Tanya Jawab Pilihan

Meditasi adalah Alat Pembersih yang Kuat

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Video dengan inisiat dari Center San Jose, Kosta Rika,
28 September 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Selama kehidupan vegetarisme kita, jika kita membutuhkan transfusi darah dari orang pemakan daging dan meneruskan latihan, seberapa besar itu akan mempengaruhi proses peningkatan rohani kita?

G: Jika Anda harus menjalani operasi gawat darurat, atau mengalami situasi darurat dimana Anda harus mendapatkan transfusi darah, lakukan saja, lalu berlatihlah lebih banyak. Dengan demikian, Anda akan membersihkan sedikit darah yang Anda terima. Lagi pula, tubuh kita terus berubah dan membersihkan diri sepanjang waktu sehingga transfusi sedikit darah akan dikeluarkan dari tubuh kita dalam waktu yang singkat dan digantikan dengan jenis darah vegetarian yang lebih murni. Jadi, jangan terlalu khawatir. Ketika Anda menerima transfusi sedikit darah dari seseorang yang makan daging, maka orang dan binatang yang memberikan daging tersebut akan mendapat pahala dari Anda dan itu juga baik. Ya, meditasi bisa membersihkan segala sesuatu. Lagi pula, itu hanya  untuk jangka pendek saja sehingga Anda dapat menghilangkannya dengan segera; jangan khawatir.

 

 

 

Penyakit Meningkatkan Kerinduan Seseorang akan Pencerahan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Video dengan inisiat di Hamburg, Jerman,
6 Oktober 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Penyakit pada tubuh saya telah menciptakan banyak rintangan dalam perjalanan rohani saya. Di sisi lain, penyakit seperti ini membuat saya memahami banyak hal. Jadi, apakah itu baik untuk latihan rohani saya?

G: Ya, itu baik, supaya Anda memahami tentang hakikat dari keberadaan manusia yang fana di dunia ini, lalu itu akan mendorong Anda untuk mendapatkan pencerahan. Jadi, usahakan yang terbaik untuk bermeditasi lebih banyak, karena semakin banyak Anda bermeditasi, semakin sedikit penyakit yang akan Anda miliki dan akan semakin santai dan bahagia Anda jadinya. Semakin Anda santai dan bahagia, akan semakin cepat tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri. Meditasi adalah obat Anda. Lakukan itu.