Tanya Jawab Pilihan

Pergilah Tidur dalam Keadaan Meditatif

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi video dengan inisiat di Center Boston, MA, Amerika Serikat,
28 September 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Pertanyaan saya adalah: Apakah mungkin kita bisa terus bermeditasi saat kita sedang tidur?

G: Ya, tentu saja, itu mungkin. Sering kali  kita bermeditasi saat kita sedang tidur, karena di siang hari, berapa banyak waktu yang Anda berikan untuk saya? Tidak ada! (Penonton tertawa). Satu jam dan Anda tidur selama tiga perempat waktu tersebut. Jadi, itulah sebabnya kenapa saya menyuruh Anda untuk bermeditasi sebelum tidur. Saat Anda ingin tidur, bermeditasilah sedikit lagi, lalu secara perlahan-lahan Anda berbaring tidur dalam keadaan meditatif tersebut. Dengan demikian, sepanjang malam Anda berada dalam keadaan meditasi. Itulah waktu terbanyak yang Anda miliki  (Penonton tertawa). Ya, Anda naik ke tempat-tempat yang tertinggi.

Anda pergi ke tempat-tempat yang lebih tinggi dan melakukan hal-hal yang paling mengagumkan saat Anda tidur, ketika Anda sama sekali tidak mendapat gangguan dari pikiran. Anda benar-benar berada dalam kedamaian, dan Guru bisa membawa Anda ke mana pun dan mengajari Anda apa pun. Itulah sebabnya Anda maju amat pesat meskipun kualitas meditasi Anda sangat payah!  Maksud saya bukan itu. Anda melakukannya dengan baik. Tapi kita bermeditasi sangat sedikit dibandingkan dengan kemajuan yang kita buat karena selama tidur Guru membawa kita berkeliling dan mengajari kita banyak hal.


Kehendak Bebas Paling Baik Dilatih Selama Kontemplasi

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi video dengan inisiat di Center San Jose,  Kosta Rika,
28 September 2002 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Segala sesuatu dalam kehidupan ini adalah karma. Kapankah kehendak bebas berlaku?

G: Kehendak bebas terjadi selama kontemplasi. Itulah waktu terbaik untuk melatih kehendak bebas Anda. Waktu lain di luar itu hanya menimbulkan lebih banyak masalah, lebih banyak karma.

 


Menjadi Pendengar yang Baik Bisa Menjadi Bantuan yang Besar bagi Orang Lain

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi video dengan murid-murid di Helsinki, Finlandia,
16 Februari 2003 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Bagaimana kita bisa menolong orang lain, misalnya menolong mereka yang bukan sanak keluarga kita? Dan bagaimana kita bisa menolong mereka apabila perasaan mereka sedang terluka?

G: Anda bisa berbicara atau mendengarkan penderitaan mereka. Dengarkan; pertama-tama jadilah pendengar yang baik. Dengan hanya menjadi pendengar yang baik, adakalanya sudah banyak membantu, karena kebanyakan orang yang merasa kesusahan hanya ingin berbagi perasaan mereka saja. Mereka ingin seseorang tahu betapa sakitnya derita yang mereka alami pada waktu itu. Jadi, dengan mendengarkan, Anda telah memberikan banyak penghiburan kepada mereka.

Jika mereka meminta nasihat kepada Anda, berikan yang terbaik sesuai pengetahuan Anda untuk membantu mereka. Atau bantu mereka dengan cara yang lain, seperti membantu mereka dalam beberapa hal yang bersifat fisik atau mengerjakan keperluan yang mereka minta pada waktu itu. Lakukan sebanyak yang Anda bisa, tetapi masih dalam batasan Sila-Sila.