Era Vegetarian

Para Pahlawan Vegetarian dari Layar Perak

Oleh Grup Berita Florida, Amerika Serikat
(Asal dalam bahasa Inggris)

Ciri seorang pahlawan sejati adalah rasa kasih sayang terhadap mereka yang kurang beruntung—baik itu manusia dan juga sesama makhluk ciptaan dalam dunia hewan. Dua orang bintang film vegetarian yang dibicarakan di bawah ini tidak hanya pahlawan dalam layar lebar, tetapi juga dalam kehidupan mereka sehari-hari.

 

 

Seorang pencinta hewan seumur hidup

Christian Bale yang berumur tiga puluh satu tahun, bintang dari film sukses Batman Begins, telah memiliki pertalian seumur hidup dengan hewan-hewan. Ayahnya, David Bale (1941-2003), adalah seorang aktivis terkenal hak-hak hewan yang mempunyai prinsip hidup “Tidak pernah mengabaikan suatu makhluk hidup yang membutuhkan pertolongan”. David akan membawa pulang kucing, anjing, dan burung yang tersesat; ia juga membantu para ibu tunggal dan tunawisma. Christian menemani ayahnya ke banyak tempat perlindungan hewan dan konvensi hak-hak hewan. Saat ini ia adalah pendukung utama dari kelompok kesejahteraan hewan. Ia kini tinggal di Los Angeles dengan kumpulan binatang liar yang dikurung dalam kandang berisi kucing, anjing dan possum (semacam tupai) yang diselamatkan.

Saat Christian berumur sembilan tahun, ia membaca Charlotte Web, kisah yang sangat disukai orang tentang seorang gadis kecil yang menyelamatkan seekor babi mungil yang bernama Wilbur dari penjagalan. Akan tetapi, tidak seperti jutaan anak lain yang  menyukai Wilbur tetapi memakan potongan daging babi yang diletakkan ibu mereka di piring untuk makan malam, Christian bersumpah, mulai saat itu ia tidak akan pernah makan daging lagi. Ia telah memegang janji mulianya hingga saat ini, walaupun ia harus melakukan latihan fisik yang keras untuk membintangi beberapa filmnya. Misalnya, baru-baru ini ia diharuskan menurunkan berat badannya dari 180 menjadi 121 pon (82 kg menjadi 55 kg atau 30% dari berat badannya) untuk film The Machinist, dan dalam waktu enam minggu seusai pembuatan fim itu, ia telah memperoleh kembali 59 pon (27 kg) yang diperlukan untuk audisi Batman Begins. Ketika pembuatan film tersebut dimulai lima bulan kemudian, Batman yang vegetarian ini mempunyai berat badan 220 pon (100 kg), sebagian besar adalah otot yang padat.



 


Spiderman muda yang polos tetapi dewasa

Tobey Maguire (lahir tahun 1975) dianggap sebagai salah satu aktor terbesar di antara generasinya berkat perannya dalam Spiderman dan penampilannya yang sempurna dalam film-film lain; termasuk dalam dua film yang disutradarai oleh Ang Lee, sutradara film pertamanya, yang mengatakan, ”Ia memiliki kombinasi kepolosan anak-anak dan jiwa yang matang.” Mengenai aktingnya, sutradara yang lain berkata, ”Akting Tobey tidak berlebihan. Ia mempunyai gayanya tersendiri.”

Tobey, yang sejak muda tidak suka makan daging, menyatakan, “Saya tidak dapat membayangkan hubungan antara hewan dan makanan.” Saat mengikuti sebuah acara makan non-vegetarian yang terakhir kalinya, ia berkata, “Saya makan sebuah burger keju dengan daging ham, dan tiba-tiba mendapat penglihatan berikut — saya melihat hewan-hewan yang dikonsumsi sehingga saya tidak tahan berada di sana dan memakan burger keju ini.” Dengan demikian, pada tahun 1992 Tobey membuat sebuah janji mulia untuk menjadi seorang vegetarian.

