Laporan Khusus
"Pemanasan Global. . . Ya, Ada Solusinya!"
Konferensi Video Perubahan Iklim di Lima, Peru
Oleh Grup Berita Peru (Asal dalam bahasa Spanyol) 

Peru terkenal karena sejarah kuno Inka, budayanya, dan karena sekelompok orang yang sangat spiritual yang ditujukan untuk merawat Ibu Bumi. Suku Inka pernah tinggal di pegunungan tertinggi Machu Picchu di Cusco, dimana mereka menanam sendiri makanan jagung, kacang-kacangan dan sayuran lainnya. Dikatakan bahwa mereka diberkati dengan umur panjang karena hubungan yang damai dan penuh kasih di antara mereka serta praktik spiritual mereka.

Hari ini, bagaimanapun, Peru sedang menghadapi beberapa efek yang merugikan dari perubahan iklim. Rumah dari 70% gletser tropis dunia, peningkatan suhu yang menyebabkan cepatnya pencairan bidang es yang indah tidak hanya secara signifikan mempengaruhi Peru tetapi juga negara lain seperti Bolivia, Kolombia, dan Ekuador dengan banjir yang diikuti dengan kekeringan yang selanjutnya mengurangi sumber air utama mereka untuk minum, pertanian, dan penggunaan lainnya. Pada ketinggian yang lebih tinggi, di provinsi pegunungan Puno, Pasco dan lainnya, suhu telah turun menjadi lebih rendah dari minus 15° Celcius, sedangkan dingin intens telah mengambil hidup orang banyak.

Untuk meningkatkan kesadaran akan situasi yang mengerikan dan juga membantu mengurangi krisis, konferensi perubahan iklim yang berjudul “Pemanasan Global... Ya, Ada Solusinya!diadakan pada tanggal 12 September, Tahun Emas 6 (2009), di auditorium paling bergengsi di Lima," The Pentagotino. “Terkumpul lebih dari 1.200 tamu, beberapa di antaranya adalah perwakilan dari pusat perlindungan hewan dan LSM serta VIP termasuk: Tuan Alberto Tejada Noriega, Walikota San Borja; Tuan Fabian Salazar Olivares, Kepala Protokol Kongres Republik; Ibu Maria Elena Parra Terrazos, Penasihat Investasi Asing; Tuan Joel Guevaara, Dokter Pengobatan Homeopathik; Tuan Luis Bueno Quino, Walikota Chosica; Tuan Felix Moreno Caballero, Walikota Callao; Tuan Mahesh Bachani, Sekretaris Acara SOS Masyarakat Indian di Lima; dan Tuan Raul Abugatas, Walikota Santa Maria del Mar. Sebagai tamu kehormatan, Maha Guru Ching Hai menerima undangan untuk menghadiri acara yang disiarkan langsung di Saluran Lima RBC Television 11 dan Radio Latina di 990 AM yang mencapai pendengar lebih dari 50.000.

Yang berpidato dalam konferensi adalah pesan dukungan dari tokoh seperti: Ibu Ingrid Newkirk, Presiden Masyarakat Perlakuan Etis Terhadap Hewan (PETA); Dr Michael Greger, Direktur Kesehatan Publik dan Peternakan untuk Masyarakat Humanis Amerika Serikat; Tuan Jesse White, Sekretaris Negara Bagian Illinois, Amerika Serikat; Tuan Jose Manuel Echandi Meza, Anggota Parlemen dari Kosta Rika, dan Tuan David Roman, Presiden Uni Vegetarian Spanyol. Banyak dari mereka menyoroti pentingnya menjaga pola makan vegetarian murni untuk kepentingan lingkungan, kesehatan, kelaparan dunia, dan hewan.

Tamu kehormatan yang juga berbagi pengalaman mereka mengenai isu pemanasan global yang serius adalah Ibu Cecilia Brack Mendiola, sosiolog dan penulis, menguraikan akar penyebab dari masalah lingkungan dan mendesak masyarakat untuk melakukan upaya luar biasa untuk menyeimbangkan hubungan kita dengan alam dengan mengubah gaya hidup kita menjadi lebih hemat, menggunakan energi bersih, menanam lebih banyak pohon, daur ulang, makan buah dan sayuran organik, serta menghindari konsumsi daging merah.

Tuan Nicolás Pauls, seorang musisi terkenal dan aktor dari Argentina yang juga seorang vegetarian dan pembela hewan mendorong orang untuk memperhatikan semua yang mereka lakukan dalam hidup mereka, termasuk makanan yang mereka makan, karena memiliki pengaruh pada cara kita mengekspresikan diri kita. Dia berkata, “Jika Anda tahu dengan jelas betapa menyakitkan dan menderitanya kehidupan hewan yang berakhir di atas piring, saya percaya bahwa hanya orang yang tidak menyadari dan tak berperasaan tega memakan mereka."

