Laporan Khusus 
Konferensi Video di Meksiko – Maha Guru Ching Hai Memberkahi Wilayah Pegunungan Tinggi
Oleh Grup Berita Meksiko (Asal dalam bahasa Spanyol)

Tahun-tahun terakhir ini, Meksiko telah menjadi proaktif dalam upaya melindungi lingkungan termasuk masalah darurat pemanasan global. Pada tahun 2008, negara ini dipuji oleh laporan Bank Dunia, “Karbon Rendah, Pertumbuhan Tinggi: Respons Amerika Latin terhadap Perubahan Iklim”, untuk Strategi Perubahan Iklim Nasionalnya mengurangi jutaan ton emisi karbon. Pada tanggal 29 Oktober, Tahun Emas 6 (2009), Maha Guru Ching Hai diundang sebagai pembicara tamu khusus pada peresmian program “Partisipasi Sarjana dalam Hak Lingkungan” yang diprakarsai oleh Asosiasi Magistrat Pendukung Keadilan Lingkungan. Melalui konferensi video, Beliau menyampaikan pesan kuat kepada para magistrat yang mulia, para hakim yang terpandang, para asisten terhormat, dan para tamu lain tentang krisis pemanasan global yang semakin menekan yang dialami di Meksiko sebagai negara yang sedang mengalami kekeringan terparah dalam 70 tahun.

Menyoroti efek merusak dari industri peternakan pada lingkungan, sumber daya alam, dan kesehatan manusia, Guru menyimpulkan, berdasarkan data ilmiah, bahwa “… kita menghapus sebagian besar gas rumah kaca yang dihasilkan manusia hanya dengan mengadopsi gaya hidup vegan organik tanpa produk hewani.” Sambil memuji Konstitusi Meksiko atas pernyataan “semua orang memiliki hak atas suatu lingkungan yang sesuai dengan perkembangan dan kesejahteraan mereka”, Beliau menyerukan keberanian dari perwakilan yang hadir untuk membimbing warganya menuju jalan yang mulia, bajik, menyelamatkan hidup, dan memelihara planet Bumi kita.

Negara bagian Veracruz berada di garda depan dalam upaya melindungi lingkungan. Untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegentingan pemanasan global dan solusinya, pejabat pemerintah negara bagian tersebut mengadakan konferensi video lain dengan Maha Guru Ching Hai dengan judul, “SOS – Tindakan Cepat untuk Menghentikan Pemanasan Global” pada tanggal 16 November 2009 di Kota Orizaba nan indah, yang juga dikenal sebagai “Wilayah Pegunungan Tinggi”.

Konferensi video tersebut disiarkan secara langsung melalui Supreme Master Television yang ditayangkan melalui 14 platform satelit, 18 stasiun IPTV, dan Internet dan disiarkan langsung di radio di Meksiko melalui stasiun radio XETO – 850 AM Orizaba, Veracruz, XEOV – 1240 AM Orizaba, XHPG FM Cordoba, XEDZ – 580 AM Cordoba, Veracruz, dan Radio Orizaba S.A.

Yang terhormat Walikota dari Orizaba, Fortin de las Flores, Cordoba, Zongolica, Atzacan, Camerino, Nogales, Mariano, dan Escobedo termasuk di antara 500 lebih peserta. Tamu terkemuka lain di antaranya adalah Alonso Domínguez Ferraez, Koordinator Umum Lingkungan untuk Negara Bagian Veracruz; Dr. Eva Campos Solano, Kepala Yurisdiksi Saniter Orizaba; Lucina Chua Gonzales, Sekretaris Jenderal Serikat Kerja Orizaba; dan Dr. Emilio Filly de Bernardi, Direktur Asosiasi Sahabat dan Tetangga Lingkungan.

Para pembicara tamu di antaranya adalah Dr. Rajendra Pachauri, Ketua Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa; Eva Quistorp, aktivis politik yang berdedikasi dan tokoh terkemuka dari gerakan lingkungan Eropa; Yang Terhormat Alonso Domínguez Ferraez, Koordinator Umum Lingkungan untuk Negara Bagian Veracruz; Yang Mulia Andrew Bartlett, mantan senator Australia yang merupakan seorang vegan dan aktivis hak-hak hewan; Edgar Espinoza Cisneros, ahli geografi lingkungan; Pedro Allemant, musisi terkenal Peru, aktivis hewan dan seniman; dan Annette Bodier, seorang ahli biologi kelautan, berbagi pandangan mereka melalui video tentang pentingnya menjalani pola makan vegan dalam upaya mengatasi perubahan iklim, menghentikan kekejaman pada hewan, serta mengembangkan cinta kasih dan rasa hormat terhadap semua makhluk.

