Kasih Dalam Tindakan

Laporan dari California, AS

Semangat Festival Bulan Purnama
—Mewujudkan Kepedulian Guru kepada Para Manula

Oleh Grup Berita San Jose
(Asal dalam bahasa Inggris)

Pada tanggal 18 September 2005, atas berkah dan kasih Guru kita yang tak terbatas, para pelatih spiritual Quan Yin di San Jose merayakan Festival Bulan Purnama bersama mereka yang tinggal di Rumah Sakit Los Gatos Oaks Convalescent.

Rumah sakit tersebut terletak di pinggir kota San Jose dan merupakan sebuah rumah perawatan para manula dengan berbagai latar belakang budaya. Rumah sakit itu dikepalai oleh Cathie Hauf. Kira-kira dua pertiga dari manula yang tinggal di tempat tersebut adalah keturunan Aulac dan sisanya berkulit putih.

Sebelum kunjungan, para inisiat mendapat informasi dari staf  rumah sakit, Cindy Le, bahwa selimut merupakan hadiah yang sangat dibutuhkan oleh para manula karena musim gugur yang bercuaca dingin sudah semakin dekat. Jadi, bersama dengan kue bulan, biskuit, dan keranjang buah-buahan, para inisiat juga membeli selimut wol yang hangat.

Meskipun Festival Bulan merupakan hari raya bagi Bangsa Asia, tetapi semua penghuni turut merayakannya dengan gembira. Seorang wanita berkulit putih dengan serius mendengarkan cerita dari seorang inisiat tentang keagungan dari bulan purnama di bulan ke delapan dari ‘kalender bulan’. Selama kunjungan kami, wanita itu memandangi foto Guru yang terdapat di sampul majalah nomor 159 dengan penuh kasih dan kegembiraan.

Selain itu, seorang wanita yang berumur 96 tahun dan masih penuh semangat, tampaknya sangat terpesona dan terus memuji tentang betapa cantiknya para inisiat. "Saya tidak memerlukan banyak makanan, tetapi saya suka melihat orang-orang yang cantik," ia berkata dengan mata yang berbinar. Seorang staf kemudian menyampaikan bahwa pada awal tahun 1920, wanita tersebut mendapat gelar Nona Mong Cai – sebuah provinsi di bagian utara Au Lac. Selama kegiatan ini, para inisiat merasa sangat tersentuh dan diingatkan kembali bahwa semua manusia tertarik dengan kecantikan, kebaikan, dan Kebenaran.

Evelyn Mina, perawat yang bertugas pada hari itu, dengan senang berperan sebagai tuan rumah bagi para inisiat. Sesungguhnya semua staf  yang bekerja di sana sangat ramah dan positif. "Kami merawat para manula di sini seolah-olah mereka adalah orang tua kami sendiri. Kami mencintai mereka, dan mereka mencintai kami juga sebagai balasannya," kata Bapak Dao, salah seorang staf.  Seorang pegawai lain, Ibu Mien, juga mengeluarkan komentar yang mencerahkan ini: “Kami memperlakukan mereka seperti orang tua kami sendiri. Siapa yang tahu? Mungkin dalam kehidupan yang lalu mereka sungguh orang tua kami." Pekerjaan mengurus manula memerlukan kasih sayang, kesabaran, dan kerja keras. Jadi, di mata para inisiat, anggota staf rumah sakit adalah para pahlawan yang telah mengambil peran sebagai orang suci untuk mengurus anak-anak Tuhan setiap harinya. Selain komentar di atas, beberapa manula mengatakan bahwa mereka sering mendengarkan program radio Guru setiap hari Sabtu. Suara Guru yang merdu serta wejangan-Nya telah memberi mereka penghiburan yang luar biasa.

Perayaan Festival Bulan di Rumah Sakit  Los Gatos Convalescent telah memberi kebahagiaan kepada para manula, staf, dan inisiat. Selama kegiatan ini, semua saudari dan saudara inisiat terinspirasi oleh contoh Guru yang telah mengajarkan mereka untuk menunjukkan kasih serta perhatian kepada orang lain. Dengan demikian, mereka dapat mengembangkan kesadaran mereka untuk melampaui diri mereka yang kecil, mendorong mereka untuk melihat cahaya dalam diri setiap manusia, serta mengingat sinar bulan yang lembut yang berada dalam diri mereka.