Tanya Jawab Pilihan

Aktifkan Kekuatan Ilahi Anda dan
Nikmati Berkah Surgawi di Atas Bumi

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Singapura,
26 April 1997 (Asal dalam bahasa Inggris) DVD #603

T: Bagaimana cara mengatasi pikiran yang kacau saat kita sedang bermeditasi?

G: Ketika suatu pikiran yang mengganggu muncul selama meditasi, jika Anda menyadarinya, maka segera lupakan. Lupakan pikiran dan lanjutkan dengan Nama Suci.

Kita harus berlatih; segala sesuatu memerlukan latihan. Karena di dekat pusat otak kita ada sebuah titik yang merupakan pusat dari segala kecerdasan, kebahagiaan, dan berkah. Jika kita berhubungan dengan pusat itu melalui keinginan dan pikiran kita, maka itu akan mengaktifkan segalanya.

Berdoalah mengenai hal ini setiap saat. Sebelum Anda meditasi, jika itu terlalu sulit bagi Anda, berdoalah dengan singkat dan katakanlah, “Guru, tolonglah muncul. Tolong! Saya ingin mengenal Anda.“ Berdoalah kepada Guru Batin Anda, bukan kepada Maha Guru Ching Hai. Karena kita semua mempunyai titik itu; kita semua mempunyai Guru yang tak kelihatan di dalam diri kita. Itulah Jati Diri kita. Bangkitkan dengan usaha yang tulus dan pikiran yang penuh kasih. Kita ingin mengetahui diri kita; kita ingin menjadi lebih baik; kita ingin seperti Tuhan; kita ingin mempunyai kualitas yang mulia. Kita menginginkannya sehingga kita dapat berdoa, “Tolong bantulah saya mengenali Guru.“ Anda dapat memanggilnya Jati Diri, Guru, Buddha, Tuhan; Anda ingin menyebutnya apa pun, tidak masalah. Tetapi panggillah kuasa itu, Jati Diri Anda, Rumah sejati dari semua jiwa, maka itu akan datang.

Jangan lupa untuk berdoa, tetapi berdoalah sekejap saja; jangan terikat padanya dan duduk di sana lalu berdoa sepanjang malam! Sebab tujuan kita bukanlah untuk berdoa; tetapi untuk mengenali Jati Diri kita. Tetapi, jika kita terlalu lemah, kita haruslah berdoa kepada Jati Diri untuk muncul. Itu benar-benar membantu. Jadi, jika perlu, berdoalah pada Jati Diri dan kemudian berkonsentrasi lagi.

Ada suatu titik di dalam otak kita yang berisi segala hal yang berada di alam semesta ini, dan tidak ada satu hal pun yang tidak bisa dilakukannya dan tak ada apa pun yang tidak diketahuinya. Itu adalah suatu tempat yang sangat berharga yang dimiliki oleh semua orang. Tuhan memberikannya kepada kita, semua orang sama, maka kita hanya perlu memanggilnya dan mengingatnya setiap hari. Dengan demikian, kita dapat hidup lebih bahagia di dunia ini, dan tentu saja kita akan hidup lebih bahagia setelah kita meninggalkan dunia ini. Ini hanya merupakan sebuah Surga ekstra saat kita masih berada di dunia ini.


Jika tidak, Surga sedang menanti bagi mereka yang tulus, bagi mereka yang tidak mendambakan keduniawian; jadi, janganlah khawatir. Jika Anda menjalankan Sila dan berusaha yang terbaik, Surga sedang menanti Anda, tak peduli apakah Anda mempunyai pengalaman spiritual atau tidak. Jika kita mempunyai pengalaman, itu jauh lebih baik untuk kita. Kita merasa terisi kembali setelah itu. Itu terasa seperti arus listrik kecil yang mengalir melalui kawat; Anda hanya merasakan hangat. Anda merasa tidak menginginkan apa-apa lagi di dunia ini; Anda hanya merasakan begitu terpenuhi dalam diri Anda.