Untuk menghentikan diri kita makin terjerumus dalam hubungan sebab-akibat, kita harus menghindari kebiasaan-kebiasaan kita dan mencegahnya muncul. Bila suatu kebiasaan muncul, akan makin kuat bertumbuh, kita bahkan akan menjadi lebih cepat marah. Sebagai contoh, dalam kehidupan lampau, kita mungkin telah dituduh melakukan kejahatan yang tidak pernah kita lakukan. Dan kita mungkin telah dipukuli dan sakit hati, atau dianiaya oleh mereka yang berkuasa. Kemudian dalam kehidupan kita sekarang, kita mungkin bertemu seseorang yang menganiaya atau melukai hati kita karena alasan yang dapat dibenarkan. Kenyataannya, kita di pihak yang salah, dan adalah tepat baginya untuk menganiaya kita. Tetapi, seseorang telah salah menuduh dan menganiaya dalam kehidupan kita yang lalu dan kita membencinya. Dan saat kita menghadapi suatu situasi yang serupa lagi, kita tidak dapat mentoleransinya dan berusaha membalas atau melawan. Sehingga kita memperdalam kebencian dalam hati kita dan membuat suasana dendam bertumbuh makin kuat. Pada akhirnya membentuk kepribadian kita yang pendendam. Maka bila kita ingin menghindari situasi ini, kapanpun kita ingin membalas dendam pada orang-orang, kita harus segera mengatakan kepada diri kita sendiri: "Apakah balas-membalas akan ada akhirnya?"

Setiap kali kita melakukan tindakan atau mempelajari suatu gagasan baru, suatu saluran yang baru tercipta dalam otak kita untuk menyimpan materi yang baru ini. Ini untuk menyimpan kebencian, itu untuk kasih, ini untuk kedengkian, dan itu untuk ketenaran dan keuntungan. Tiap tempat dimuati oleh suatu kualitas yang berbeda. Makin banyak kebiasaan yang kita miliki, makin banyak kotak atau saluran yang mengisi otak kita.

           Semula, kotak-kotak atau saluran-saluran ini dapat hancur sendiri. Sangat sederhana. Bila tiada apapun di dalam, mereka akan melebur bersama-sama dan musnah. Tetapi ada suatu senyawa yang disebut "materi kelabu" dalam otak kita yang mengisi saluran atau kotak ini. Semua gagasan dan tindakan yang baru tercatat dalam materi kelabu ini, yang memenuhi saluran yang kosong dalam otak, sangat mirip suatu komputer yang semata-mata merekam catatan.

Kita tidak pernah dapat menghapus hal atau kualitas yang baru kita pelajari. Maka kita harus berlatih Metode Quan Yin untuk menghalau kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada di dalam diri kita. Tiada cara lain untuk membersihkannya! Kalian telah sering mendengar tentang mencuci otak seseorang, tetapi mencuci otak dengan kata-kata tidak cukup menyeluruh. Otak kita sangat kecil, tetapi dapat mencatat semua hal, dalam jumlah tak terbatas. Itu masalahnya. Telah terlalu banyak mencatat, tidak dapat dihapus dengan cukup cepat. Kita memiliki gagasan-gagasan yang kacau setiap hari, semua karena kita mencatat terlalu banyak hal.

Karena itu, bila saya sekarang mencuci otak Anda dengan kata-kata, saya hanya menambah lebih banyak saluran dan kotak. Sia-sia! Anda sudah terisi dengan pandangan-pandangan dan gagasan-gagasan lama. Bila saya menambah lebih banyak yang baru, akan bercampur dengan yang lama, dan akan tidak bermanfaat. Yang lama akan terus berfungsi saat yang baru berkembang, dan hanya menjadi makin rumit.

Itu sebabnya saya mengatakan, "Sungguh, olah rohani tidak membutuhkan bahasa!" Maka sewaktu penyampaian Metode Quan Yin, saya tidak berbicara dan tidak melakukan tambahan-tambahan yang baru. Saya berbincang-bincang dengan kalian sekarang hanya karena ada simpul dan masalah dalam diri kallian sehingga saya harus menjelaskannya sedikit untuk memecahkan pertentangan batin kalian. Jika tidak, saya tidak berbicara. Mengapa saya harus berbicara demikian banyak? Kalian telah mengetahui lebih daripada cukup. Sebagai contoh, bila kalian bukan penganut ajaran Buddha dan tidak mengetahui apapun tentang Sutra Nirvana atau Sutra Intan, kalian tidak akan bertanya kepada saya tentang kitab suci tersebut, dan saya juga tidak perlu berbicara demikian banyak untuk menjelaskan berbagai hal kepada kalian. Saya berbicara banyak karena kalian berbicara banyak. Kalian telah mengumpulkan terlalu banyak sampah sehingga saya harus menggunakan banyak cara untuk menghilangkan dan membakarnya.

Metode Quan Yin bukanlah kata-kata; ia merupakan getaran, arus listrik, kekuatan Tuhan yang membersihkan pikiran-pikiran kita yang membingungkan dan gagasan-gagasan kita yang salah. Tidak menambah saluran dan kotak apapun dalam diri kita. Karena bila kita ingin menggunakan suatu pikiran tertentu untuk menghilangkan pikiran yang lain, akan timbul perlawanan. Tidak berarti pikiran yang lama dibersihkan! Tidak, kita hanya menambah yang lain. Akibatnya, menjadi makin penuh dan kita menjadi makin tidak tenang. Maka, semua Guru rohani yang agung berkata, "Semakin terpelajar dan berpengetahuan, semakin sulit bagi seseorang untuk mencapai Kebenaran." Kita hanya menghimpun banyak hal dalam diri kita, menyelipkannya bersama-sama sampai tiada yang dapat berkembang. Hal yang baik dan buruk bercampur bersama. Hal yang baik tidak dapat berkembang, dan hal yang buruk tidak dapat dibersihkan; menjadi sangat padat. Sekarang kalian mengerti alasan seseorang yang makin terpelajar, semakin sulit untuk menjadi tercerahkan.

<<Hal. Sebelumnya Hal. Selanjutnya>>