lagi selimut, seprei dan selimut tebal bagi orang-orang yang membutuhkan tersebut. Para inisiat juga memberikan dana tunai kepada beberapa orang yang kurang beruntung, para balita dan penduduk yang paling membutuhkan.

Pada tanggal 16 Oktober, angin Topan Parma menyerang 15 kota-kota besar dan kecil di Provinsi Hainan. Setelah mendengar berita bahwa ada 4 orang penduduk yang amat membutuhkan bantuan di Wilayah Dongou, Kota Wanning, pada tanggal 18 Oktober para rekan inisiat mengunjungi kediaman mereka dengan membawakan bantuan persediaan minyak goreng, beras beserta bantuan dana dan kepedulian penuh kasih dari Guru.


Daftar Pengeluaran Tim Bantuan Maha Guru Ching Hai atas Bantuan Korban Banjir, Gempa Bumi dan Topan di China

 (Mata Uang: RMB¥)

Keterangan

Jumlah

Tanda terima

Bahan makanan (beras, mie, minyak sayur, susu bubuk bayi, sayur-sayuran, mie instan, camilan, minuman, dan garam)

208.471

M1

Obat-obatan dan keperluan harian (teko listrik, alat masak, kasur, selimut tebal, seprei, selimut tipis, pakaian, perlengkapan mandi, peralatan kebersihan, dan tisu toilet)

147.886

M2

Dana bantuan tunai

143.100

M3

Transportasi

9.141

M4

Tas sekolah, buku tulis dan buku bacaan

3.873

M5

Dana bantuan bagi Masyarakat Pelindung Hewan “Suaka Wang! Wang!” di Jiulungpo, Chongqing

98.120

M6

Dana bantuan untuk membangun kembali bangunan SD bertingkat 4, membeli sarana belajar mengajar yang baru dan subsidi bagi para murid yang kurang mampu di Kota Pingchuan, Kabupaten Binchuan County, Dali

137.200

M7

Total

RMB ¥747.791
(US$109.326)

 

* Selama aksi bantuan, para rekan inisiat membayar sendiri ongkos transportasi, makanan dan akomodasi mereka

 

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)