Era Vegetarian

Wawancara Khusus—
Bintang Film Linda Blair
tentang Paham Vegetarian dan Welas Asih



Oleh Departemen Hiburan,
Los Angeles, CA, Amerika Serikat
(Asal dalam bahasa Inggris)


Pada usia empat belas tahun, aktris Linda Blair mulai terkenal di dunia internasional dalam perannya yang tak dapat dilupakan sebagai gadis muda, Regan MacNeil, dalam film yang memenangkan Piala Oscar, The Exorcist. Selama bertahun-tahun Blair telah dinominasikan untuk Academy Award, memenangkan Golden Globe dan People’s Choice Award. Ia telah bekerja sama dengan bintang-bintang yang diakui seperti Elizabeth Taylor, Martin Sheen, Anthony Hopkins, Kirk Douglas, Richard Burton, dan Leslie Nielsen.

Di samping prestasinya di bidang seni peran, Blair adalah pelindung hak-hak hewan yang terkenal dan dihormati. Ia juga seorang penulis buku Going Vegan (Menjadi Vegan). Sejak kecil ia telah mempunyai ketertarikan dan kasih yang besar terhadap hewan dan mencurahkan waktu serta tenaganya untuk membantu sesama ciptaan Tuhan yang membutuhkan melalui kerja sama dengan berbagai organisasi seperti Memberi Makan Anak-Anak (Feed the Children), Masyarakat Pendukung Perlakuan Etis terhadap Binatang (People for the Ethical Treatment of Animals - PETA), Perkumpulan Penolong Manusia dan Hewan (The Humane Society) dan Kesempatan Terakhir untuk Hewan (Last Chance for Animals). Ia menggunakan pengaruh dan kekuatannya untuk mendidik masyarakat tentang hewan-hewan yang berada dalam keadaan krisis. Blair juga mendirikan Yayasan Hati Dunia Linda Blair (Linda Blair WorldHeart Foundation) yang mengupayakan penyelamatan, rehabilitasi, dan adopsi hewan-hewan yang akan di-eutanasia (dimatikan atas dasar perikemanusiaan).

Pada tanggal 6 Mei 2005 anggota dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mendapat kehormatan untuk mewawancarai Linda Blair untuk acara TV Perjalanan melalui Alam Estetis. Di bawah ini beberapa kutipan dari wawancara tersebut.

T: Bagaimana Anda bisa menjadi seorang vegetarian dan aktivis hewan?

L: Pada tahun 1988 saya membaca sebuah artikel tentang pestisida, hujan asam dan bagaimana kita beternak hewan-hewan; hal itulah yang membuat saya menjadi vegetarian. Dan hal itu memang mengubah hidup saya. Sejak itu saya tidak pernah mempunyai masalah berat badan lagi. Berat badan saya tidak berubah. Dan jika seseorang menanyai berapa usia saya, Anda tahu bahwa ada sesuatu yang mempengaruhi hal itu. Anda akan menjadi semakin sadar mengenai makanan dan kekejaman terhadap hewan, apa yang kita lakukan terhadap hewan dan  planet kita. Pada kenyataannya, segala sesuatu saling berhubungan. Dalam hal lingkungan, cara kita beternak hewan, kita dapat mempengaruhi lingkungan, mempengaruhi daerah terusan sungai, mempengaruhi lautan, mempengaruhi udara, dan hal itulah yang tidak disadari banyak orang. Jadi, tidak hanya kekejaman terhadap hewan, tetapi itu juga tidak baik untuk planet ini. Dan tentu saja anak-anak kita juga menderita kegemukan dan diabetes; keduanya selalu berada di peringkat tertinggi. Jika ada suatu cara untuk mendidik orang dan menjadi teladan tentang vegetarian, saya tentu saja akan bersedia.

