Tanya Jawab Pilihan

Tuhan Memberkati Kita Ketika Kita Membantu Orang Lain

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Video dengan inisiat dari Center Vienna, Austria,
7 September 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video #753

T: Saya bekerja sebagai seorang perawat di panti jompo. Makanan di sana sebagian besar terdiri dari daging, dan saya harus membagikannya kepada para penghuni panti dan kadang menyuapi mereka. Saya juga memakaikan baju dan membantu mereka menjaga kebersihan tubuh sehingga saya selalu mengadakan kontak fisik dalam jarak dekat dengan mereka. Pertanyaan saya adalah: Apakah kontak fisik yang terus-menerus dengan para manula ini merupakan suatu halangan bagi kemajuan rohani saya?

G: Tidak, tidak, tidak! Anda membantu mereka, dengan demikian Tuhan memberkati Anda. Kenapa itu harus menjadi suatu halangan? Anda hanya memberikan makanan kepada mereka. Anda hanya bekerja di sana. Pusatkan perhatian pada kebahagiaan dan kesehatan mereka saja, bukan pada diri Anda, dengan begitu Anda akan diberkati. Kita berada di sini untuk menolong orang lain. Anda tidak boleh selalu merasa khawatir dan merasa tidak boleh melakukan ini atau itu, kecuali jika Anda ingin kabur ke Himalaya dan tidak melakukan apa-apa. Itu sah-sah saja.

Bergembiralah! Bergembiralah bahwa Anda masih bisa menolong mereka dan Anda bukan salah satu dari mereka. Anda harus berterima kasih kepada Tuhan atas berkah tersebut dan berusahalah sekuat-kuatnya untuk membawa kebahagiaan serta perasaan riang bagi mereka, orang-orang yang dihormati ini. Mereka adalah orang tua dan kakek-nenek Anda. Berusahalah sekuat-kuatnya. Kasihilah, berbaik hatilah, lakukan tugas Anda dengan baik dan Tuhan akan memberkati Anda. Lafalkan Lima Nama sepanjang waktu dan Anda tidak akan mendapat masalah. Bukan saja Anda tidak akan mendapat masalah, tetapi Anda juga akan memberkati mereka.

Dengarkan Bimbingan Hati Nurani Anda untuk Menghindari Kesalahan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi video dengan inisiat di Center Jakarta, Indonesia,
6 Oktober 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)


T: Guru yang baik, terima kasih atas cinta serta berkah Guru. Saya benar-benar ingin tahu bagaimana supaya kita bisa menyerahkan diri kepada kehendak Tuhan. Kebanyakan saya merasa bahwa pikiran jasmani saya yang memutuskan sesuatu, oleh sebab itu saya sering merasa kecewa.

G: Kita semua demikian. Kita semua berbuat kesalahan hingga kita mempelajari cara yang lebih baik. Kita boleh saja berbuat salah, tetapi usahakanlah bermeditasi lebih banyak dan dengarkan bimbingan hati nurani Anda, jangan terpengaruh orang luar. Setiap orang harus belajar. Jangan khawatir.