Kasih dalam Tindakan

Formosa

Mengulurkan Kasih dan Perhatian  terhadap Para Tunawisma
 pada Perayaan Perahu Naga

Disusun oleh Grup Berita Taipei, Formosa (Asal dalam bahasa China)

Sebelum Perayaan Perahu Naga, rekan-rekan inisiat dari Center Taipei mengadakan kegiatan untuk menyampaikan kasih kepada para tunawisma. Mereka menyumbangkan pakaian dan juga mengadakan seminar tentang tubuh, pikiran, dan peningkatan jiwa di Rumah Penampungan Tunawisma Zhonghe dan Rumah Tinggal Sementara Ping An Ju di Kota Taipei. Kegiatan ini mendapatkan banyak tanggapan positif.


Pusat Pelayanan Masyarakat Daerah Zhong Zheng

Pada pagi hari tanggal 26 Mei Tahun Emas 3 (2006), kami mengunjungi Pusat Pelayanan Masyarakat Zhong Zheng yang berada di bawah pengawasan Biro Pelayanan Sosial Pemerintah Kota Taipei, dan menyumbangkan berkotak-kotak pakaian musim panas, handuk, plester, obat merah beralkohol, sepatu kungfu, dan majalah Berita kita kepada para tunawisma. Bingkisan-bingkisan tersebut diterima oleh Pengawas Zhou Zhen-ling dan pekerja sosial Bapak Yang yang mewakili kaum tunawisma. Mereka sangat berterima kasih kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai atas uluran kasih dan perhatiannya kepada para tunawisma yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Setiap kali musim berganti, kawan-kawan tunawisma senantiasa menikmati bingkisan untuk kenyamanan materi dan peningkatan rohani yang diberikan oleh Asosiasi. Para petugas dari Biro Pelayanan Sosial juga menjelaskan bahwa kaum tunawisma paling menyukai sepatu kungfu karena sangat lembut, ringan, dan tahan lama.
 


Pusat Pelayanan Masyarakat Daerah Wanhua

Pada siang hari yang sama, rekan-rekan inisiat mengunjungi Pusat Pelayanan Masyarakat Daerah Wanhua di Kota Taipei, dan membagikan berkotak-kotak pakaian musim panas pria, sabun, handuk, sepatu kungfu, majalah Berita kita dan lain-lainnya kepada para tunawisma. Bingkisan-bingkisan itu diterima oleh pekerja sosial Bapak Zhang Xian-zhong yang mewakili kaum tunawisma. Sesaat sebelum acara serah terima dimulai, seorang tunawisma mendatangi Pusat Pelayanan Masyarakat untuk mandi dan membutuhkan pakaian bersih. Bapak Zhang dengan cermat memerhatikan kebutuhan orang ini, dan segera mencari pakaian dan sepatu yang cocok untuknya dari kotak-kotak yang kami berikan. Tindakannya yang penuh kasih ini bagaikan seorang ayah yang penuh perhatian.

Seminar tentang Tubuh, Pikiran, dan Peningkatan Jiwa di Rumah Penampungan  Tunawisma Zhonghe

 

Pada tanggal 29 Mei, rekan-rekan inisiat menyiapkan berbagai jenis pakaian musim panas, paket hadiah, bingkisan yang diberkati, buku-buku Guru, dan lebih dari 20 jenis makanan vegetarian. Mereka kemudian mengunjungi Rumah Penampungan Zhonghe untuk berbagi keindahan dan kegembiraan Perayaan Perahu Naga dengan para tunawisma. Selama acara serah terima yang sederhana namun khidmat tersebut, Wakil Pengawas dari Rumah Kasih Guang Ci, Bapak Yu zhi-neng, menandatangani tanda terima barang-barang dan memberikan surat penghargaan kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai. Ia sangat berterima kasih kepada Asosiasi atas pemberian barang-barang kebutuhan hidup dan kenyamanan rohani bagi para penghuni di sana selama beberapa tahun terakhir. 
 

Ketika para inisiat selesai menyiapkan semua makanan vegetarian yang lezat, para penghuni rumah penampungan begitu terpesona oleh makanan yang begitu berlimpah dan menarik sehingga mereka bahkan tidak tahu harus memulainya dari mana. Salah satu penghuni pria meneteskan air mata karena dia belum pernah menikmati makanan yang begitu berlimpah. Di siang hari, para inisiat dengan bersemangat memulai acara karaoke yang menarik banyak penghuni untuk bernyanyi dengan sepenuh hati. Bahkan sang pengawas, Bapak Fan, ikut bernyanyi. Setelah itu, kami memutar video ceramah Guru. Setiap orang menonton dan mendengarkannya dengan penuh perhatian.