Maha Guru Ching Hai mengirimkan salam hangat-Nya kepada hadirin, menyampaikan kekaguman akan keindahan budaya dan warisan spiritual Meksiko, serta warganya yang ramah, cerdas, berdedikasi, namun rendah hati. Beliau juga menyatakan keprihatinan-Nya terhadap kekeringan berkepanjangan yang masih terjadi dan flu babi yang telah tersebar ke seluruh wilayah negara tersebut. Beliau menjelaskan, “Doa, disertai dengan upaya masyarakat serta dukungan kuat pemerintah dan media, formula ini bisa memberikan transisi tercepat dan termulus menuju planet yang stabil.”

Bapak Edgar Espinoza Cisneros, seorang vegetarian dan ahli geografi lingkungan, menanyai Guru tentang bagaimana cara menangani kepentingan dan lobi dari perusahaan besar dan kuat yang terlibat dalam industri daging. Guru menjawab secara positif, “Kita lebih kuat! Kita lebih daripada mereka. Kita lebih banyak jumlahnya… Dan tak seorang pun bisa mencegah kita dari melakukan apa pun yang benar bagi kehidupan kita dan bagi planet kita. Kita hanya harus berhenti memakai, memakan, membeli produk hewani. Maka, perusahaan-perusahaan ini akan menghilang begitu saja dengan cepat sekali. Jadi, kekuatan ada di tangan kita.”

Seorang vegan yang merupakan distributor buku budaya ingin tahu apakah kita bisa berbicara pada angin tornado dan topan untuk menghentikan mereka, dan apakah kita bisa berbicara kepada jiwa pemakan daging pada tingkat spiritual dan meminta mereka untuk berubah. Guru menjawab, “Semurni jiwa manusia, ia telah ditutupi oleh begitu banyak debu, yaitu – kebiasaan kita dan kesalahan informasi yang telah kita kumpulkan seumur hidup, atau selama banyak kehidupan.” Maka dari itu, “kita masih perlu memberikan informasi fisik dan memakai perkataan dan tulisan kepada orang-orang untuk memproses kebenaran.” Selain itu, bencana alam adalah konsekuensi dari energi negatif di atmosfer, jadi jika orang-orang tidak mengubah cara mereka yang memicu bencana dan memancing malapetaka, bencana tidak akan pernah berakhir.

Jawaban Guru yang sangat dalam menyentuh hati dan pikiran para tamu yang hadir. Guadalupe Fuentes Barco, pembaca acara “Noticieros a Fondo”, Stasiun Ori Stereo di Orizaba, Veracruz, berkomentar, “Konferensi ini sangat menyentuh hati saya. Begitu banyak yang tidak kita ketahui… Saya merasa hal ini sangat berharga dan semestinya tidak berhenti hanya sampai pada kita saat ini; kita harus menyebarkannya, mengundang orang-orang untuk berpartisipasi dalam program-program penting yang kalian sebarkan ke seluruh dunia.” Konferensi ditutup dengan beberapa pertunjukan musik yang dibawakan oleh penyanyi dan penari berbakat.
 
  Diploma dari Departemen Lingkungan Veracruz kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai
 
   

Selanjutnya, Alonso Dominguez Ferraez, Kepala Koordinator Departemen Lingkungan Veracruz, menganugerahkan Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai dengan sebuah diploma. Beliau menyatakan, “Kami menghormati kalian semua atas semua pekerjaan yang telah kalian lakukan di Negara Bagian Veracruz. Mohon lanjutkan pekerjaan berdedikasi dan perbuatan baik kalian. Kalian adalah teladan bagi kita semua.” Beliau juga mengundang setiap peserta untuk menikmati hidangan vegan yang luar biasa banyaknya yang disajikan pada acara luar biasa ini. Semua tamu sangat berterima kasih atas hidangan enak dan informasi berguna yang telah mereka terima pada konferensi ini.

Kami berterima kasih kepada Maha Guru Ching Hai yang terkasih atas wawasan dan kebijaksanaan yang telah Beliau bagikan termasuk waktu yang didedikasikan bagi Meksiko dan dunia. Kami berdoa agar setiap hati dan jiwa di dunia ini tersadarkan pada misi mulia penghuni Bumi, sehingga bersama-sama kita bisa bergerak maju menuju masa depan yang mulia dan cemerlang.

Untuk menyaksikan pesan video Maha Guru Ching Hai kepada “Asosiasi Magistrat Pendukung Keadilan Lingkungan Meksiko,” silakan kunjungi:  http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/WOW1276c.php

Untuk menyaksikan konferensi video “SOS – Tindakan Cepat untuk Menghentikan Pemanasan Global” dengan Maha Guru Ching Hai yang diadakan di Orizaba, Meksiko, silakan kunjungi: http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/WOW1305s.php