Tanya Jawab Pilihan

Menjadi Sehat di Semua Aspek Kehidupan, Memperkecil Penderitaan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Video dengan para inisiat di Center Indiana, AS, 1 September 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video #753

T: Pertanyaan saya mengenai penyakit fisik: Apakah mereka merupakan ujian atau pelajaran yang harus kita lalui?

G: Semua itu karma, tetapi kita dapat memperkecilnya. Pertama, berlatihlah rohani: berhubungan dengan daya penyembuh setiap hari. Kedua, jalanilah sebuah gaya hidup yang sehat. Ketiga, berbahagialah setiap saat dan lihatlah aspek positif dari semua hal. Keempat, berdoalah dan bermeditasi lebih banyak setiap hari untuk memperkuat fisik, emosional, mental, dan rohani kita. Anda harus hidup sehat. Dan diet vegetarian adalah diet yang paling sehat. Itu membantu.

 

Politik dan Latihan Rohani

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Video dengan inisiat di Singapura,
11 Agustus 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video #745

T: Mengapa para pemimpin negara dan orang-orang yang telah mencapai keberhasilan di dunia tidak menjalankan latihan rohani? Dan kenapa para praktisi rohani yang agung tidak berhasil dalam karir politik?

G: Mungkin para pemimpin negara menjalankan latihan rohani dengan cara mereka sendiri, tapi secara tidak terbuka. Tidak semua dari mereka melakukan hal ini, tentu saja, tetapi beberapa di antara mereka melakukannya hanya saja mereka tidak ingin mengumumkannya. Jadi, kita tidak tahu. Oleh sebab itu, jika Anda melihat ada presiden, menteri, atau perdana menteri yang baik, Anda harus menyadari bahwa mungkin mereka secara pribadi menjalankan suatu macam latihan rohani.

Dan mengenai pertanyaan kedua tentang kenapa orang-orang spiritual tidak berhasil dalam bidang politik, kemungkinannya karena orang-orang spiritual tidak terlalu peduli tentang prestasi politik. Apakah Anda peduli? Apakah Anda ingin menjadi Perdana Menteri Singapura? Anda bisa mencobanya! (T: Tidak!) Lihatlah, Anda berkata, “Tidak!” Jadi, bagaimana Anda bisa berhasil jika Anda tidak menginginkannya? Orang spiritual bisa berhasil dalam segala hal yang ia kerjakan, hanya saja kebanyakan dari kita tidak menginginkannya. Kita bahagia di mana pun kita berada dan kita lakukan apa pun yang telah ditugaskan kepada kita.

Sama halnya, boleh jadi beberapa politikus telah berada dalam posisi mereka, meskipun begitu, mereka pergi keluar dan mencoba menemukan suatu cara untuk berlatih rohani. Jadi, mereka tetap menjadi politikus dan berlatih kerohanian pada saat yang sama dan kemungkinan Anda tidak mengetahuinya.

Jadi, baik-baik saja. Kita tidak harus berhasil dalam politik, tapi kita bisa kalau kita menginginkannya. Hanya saja, setelah berlatih sebuah metode rohani, kebanyakan dari kita tidak ingin terlibat dalam urusan politik. Berada di ajang politik amatlah sulit, pekerjaan yang berat. Pekerjaan ini penuh persaingan, dan Anda harus benar-benar berusaha di luar sana agar dapat memperoleh posisi yang Anda inginkan. Adakalanya, bila seseorang merupakan seorang politikus yang baik, ia tidak harus menggunakan trik-trik apa pun. Tapi beberapa politikus yang tidak baik harus memakai trik-trik agar bisa memperoleh posisi yang tinggi. Oleh sebab itu, kebanyakan praktisi tidak ingin terjun ke tempat seperti itu karena mereka puas di dalam diri mereka sendiri dan melakukan apa pun yang perlu hanya sekedar untuk bertahan hidup dan melanjutkan latihan rohani mereka. Bukannya mereka tidak bisa berhasil; ini terutama karena mereka tidak menginginkannya saja.

Jadikan Hidup Anda Suatu Meditasi

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Video dengan inisiat di Hamburg, Jerman,
6 Oktober 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Guru, bisakah Guru memberitahu saya, berapa lama saya harus bermeditasi setiap harinya untuk mencapai pencerahan dalam kehidupan kali ini?

G: Anda telah tercerahkan; hanya saja yang Anda maksudkan adalah pencerahan sempurna. Itu tergantung pada usaha Anda sendiri. Saya tahu bahwa Anda ingin cepat menjadi seorang Buddha dan itu bisa dimengerti, tapi semakin besar keinginan Anda, semakin kecil Anda bisa memusatkan perhatian pada tujuan sejati Anda. Jadi, persoalannya demikian. Andaikan saya memberitahu Anda, “Jika Anda bermeditasi empat jam sehari atau bahkan sepuluh jam sehari, Anda akan mencapai pencerahan sempurna pada usia enam puluh tahun,” itu tidak akan menjadi kenyataan karena mungkin saja selama empat jam atau sepuluh jam tersebut, separuh dari waktu tersebut Anda tertidur, atau seseorang mengganggu Anda, atau Anda merasa letih dan Anda benar-benar tidak dapat berkonsentrasi penuh. Jadi, ini bukan tentang berapa banyak waktu yang Anda curahkan, tapi tentang seberapa banyak konsentrasi yang Anda miliki.

Pertanyaan Anda menyangkut banyak orang, tetapi nikmati saja. Kenapa tergesa-gesa? Nikmati diri Anda dalam perjalanan, nikmati perjalanan, perjalanan menuju Surga; nikmati banyak hal lainnya dan  jangan pikirkan masa depan dan masa lalu. Pikirkan saja masa sekarang.

Setiap hari lakukan pekerjaan Anda dengan baik. Itu juga semacam meditasi. Setiap hari perlakukan orang sebagaimana mereka seharusnya diperlakukan, sebagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang lain. Itulah meditasi. Setiap hari bantulah seseorang yang membutuhkan dan perlihatkan cinta-kasih serta simpati Anda kepada seseorang yang sedang kesusahan. Itulah meditasi. Semuanya diperhitungkan.

Jadikan seluruh hidup Anda suatu meditasi, lalu seluruh hidup menjadi suatu proses pencerahan. Bukan pencerahan; melainkan proses pencerahan itu sendiri. Itu hal yang indah. Jangan cepat-cepat meninggalkan kami. Misalkan Anda memperoleh pencerahan dan karma Anda habis. Lalu Anda mati dan kami menangis dan begitu kehilangan Anda. Apa yang harus kami lakukan? Jika setiap orang seperti Anda dan tidak ada center lagi lalu dengan siapakah saya berbicara sekarang ini? [Guru tertawa]