Tanya Jawab Pilihan

 

 

 

 

 

 


Meditasi untuk Menerima Jawaban atas Doa-doa

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Video dengan para murid di Helsinki, Finlandia,
16 Februari 2003 (Asal dalam bahasa Inggris)

T:  Sebagai tambahan untuk meditasi kita, apakah kita juga perlu berdoa, dan seperti apa?

G: Ya. Saat Anda merasakan dorongan untuk berdoa, Anda dapat melakukannya, sebab pada saat itu Anda begitu tulus dan doa adalah ungkapan dari permohonan diri Anda kepada Tuhan. Akan tetapi, Anda harus tetap bermeditasi untuk menerima jawabannya. Jadi Anda boleh berdoa, tetapi meditasi adalah suatu keharusan. Seperti halnya jika saya berbicara dengan Anda, Anda harus mendengar untuk menerima jawabannya.

Menemukan Luasnya Kesadaran
Melalui Meditasi

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Video dengan para murid di Helsinki, Finlandia,
16 Februari 2003 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Apa arti dari memperluas kesadaran? Apa tujuannya dan bagaimana kita dapat memperluas kesadaran kita kecuali melalui meditasi?

G: Ketika kita bermeditasi, kita pergi ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi dan lebih tinggi. Dengan cara ini, kita secara otomatis memperluas kesadaran kita, tetapi itu bukanlah berarti kesadaran kita yang diperluas, itu hanyalah saat dimana kita belajar dan mengenali lebih banyak tentang kesadaran kita sendiri, yang begitu luas dan besar. Dan ini memungkinkan kita untuk melakukan apa pun yang kita sukai: mengalami keajaiban, memperkuat hidup kita, dan lebih tercerahkan serta cerdas.

 

 

Bentuk Lain dari Kasih Tak Bersyarat

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Video dengan para murid di Helsinki, Finlandia,
16 Februari 2003 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Apa itu kasih tanpa syarat? Bisakah Anda memberikan kami contoh? Dan bagaimana mungkin kita memperluas kasih tanpa syarat kita ke semua orang?

G: Itu sebuah pertanyaan yang sangat bagus. Pada umumnya, kasih yang kita berikan memiliki pamrih, tetapi saat kita mencapai suatu tingkat kesadaran yang lebih tinggi, kita secara otomatis mengasihi semua orang. Setelah itu, kita dapat membantu semua orang semampu kita secara bawah sadar, tanpa memikirkan tentang itu, tanpa orang memintanya, dan tentu saja tanpa mengharapkan pamrih.

Jadi, Anda telah berlatih kasih tanpa syarat, sebagai contoh, pada waktu terjadi suatu bencana atau ada beberapa orang fakir miskin atau tunawisma maka Anda kemudian mengikuti perintah saya untuk keluar membantu mereka, tanpa mengenal siapa mereka, dan tanpa mereka mengenal siapa diri Anda, atau tanpa mengetahui balasan yang akan diterima. Itu hanya semata untuk kesenangan melayani orang-orang. Itu adalah semacam kasih tanpa syarat, yang bersifat fisik.

Jenis kasih tanpa syarat yang lain adalah ketika Anda sedang bermeditasi, atau mengikuti meditasi kelompok, atau berbagi berita gembira dari Kerajaan Tuhan dengan orang-orang yang memerlukan berita itu. Itu juga sejenis kasih tanpa syarat karena Anda tidak mendapatkan balasan, bukannya Anda mengharapkan balasan, tetapi Anda melakukannya hanya berdasarkan kasih. Dan itu semacam  kasih tanpa syarat. Jenis kasih tanpa syarat yang kedua ini, yakni, berbagi latihan rohani atau mungkin berdoa untuk orang lain yang sedang membutuhkan dan bermeditasi untuk perdamaian dunia adalah suatu bentuk kasih tanpa syarat yang lebih tinggi dibandingkan pelayanan fisik lainnya. Dan Anda sudah melakukannya.