Laporan dari  Malaysia

Cita-Cita ‘Hidup dengan Cara Berbeda’
Mendapat Sambutan

Oleh Grup Berita Penang

[Penang] Untuk menanggapi permintaan Guru yang penuh kasih untuk berbagi pengetahuan mengenai gaya hidup vegetarian yang menyehatkan dengan semua orang; pada bulan Februari 2006 rekan-rekan inisiat dari Center Penang, Malaysia mulai membagikan selebaran “Hidup dengan Cara Berbeda” secara individu maupun kelompok.

Penang adalah sebuah kota metropolis dengan beragam budaya dan sebagian besar penduduknya berasal dari ras Cina dan India. Penduduknya telah mengembangkan sikap keislaman yang bertoleransi terhadap keragaman budaya tersebut. Dalam suasana yang santai, para inisiat pergi ke area kota yang tinggi populasinya dengan membawa selebaran-selebaran yang dicetak dalam bahasa Melayu, Cina, dan Inggris. Ketiga bahasa tersebut merupakan bahasa mayoritas dari penduduk Malaysia.

Di samping membagikan selebaran di pusat perbelanjaan dan toko-toko kecil, para saudara dan saudari juga mengunjungi Rumah Sakit Umum Penang. Orang-orang di sana secara keseluruhan tampak berminat untuk berganti menjadi vegetarian. Sewaktu membagikan selebaran, para inisiat memperoleh pengalaman luar biasa dari para pasien, dokter, dan juru rawat; karena sekitar seratus selebaran yang berisi “Hidup dengan Cara Berbeda” ini langsung diterima oleh pikiran dan hati mereka dalam waktu dua puluh menit. Terlebih lagi, banyak orang yang mengacungkan jempol dan menandakan setuju dengan isinya. Juga, salah satu dokter yang sudah bervegetarian dengan senang melihat pesan selebaran tersebut sambil berkata, ”Ini harus dipromosikan lebih banyak dan banyak lagi. Kalian harus membanjiri rumah sakit dengan informasi yang mencerahkan ini!”

Kemudian, pada tanggal 10 dan 11 Februari, sekitar seminggu setelah perayaan Tahun Baru Imlek selesai, diadakan Festival Vegetarian Hindu Tahunan Thaipusam. Selama perayaan ini, ada sekitar 600.000 ribu umat dan turis yang berkumpul di area Penang yang dikenal sebagai Air Terjun Georgetown untuk merayakan atau melihat perayaan Thaipusam. Sepanjang jalan menuju area, jalan-jalan dipadati dengan arus manusia sehingga arus kendaraan pun ditutup. Di pinggir jalan terdapat deretan “pandals” atau warung sementara yang menyediakan minuman segar dan makanan vegetarian murni secara gratis.

Selama acara, para inisiat membagikan tidak terhitung banyaknya selebaran di pusat perayaan, dengan harapan dapat menjangkau sebanyak mungkin rekan–rekan senegara mereka yang mempunyai pikiran yang terbuka dan mempunyai potensi untuk beralih menjadi vegetarian selamanya sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kondisi umat manusia dan makhluk hidup lainnya di dunia binatang.

 


 <<
Beritahu teman tentang artikel ini