Laporan dari Korea

Pendekatan dengan Berbagai Cara
untuk Mengembangkan Diet Penuh Kasih


Oleh Grup Berita Seoul dan Busan (Asal dalam bahasa Korea)

[Seoul/Busan] Setelah menerima instruksi Guru untuk mempromosikan selebaran “Hidup dengan Cara Berbeda,” rekan-rekan inisiat Korea segera mencetak 970.000 kopi selebaran yang distribusikan dengan berbagai cara di sekitar Korea dalam jangka waktu dua bulan.

Selama musim Tahun Baru Imlek, beberapa inisiat menyebarkan selebaran kepada orang-orang dalam perjalanan pulang liburan di stasiun kereta api dan terminal bus ekspres. Rekan-rekan lainnya setiap hari terus membagikan selebaran sewaktu dalam perjalanan pulang kerja dan di sekitar lokasi kediaman mereka.

Di Busan, inisiat setempat berbicara dengan seorang pejabat dari Perusahaan Jembatan Layang Korea untuk menyebarkan selebaran tersebut di gerbang jalan tol, dan setelah mempelajari isi selebaran tersebut yang bukan merupakan selebaran komersial dan hanya berisi promosi untuk hidup sehat, maka pejabat itu menyetujuinya.

”Hidup dengan Cara Berbeda” dan ”Peraih Nobel dan Ilmuwan Vegetarian” ditempel di 250 kereta bawah tanah

Selain itu, para inisiat yang terlibat dalam penjualan online menaruh salinan selebaran ke dalam paket mail order yang mereka kirimkan. Rekan-rekan sepelatihan yang berprofesi sebagai guru menaruh selebaran itu di majalah dinding sekolah, dan saudari-saudari sepelatihan yang merupakan ibu rumah tangga membagikan selebaran di pusat perbelanjaan dan lokasi pameran dan membentuk kelompok-kelompok yang tiap-tiap hari secara bergiliran melakukan distribusi di stasiun metro.

Saat membagikan selebaran, para saudari dan saudara banyak mendapat pengalaman yang menarik. Sebagai contoh, anak-anak kecil merasa senang dengan gambar binatang di selebaran; dan orang-orang dewasa dengan senang menanggapi pesan yang segar dan penuh kasih. Beberapa orang dari mereka menanyakan kelompok yang bertanggung jawab memproduksikan selebaran ini dan mencari informasi mengenai Guru dan Metode Quan Yin. Karena itu, para inisiat pun mulai membagikan buku contoh beserta pamflet kepada orang-orang yang menanyakan hal itu.

Alat komunikasi efektif lainnya yang dipakai oleh inisiat adalah Internet. Mereka memasukkan gambar selebarannya ke dalam situs web, blog, dan komunitas online. Inisiat bahkan mengenalkan isinya ke buletin Blue House, kantor eksekutif dan tempat tinggal resmi Presiden Republik Korea, serta Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Korea.


Sampel makanan vegetarian gratis

Selain itu, berkat ide cemerlang inisiat untuk mengisi halaman kosong selebaran dengan daftar “Penerima Hadiah Nobel dan Ilmuwan Vegetarian”, maka informasi tersebut dicetak di halaman belakang selebaran untuk menarik orang-orang Korea yang sangat menekankan pendidikan anaknya. Sebagai contoh, Park Seo-Young, presiden dari Yayasan Muda Yook dan juga anak dari mantan presiden Korea, yang memulai Pusat Anak-Anak di Seoul pada tahun 1970, setelah melihat selebaran “Hidup dengan Cara Berbeda”, merasa isinya sangat informatif dan mengatakan bahwa dia akan menyebarkan selebaran itu kepada 600 anak di yayasannya.

Di samping itu, pada tanggal 26 Januari, sekelompok saudari-saudara Seoul pergi ke pusat kota Seoul untuk menyebarkan ajaran Guru tentang “Hidup dengan Cara Berbeda” di pertemuan yang berhubungan dengan Vegetarian. Mereka memasang banyak spanduk besar yang menjelaskan berbagai alasan mengapa harus menjadi vegetarian, serta poster yang berisi “Para Penerima Nobel dan Ilmuwan Vegetarian” dan “Hidup dengan Cara Berbeda.” Para saudari-saudara juga menawarkan berbagai makanan lezat yang berisi daging kedelai kepada khalayak umum sehingga para pemakan daging dapat merasakan suatu pilihan lain selain diet standar mereka. Beberapa orang merasa itu adalah daging asli, akan tapi setelah menemukan bahwa itu dibuat dari kacang kedelai, mereka sangat kaget dan sangat menikmatinya. Misalnya, seorang pria mengatakan “Saya menyukai diet vegetarian, tapi kadang kala saya memakan daging hanya untuk mendapatkan protein.” Setelah mempelajari bahwa protein kacang kedelai cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, dia menyadari bahwa itu sangat bagus untuk dirinya.

Komentar lainnya berasal dari salah seorang wanita karir setempat. ”Saya kira itu ayam sungguhan. Rasanya sangat lezat dan membuat orang menyukainya. Makan daging itu tidak bagus karena mengandung kolesterol tinggi. Makanan ini sangat baik karena proteinnya berasal dari kacang kedelai. Ini adalah suatu perbuatan yang sangat baik untuk dilakukan. Terima kasih atas inisiatif ini. Saya mempunyai sebuah toko di Stasiun Yongsan dengan tingkat keramaian yang tinggi. Saya mengundang kalian untuk datang ke toko saya untuk mengiklankan makanan yang lezat ini ke orang-orang. Ini sangat baik untuk kesehatan.”

Para inisiat melakukan pertunjukan dengan kostum binatang yang lucu untuk menarik orang-orang yang lewat.

Karena “Hidup dengan Cara Berbeda” adalah sebuah proyek yang berkesinambungan, maka Center Seoul membeli kostum lucu berbentuk anjing, babi, ayam, dan sapi. Para inisiat memakainya untuk menarik perhatian orang yang lewat. Mereka yang menyukai binatang akan datang mendekat dan mengatakan “Halo”. Hal ini secara alamiah membuat mereka menjadi tertarik dengan kampanye vegetarian. Rekan-rekan inisiat yang mengenakan kostum juga memberikan ceramah kepada khalayak umum tentang mengapa kita harus bervegetarian; mereka juga melakukan pertunjukan yang menggambarkan penderitaan binatang dan mengapa seseorang harus menjadi vegetarian.

Anak-anak dengan riang berpose dengan karakter binatang.

Selanjutnya, dengan pengaturan Guru yang luar biasa, seorang saudari-inisiat dari Mongolia yang telah menjadi seorang penyanyi terkenal mengunjungi Seoul dan menyanyikan banyak lagu dalam bahasa Inggris dan Mongolia selama kampanye berlangsung. Alunan musiknya membuat suasana menjadi begitu ceria dan menarik perhatian banyak orang serta membuat mereka menjadi semakin tertarik kepada cita-cita “Hidup dengan Cara Berbeda”.

Demikianlah, para inisiat Korea melakukan banyak cara untuk menyebarkan selebaran “Hidup dengan Cara Berbeda” tentang pentingnya gaya hidup vegetarian dan terus bekerja dengan giat untuk menyadarkan masyarakat supaya lebih menghargai segala bentuk kehidupan.

 


  <<
Beritahu teman tentang artikel ini