Kemudian pada tahun 1994, ia juga meninggalkan alkohol dan rokok—suatu langkah luar biasa untuk seorang bintang film berumur sembilan belas tahun yang sering mengunjungi klub malam Hollywood. Mengenai masa itu ia mengingat, “Saya harus membuat sebuah keputusan. Saya dapat menjadi seorang remaja dan melakukan semua hal bodoh yang mengikutinya atau fokus pada seni peran.”

Meninggalkan daging dan alkohol, bagaimanapun, tidak berarti meninggalkan kesenangan hidup, karena Tobey mengakui bahwa selama bertahun-tahun ia telah menghabiskan sebagian besar penghasilannya untuk makan malam yang enak, dan ia paling menyukai pizza vegetarian dan tahu: “Saya amat selektif dengan tahu, karena jika diolah dengan cara yang benar, tahu dapat menjadi amat lezat.” Ia suatu hari pernah makan bersama di sebuah restoran mahal dengan sekelompok penggemarnya ketika ia mengetahui bahwa para penggemarnya juga vegetarian!

Sebelum audisi Spiderman, Tobey sebenarnya tidak memiliki tubuh atletis, dan beberapa jurnalis menggambarkan ia sebagai “orang bertubuh lembek” atau “adonan tepung”.  Di samping itu, produser Spiderman terkesan dengan kemampuan aktingnya, tetapi meragukan kemampuannya mendapatkan bentuk tubuh ideal untuk peran yang menjadi nama film tersebut. Bertekad untuk membuktikan bahwa anggapan mereka itu tidak benar, Tobey mengumpulkan sebuah tim, untuk persiapan audisi-nya, yang terdiri dari seorang pelatih pribadi, seorang instruktur seni bela diri, seorang pelatih senam, seorang pemeran pengganti, dan seorang instruktur yoga.

Produser film Spiderman, bagaimanapun juga, tidak berpikir bahwa ia bisa membangun massa otot yang cukup tanpa memakan daging. Mereka mendesaknya untuk melanggar janji vegetariannya. Tapi syukurlah pelatih Tobey tahu lebih banyak dan memberikannya sebuah diet terbaik yang terdiri dari vitamin, protein, burger vegetarian, dan tahu. Saat uji-cobanya tiba, Tobey tampil mengesankan dalam beberapa adegan perkelahian. Ia kemudian melepaskan kemejanya untuk memperlihatkan tubuhnya yang berotot. Menurut sang sutradara, “Ia telah menjadi seorang bintang laga.”

Mengenai sifat pembawaannya, suatu kali Tobey memberitahukan pewawancara, ”Saya mungkin memiliki beberapa ciri karakter di mana beberapa orang mungkin melihatnya sebagai sifat polos atau tidak dibuat-buat. Itu karena saya telah menemukan kedamaian dan kebahagiaan di dalam jiwa saya.” Dan ketika film Spiderman diluncurkan, seorang jurnalis bertanya pada Tobey; kekuatan super apa yang ingin ia miliki. Ia pun menjawab, ”Beberapa waktu yang lalu, saya akan berkata ‘terbang’. Sekarang itu kelihatan sepele. Saya mungkin ingin melampaui tubuh fisik saya dan dapat pergi ke dimensi lain, seorang makhluk spiritual. Mampu mengatasi dunia fisik, tidak terikat lagi kepadanya seperti Keanu Reeves dalam film Matrix, itu akan menjadi kekuatan super yang paling mengagumkan.” (Silakan mengacu pada Berita #142 Layar Sinema)

 

Kesimpulan

Banyak orang khawatir jika menjadi vegetarian akan menyebabkan mereka lebih lemah secara jasmani atau menghalangi karir mereka, tetapi contoh-contoh bintang film yang dibicarakan di atas menentang pandangan ini. Sebaliknya, vegetarian telah membuat Christian Bale dan Tobey Maguire lebih kuat, lebih besar dan lebih sukses.

 



Para Pahlawan Vegetarian dari Layar Perak
Bintang Film Linda Blair tentang Paham Vegetarian dan Welas Asih
Kunci untuk Mengurangi Pemanasan Global dan Penipisan Sumber Alam
Ikan Vegetarian dan Keripik Kentang Hadir di London
Para Ilmuwan dan Penemu Terkenal yang Bervegetarian
Kebangkitan Vegetarian di Himalaya