Tip Spiritual







Kita Harus Lebih Banyak Bermeditasi agar Dapat Membantu Orang Lain
Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai pada pertemuan internasional,
11 Oktober 2009 (Asal bahasa China
)

T. Guru, mohon beritahu bagaimana caranya agar kami dapat menjaga kasih dan berkah Guru kepada kami untuk membantu orang lain?

J. Kita harus bermeditasi; itulah yang terpenting! Kita harus mengubah pemahaman kita dan memusatkan perhatian kita pada meditasi. Kita harus bermeditasi! Kita harus ke sampingkan hal-hal apa saja yang tidak penting. Tapi kita tidak boleh berkata bahwa, “Semua yang kita lakukan setiap hari hanya bermeditasi.”  Itu mungkin saja dapat dilakukan bila Anda hanya tinggal seorang diri di pegunungan, yaitu saat tiada seorang pun yang mengganggu, tidak perlu khawatir dengan kebutuhan hidup dan tidak harus berinteraksi dengan orang lain. Tapi selagi kita masih di sini, jika Anda benar-benar ingin menolong orang lain, Anda harus bermeditasi setiap hari setidaknya selama empat jam, bukannya hanya dua jam setengah. Bermeditasi selama dua jam setengah hanya cukup untuk Anda sendiri, dan untuk berbagi sedikit dengan orang lain. Jika Anda ingin membantu orang lain atau Anda ingin membantu pekerjaan saya, Anda harus bermeditasi paling sedikit selama empat jam.

Jadi jawabannya sangat sederhana: Anda harus bermeditasi. Meditasi itu sangat penting dan Anda memang harus bermeditasi. Ini bukannya saya menyuruh Anda; tapi jika Anda tidak bermeditasi, maka Anda akan mati secara spiritual dan tubuh Anda akan mudah lelah. Sungguh, saya tidak bercanda! Jadi mulai sekarang Anda harus melakukannya, setiap hari.

Kita sebenarnya harus rajin bermeditasi; meditasilah di setiap ada waktu luang. Meski hanya lima menit saja itu sudah baik. Atau meski hanya dua menit saja, maka kita tetap harus berkonsentrasi. Ketika bekerja, setiap saat teruslah membatin Nama-Nama Suci pelindung agar kita selalu dapat melindungi diri. Jika tidak, kita setiap saat pasti dapat dicelakai karena kita berada di dunia yang penuh dengan kotoran dan berkekuatan merusak yang hebat. Meskipun kita sudah vegan dan berbelas kasih, kita tetap saja dapat dipengaruhi. Karenanya, kita hanya dapat melindungi diri dengan bermeditasi, membatin Nama-Nama Suci, dan selalu berkonsentrasi. Terutama sekarang ada banyak sekali bencana dan jika semua orang masih tidak berubah, maka dunia ini akan segera berakhir. Jadi kita harus bermeditasi sebanyak mungkin.

Sungguh, karena kita harus menyelamatkan Bumi maka saya mengizinkan Anda keluar bekerja. Namun jika tidak adanya masalah dengan akhir dunia, saya pasti akan menyuruh Anda untuk bermeditasi sepanjang hari, karena jika Anda tidak cukup bermeditasi, maka Anda juga tidak dapat menolong dunia. Jika orang-orang di sekitar saya tidak cukup bermeditasi, maka akan sulit bagi mereka untuk membantu pekerjaan saya. Mereka tidak membantu; tapi mereka hanya diam saja di sana dan membiarkan saya yang bekerja. Mereka hanya menyabotase ruang dan waktu saya, dan mengalihkan perhatian saya sehingga saya tidak dapat berkonsentrasi. Sungguh ini dapat terjadi ketika Anda tidak cukup bermeditasi. Anda tidak dapat menolong orang lain meskipun Anda ingin melakukannya. Jadi, jika Anda ingin membantu orang lain, bermeditasilah dulu selama empat jam, tergantung seberapa besar yang ingin Anda lakukan.

Bagi para inisiat yang tinggal di sini, yaitu mereka yang setiap hari mengerjakan pekerjaan saya, semakin banyak mereka bekerja, semakin banyak pula mereka harus bermeditasi. Setidaknya selama empat jam. Dalam kasus Anda, dua jam setengah hingga tiga setengah jam sudah oke. Tapi setiap kali jika Anda ingin lebih banyak membantu, maka pada hari itu juga Anda harus lebih banyak bermeditasi. Lebih banyaklah bermeditasi setiap hari dan simpanlah kelebihan itu untuk digunakan ketika Anda kekurangan.