Tuan Gilberto Romero Zevallos, Direktur Pusat Studi Pencegahan Bencana (PREDES) menyatakan keprihatinan tentang penderitaan rakyat yang telah terkena dampak bencana karena kondisi cuaca ekstrem. Nona Wendy Lau Cordero, seorang mahasiswa kimia di Universidad Nacional Mayor de San Marcos, kepada para hadirin dari beberapa kegiatan yang direncanakan oleh Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP), dan mendesak mereka untuk menandatangani petisi perubahan iklim.

Selama sesi tanya jawab, Maha Guru Ching Hai menanggapi sejumlah kekhawatiran dari para peserta acara. Mengenai peran ilmu pengetahuan dalam memecahkan perubahan iklim, Beliau mengatakan kepada Nona Lau bahwa komunitas sains telah melakukan pekerjaan yang baik dalam meneliti dan menginformasikan publik tentang kondisi kritis Bumi. Oleh karena itu, “kita tidak bisa menyalahkan para ilmuwan atau teknologi ilmiah untuk masalah planet kita hari ini... Nasib planet kita ada di tangan kita sebelum para ilmuwan dapat melakukan apapun untuk membantu kami.”

Ketika menjelaskan biaya yang dikeluarkan hanya untuk produksi satu hamburger Ibu Mayte Loredo, seorang koki, seorang naturalis dan seorang wanita bisnis yang telah menjadi vegetarian selama lebih dari 30 tahun, Guru memberikan laporan lengkap atas biaya nyata dalam hal kerusakan lahan, kerugian keanekaragaman hayati, kelaparan dunia, penipisan lapisan atas tanah, emisi gas rumah kaca, limbah bahan bakar fosil dan bahaya kesehatan. Dia menyimpulkan bahwa hamburger jelas tidak terjangkau, tidak hanya relatif terhadap pemanasan global tetapi juga mempertimbangkan konsekuensi karma.

Guru menekankan, “Sebelum kita berharap singa berbaring damai dengan domba, kita manusia harus melakukannya terlebih dahulu. Selama manusia tidak dapat berbaring damai dengan domba, menyebabkan semua kesedihan, ketakutan, penderitaan dan penindasan bagi makhluk lemah dan hewan tak berdaya, kita tidak bisa menyadari mimpi surgawi: singa berbaring di samping domba. Jadi kita harus kembali ke sifat penuh kasih kita. Kita harus kembali ke status mulia kita sebagai anak Tuhan. Kita harus membawa Surga ke Bumi.”

Kesimpulannya, Guru memberikan laporan lengkap tentang dampak buruk perubahan iklim saat ini di Peru berdasarkan publikasi terakhir dengan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB yang berbicara tentang kerentanan Amerika Latin terhadap dampak iklim yang parah, berharap mereka akan bertindak.

Setelah konferensi perubahan iklim dilanjutkan,peluncuran buku Anjing-anjing dalam Hidupku karya Maha Guru Ching Hai, Edisi bahasa Spanyol. Banyak pejabat mengirim ucapan selamat kepada Guru melalui video. Di antara mereka adalah Arturo Terhormat Nunez Jimenez, Senator Negara Bagian Tabasco, Meksiko, yang mengucapkan selamat untuk buku tersebut, “Ini adalah suatu karya yang mengingatkan kita perlunya untuk lebih manusiawi ketika kemajuan besar ilmiah dan teknologi sering kali membuat kita melupakan hal kecil, tetapi mereka tetap penting, untuk menghargai kehidupan semua makhluk hidup.”

Setelah film pengantar tentang buku tersebut, pembicara tamu termasuk Ibu Frida Holler, model profesional dan penulis buku laris That Little Finger: Modern Guide of Courtesy and Civility (Jari Kecil: Panduan Modern dari Kehormatan dan Peradaban); Ibu Pilar Sanllehi Bracesco, seorang ahli biologi laut dan direktur Shelter Amazon dan Ibu Vanesa Torres Bustamante, pendiri organisasi, Serikat untuk Hewan, berbicara dari pengalaman mereka sendiri tentang pentingnya memperlakukan hewan dengan cinta dan hormat serta menjaga pola makan vegetarian murni. Guru muncul lagi di peluncuran dan dengan sabar menjawab lebih banyak pertanyaan dari para penonton. Beliau mengingatkan semua orang bahwa kita seharusnya “berdoa kepada Surga bukan untuk membantu kita, tetapi berdoa agar kita membangunkan kualitas surgawi kita dan menyelamatkan dunia kita tepat pada waktunya.

Kami berterima kasih kepada Maha Guru Ching Hai terkasih yang telah memberkati konferensi dan memberikan solusi tentang cara untuk memulihkan planet kita yang berharga ke posisi asalnya. Semoga lebih banyak orang bekerja sama untuk tujuan yang sama untuk menciptakan sebuah kerajaan vegan yang damai di Bumi.

 

Untuk menyaksikan liputan Supreme Master Television atas konferensi video ini, silakan kunjungi:  http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/WOW1185s.php

Untuk menyaksikan liputan Supreme Master Television tentang peluncuran buku Anjing-anjing dalam Hidupku, Edisi bahasa Spanyol, silakan kunjungi: http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/WOW1262s.php