Tanya Jawab Pilihan


Latihan Rohani adalah Jalan Utama
untuk Melestarikan Planet Ini

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, New York, Amerika Serikat,
4 Agustus 1999 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video #664

T: Saya ingin tahu, apakah ada cara lain yang dapat kita lakukan selain meditasi untuk menciptakan dunia ini menjadi sebuah tempat yang lebih baik. Bagaimanapun, kita hidup di sini dan kita semua peduli terhadap planet ini.

G: Itu benar, Saya sangat tersentuh bahwa Anda peduli. Anggota PBB seharusnya peduli seperti itu.  Saya tidak tahu apakah semua di antara mereka peduli, akan tetapi sangat menggembirakan jika Anda peduli.

Jadi, apa yang dapat kita lakukan? Saya telah melakukan sesuatu yang terbaik menurut diri saya, akan tetapi saya sudah bertambah tua (tertawa) dan suara saya kurang jelas, jadi tidak terlalu banyak orang yang mendengarkannya. Itu tidak masalah; kita hanya melakukan suatu hal pada suatu waktu. Anda mungkin dapat memberikan ceramah lebih banyak dan meningkatkan kesadaran orang-orang di planet ini.  Ya, Anda hanya dapat melakukannya sampai batas itu saja. Itu membantu untuk sementara waktu, akan tetapi rasa antusias, perhatian, dan rasa takut akan bencana yang mungkin menghampiri orang-orang lambat laun akan hilang dan segalanya harus dimulai lagi dan kita harus melakukannya lagi dan lagi.

Intinya adalah bahwa para pemimpin dari banyak negara seharusnya bergabung.  Mereka juga seharusnya mendukung latihan rohani; akan tetapi kebanyakan sekolah dan sistem pemerintahan di planet ini semuanya berkenaan dengan pengendalian, kenyamanan materi, dan distribusi.  Dan mereka bahkan tidak melakukan pekerjaan itu dengan baik!  Banyak negara yang terlalu miskin, dan banyak negara yang terlalu kaya. Banyak negara yang memiliki terlalu sedikit, sementara banyak negara yang memiliki terlalu banyak, dan sebagainya.  Jadi, bahkan hal-hal materi seperti ini tidak didistribusikan dengan baik.

Akan tetapi, hal ini dapat tertolong jika orang-orang menjadi lebih spiritual. Dengan begitu, semua orang akan sadar dari dalam dan akan melakukannya dengan alami, sehingga kita bahkan tidak harus mengatakan kepada siapa pun tentang apa yang harus dilakukan.  Tetapi, kebanyakan sistem politik hanya menekankan pelaksanaan hukum, kebutuhan materi, atau berbagai perhitungan matematika; dan hal ini sebagian besar menyangkut aspek fisik.  Jadi, ketika kelompok kecil seperti kita atau yang lain seperti saya, Anda, atau siapa pun dari kita berupaya secara individu, maka kita hanya merasa seperti sebuah minoritas di planet ini. Akan tetapi, jika pemerintah dari seluruh negara mengetahui manfaat dari kekuatan rohani, maka kita semua dapat melakukannya lebih baik. Itulah arti sesungguhnya dari memerintah, jadi ini juga harus ditekankan.

T: Ketika mereka melihat pada masalah di dunia ini, aspek spiritual seharusnya juga termasuk.

G: Ya, karena aspek rohani adalah akar penyelesaian dari kebanyakan masalah.  Pemerintah-pemerintah sedang berusaha keras. Mereka melakukan yang terbaik, akan tetapi mereka menyiram tanaman pada daunnya. Itu dapat membantu sedikit, akan tetapi menyiram pada akarnya adalah hal paling penting dan cara yang paling efisien dalam melakukan sesuatu.  Jadi, Anda dapat pergi berkeliling dan mengatakan kepada semua presiden, "Hai, bangun! Lakukan sesuatu: Meditasi!"

Sejak dahulu kala, kita tersangkut dengan hal ini. Akan tetapi, setidaknya individu-individu seperti Anda, saya, dan beberapa yang lain sedang melakukan sebuah upaya; kita sedang melakukan sesuatu. Dan itu membantu. Jika tidak, maka keadaan akan menjadi lebih buruk. Jika kita tidak kuat dengan latihan rohani kita, maka dunia kita akan memiliki berkah yang lebih sedikit. Mungkin planet kita sudah lenyap beberapa tahun yang lalu. Atau perang dapat terus terjadi pada skala yang lebih besar dan menjadi perang dunia. Itu dapat terjadi. 

 


  <<
Beritahu teman
tentang artikel ini