Saya pernah dirawat di rumah sakit saat berumur sembilan belas tahun. Penyebabnya mungkin stres atau makanan yang salah. Jadi, saya telah melaluinya. Sungguh hidup saya terpengaruh dan dokter berkata, ”Jika kamu tidak mengubah kebiasaan makanmu dan kamu tidak mengubah tingkat stresmu, kamu akan meninggal.” Banyak orang tidak tahu tentang hal ini.

T: Saat ini Anda menjalankan misi penyelamatan dari rumah Anda. Ceritakan kepada kami mengenai itu.

L: Saya menyadari banyak orang menyerahkan hewan peliharaannya karena tidak cocok dengan lingkungan, atau karena mereka bermasalah. Sebenarnya mereka tidak tahu bagaimana mengurus hewan. Jadi, saya merasa perlu untuk membuat sebuah tempat suaka, saya harus melakukan penyelamatan untuk semua induk binatang dan anaknya. Hal itu sungguh membingungkan saya. Maka saya mulai dengan Yayasan Hati Dunia Linda Blair dan saya hanya seorang diri, bahkan belum genap satu tahun. Yayasan ini pada dasarnya mengajak masyarakat untuk mengikuti jalan yang sama dengan saya. Bersama-sama kita akan membuat sesuatu yang berbeda, karena orang-orang tahu bahwa saya akan bersuara lantang. Saya memiliki reputasi yang bagus karena mengatakan kebenaran. Bersama kita dapat membuat sebuah perbedaan. Ini akan menjadi perjuangan yang amat berat. Kita tidak hanya dapat membersihkan Los Angeles tapi juga Amerika. Itulah komitmen saya, untuk membersihkan Amerika dan mengurangi kejahatan. Dan instansi hukum mendukung apa yang saya suarakan. Mereka tahu tentang perjuangan ini. Mereka mendukung.

T: Benar. Menyelamatkan seeokor anjing dan membawanya pulang ke rumah adalah hal yang sangat baik. Saya tahu Maha Guru Ching Hai menyelamatkan kira-kira lima ekor anjing dan Ia membuat saya takjub karena Ia membawa hewan-hewan ini dan melatihnya. Pada salah satu acaranya Ia membawa sepasang anjing yang hanya duduk di sana, begitu manis—mereka anjing yang diselamatkan, mereka menjadi anjing vegetarian. Dan Ia merawat mereka dan membersihkan mereka. Anjing-anjing itu dilatih dengan sempurna. Ia benar-benar memberi waktu untuk merawat mereka.

L: Dan mereka mengetahuinya. Waktu yang Anda habiskan untuk seorang anak, waktu yang Anda habiskan untuk seekor hewan, Anda akan menerima waktu itu kembali sepuluh kali lipat. Dan mereka akan memberi Anda kasih tanpa syarat dan persahabatan yang akan mengejutkan orang.

Oprah Winfrey dulu bekerja sama dengan “ayah kedua saya”, Howard Lyman. Bukunya berjudul Koboi Gila (Mad Cowboy). Ia adalah seorang pengusaha peternakan dan petani generasi keempat. Ia menderita kanker. Ia bercerita tentang semua temannya yang meninggal akibat penyakit jantung. Kita dapat melenyapkan penyakit jantung, kanker, diabetes dan masalah berat badan. Kembalilah kepada makanan yang alami, menjadi vegetarian. Anda akan mengerti apa yang kita bicarakan. Tetapi ia berkata jujur dan ia berkomitmen terhadap hidupnya, jika ia selamat dari kanker tulang belakangnya, ia akan mengatakan yang sebenarnya. Maka ia melakukannya. Dan saya pikir kita dapat membuat sebuah perbedaan di luar sana. Anda tahu, hanya sehari dalam suatu waktu, tetapi banyak penyakit yang menurut pendapat saya berasal dari makanan dan minuman. Anda selalu mendengar bahwa wanita yang hamil tidak boleh makan ikan dari sini. Ada alasan untuk itu. Itu adalah tubuh Anda, bayi Anda, hidup Anda, masa depan mereka.

