Gaya Hidup Zaman Keemasan

♥ ♥ ♥ ♥ ♥

Sebuah Kota Kecil
Memberikan Teladan Besar Dalam Menjaga Lingkungan Hidup

 

Oleh Grup Berita Irlandia (Asal dalam bahasa Inggris)

Kota Kinsale, sebuah kota peristirahatan yang seindah lukisan terbentang di antara bukit-bukit dan garis pantai di sebelah barat daya Irlandia. Kota ini mempunyai jalan yang simpang siur, sempit, dan hanya berubah sedikit baru-baru ini saja.

Pada tahun 2005, sebuah perguruan tinggi setempat membuat sebuah rencana pelestarian untuk kota ini. Rencana tersebut mendapat pengakuan internasional sebagai salah satu rencana yang pertama kali dalam rencana-rencana serupa yang melibatkan keseluruhan kota. Pelaksanaan rencana ini dimulai dengan sebuah konferensi kota, dan didukung oleh dewan kota yang mendapatkan dukungan yang luar biasa besar.

Tujuannya adalah secara perlahan-lahan mengurangi ketergantungan pada produk-produk minyak bumi, dan meningkatkan penggunaan bahan alternatif yang berkelanjutan. Beberapa inisiatifnya:

* Menggunakan sumber energi yang dapat diperbarui, baik untuk pembangkit listrik maupun panas, dan lebih banyak memakai bahan-bahan bangunan yang alami.

* Meningkatkan efisiensi pemakaian energi di rumah-rumah dan bangunan kota, sesuai dengan kesepakatan Kyoto untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

* Membangun sebuah taman bersama untuk menanam dan menyediakan produk-produk organik bagi kota: sayur-sayuran, obat-obatan, dan buah-buahan. Taman akan menjadi pusat pendidikan yang bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Kinsale, selain juga untuk menyediakan makanan-makanan organik segar bagi kota.

* Menyarankan praktik-praktik pelestarian kepada Hotel dan Restoran dengan membuat pupuk dari sisa-sisa makanan dan membeli hasil tanaman organik lokal.

Adam Fenderson dari Energy Bulletin (Buletin Energi), sebuah sumber informasi di Internet yang setiap hari memperbarui informasi tentang perkembangan krisis energi dan solusi yang berkelanjutan, mengatakan seperti ini:"...Kinsale memiliki potensi untuk tumbuh menjadi salah satu cerita tentang Peak Oil (Titik Puncak Minyak Bumi) yang paling positif di dunia dalam waktu dekat. Setelah menyelidiki usulan-usulan solusi yang lain, saya percaya pendekatan yang digunakan Kinsale menawarkan contoh terbaik bagaimana berbagai tantangan yang kita hadapi, jika dihadapi sejak awal dan dengan sikap yang positif, dapat digunakan untuk membayangkan dan menciptakan komunitas setempat yang lebih bersemangat, makmur, dan lestari."

Dalam beberapa bulan terakhir ini, banyak kota lain di Irlandia mulai mengikuti langkah Kinsale untuk bergabung dalam "Powerdown Community Network", sebuah jaringan yang sedang berkembang di mana kota-kota di dalamnya mendedikasikan diri terhadap sumber energi alternatif yang berkelanjutan. Tim Proyek Kinsale juga berkolaborasi dengan para ahli untuk menjalankan proyek-proyek serupa di negara-negara lain seperti Swedia, Amerika Serikat, dan Australia sehingga ide ini dapat berguna dalam menguatkan semangat global yang sedang tumbuh demi menciptakan komunitas dan negara yang berlingkungan lestari dan berkelanjutan.

Perubahan yang positif ini pasti merupakan hasil dari pengangkatan kesadaran rohani planet ini, dan nampaknya terus bertambah cepat dan pertambahannya tidak pernah secepat itu dalam sejarah.

 

Sumber-sumber berguna:
http://www.sustainable.ie/powerdown
http://www.energybulletin.net/
http://www.globalpublicmedia.com
http://www.fuellingthefuture.org/
http://www.localplanet.ie