T: Masyarakat umum akan sangat terkejut terhadap fakta bahwa banyak para selebriti yang sebetulnya vegetarian. Anda tahu ketika kita mengulas para selebriti, alangkah banyaknya yang vegetarian. Maksud saya bahkan Joaquin Phoenix dan...

L: Joaquin adalah seorang vegan.

T: Pamela Anderson, Natalie Portman, dan Anda sendiri, Linda Blair. Ini adalah suatu kehormatan karena Anda berada di sini.

L: James Cromwell.

T: Ya, James Cromwell. Anda tahu, pekerjaan kemanusiaan yang Anda lakukan sangatlah luar biasa. Saya pikir cara ini hebat dimana Anda menggunakan ketenaran Anda untuk hal yang terpuji. Itu adalah gaya kehidupan yang indah.

L: Peranan selebriti adalah sebuah berkah untuk pekerjaan tersebut. Begitulah. Saya belum termasuk sungguh-sungguh. Sepanjang pemikiran saya, itu adalah pekerjaan yang sempurna. Pekerjaan saya adalah membuat sebuah perbedaan ketika saya berada di sini. Saya menyukai keahlian saya. Saya tidak menyukai semua proyek yang kita miliki. Saya tidak berpikir kalau itu bagus. Saya kira energi spritual yang kita keluarkan di luar sana tidak baik. Saya kira kita harus melakukan lebih banyak pekerjaan cinta kasih dan kepedulian. Saya berkata kepada orang-orang, “Ayo terlibat!” Ini benar-benar sulit, tapi saya melibatkan Amerika sebagai satu komunitas; Anda akan terkejut. Dalam beberapa tahun, tiba-tiba saja orang-orang turut mendukung, “Wow! Ya, ada banyak orang yang benar-benar baik di luar sana, dan kita hanya perlu menggabungkan kekuatan.”

Saya kira orang-orang menyukai Maha Guru karena Ia telah mengubah dunia ke dalam situasi tertentu. Tetapi karena alasan kemanusiaan, hak asasi manusia, hak hewan, Ia mempengaruhi dengan cara tertentu yang sangat kuat. Dan masih banyak orang yang belum menyadari kekuatan dari meditasi, kasih, kebahagiaan, persatuan, ketenangan dan pengertian. Jawaban akan datang dalam hidup Anda melalui meditasi dan Anda juga akan belajar tentang welas asih. Itulah perjalanan sejati jiwa manusia. Saya pikir bagus sekali jika kita dapat memberi-Nya suatu saluran baru untuk membuka dan memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang pengetahuan dan cinta kasih-Nya. Kami sangat berterima kasih atas segala yang telah Ia lakukan.

Maha Guru, ini adalah kehormatan bagi saya dan saya menanti kesempatan untuk berjumpa dengan Anda dalam waktu dekat. Terima kasih atas segala yang Engkau lakukan.


Tanda tangan Linda Blair dengan pesan, “Kepada Maha Guru Ching Hai, dengan kasih, rasa syukur, dan berkat! Terima kasih atas cinta kasih Anda kepada hewan-hewan.”
Buku dengan tanda tangan Linda Blair yang memuat pesan “Kepada Maha Guru Ching Hai—Terima kasih untuk semua yang Engkau lakukan bagi kemanusiaan, hewan-hewan dan masa depan planet kita! Cinta kasih, cahaya, dan persahabatan, 5 Juni 2005”




Para Pahlawan Vegetarian dari Layar Perak
Bintang Film Linda Blair tentang Paham Vegetarian dan Welas Asih
Kunci untuk Mengurangi Pemanasan Global dan Penipisan Sumber Alam
Ikan Vegetarian dan Keripik Kentang Hadir di London
Para Ilmuwan dan Penemu Terkenal yang Bervegetarian
Kebangkitan Vegetarian di Himalaya