Pengawas Fan mengatakan kepada kami bahwa dia percaya bahwa Tuhan tidak pernah memakan ternak peliharaan keluarganya. Setelah menonton video Guru, dia memutuskan untuk mengurangi konsumsi daging sejak hari itu. Dia juga menganjurkan setiap orang di sana untuk mengasihi dan melindungi hewan, serta mengembangkan hati yang lebih welas asih. Walaupun Rumah Penampungan itu belum bisa menyediakan makanan vegetarian yang murni, banyak penghuni yang menyatakan keinginan mereka untuk berlatih Metode Kemudahan. Rekan-rekan inisiat kemudian memberikan informasi yang berkaitan dan mendorong mereka untuk berdoa meminta pertolongan kepada Guru agar mereka dapat segera memulai latihan rohani dan mencapai pembebasan.

Seorang penghuni wanita, Ny. Zhang, mempunyai masalah pada kaki dan sangat kesakitan ketika berjalan. Meskipun demikian, dia dengan sepenuh hati berpartisipasi dalam acara karaoke. Pada saat menyanyikan lagu “Di manakah Engkau?”, dia mulai menangis. Dia mengatakan bahwa Guru adalah yang teragung dan kata-kata Beliau telah menyentuh sanubarinya, sehingga dia hanya ingin menangis. Karena kebutuhan Ny. Zhang yang khusus ini, para rekan inisiat kemudian mengirimkannya beberapa obat salep, pakaian, dan dua pasang sepatu kungfu. Pada akhir kunjungan kami, Ny. Zhang memohon kami untuk tidak pergi dan berkali-kali meminta kami untuk mengunjungi mereka lagi. Kami sepenuhnya menyadari bahwa kasih dan rasa welas asih yang sangat besar dari Guru telah menyentuh hati mereka.
 

 

Rumah Pengurusan dan Perawatan bagi Kaum Tunawisma

Pada hari yang sama, tiga wakil sukarelawan dari Kelompok Sukarelawan Kabupaten Taipei serta Rumah Pengurusan dan Perawatan mengunjungi Center Taipei untuk menerima tujuh kotak pakaian pria yang kami sumbangkan kepada kaum tunawisma. Salah seorang wakil tersebut, Bapak Zheng, mengatakan bahwa penghuni Rumah  Pengurusan dan Perawatan serta para tunawisma di Kabupaten Taipei telah menerima dukungan dan perhatian dari Maha Guru Ching Hai serta para inisiat sejak dulu. Sejak saat terakhir kali rekan-rekan inisiat mengunjungi mereka dan mengajari mereka Metode Kemudahan, setiap orang telah berlatih dengan rajin. (Silakan merujuk pada majalah Berita No.168 untuk rinciannya.) Agar bisa mendukung diri sendiri, mereka berencana untuk memperluas tanah perkebunan supaya dapat menanam lebih banyak sayuran demi mencukupi kebutuhan para penghuni yang bervegetarian yang berlatih Metode Kemudahan. Mereka berharap agar suatu hari mereka dapat mencukupi kebutuhan sendiri. Untuk menyatakan rasa terima kasih kepada Guru dan para inisiat, ketiga wakil tersebut menghadiahkan sebuah piagam kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai.
 


Pusat Bantuan Biro Penempatan Tenaga Kerja

Pada tanggal 30 Mei, Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengunjungi Pusat Bantuan Biro Penempatan Tenaga Kerja Kota Taipei untuk membantu para tunawisma mendapatkan pekerjaan dan memberikan mereka pakaian yang cocok untuk musim yang akan datang. Mereka memberikan banyak barang termasuk pakaian santai yang baru, sepatu tenis, kaos kaki, pakaian dalam, handuk, sabun, pisau cukur, pasta gigi, sikat gigi, dan lain-lain agar dipakai untuk wawancara kerja dan pada saat bekerja. Wakil Pengawas dari Pusat tersebut, Ny. Chen Li-juan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai atas kepedulian dan kebaikan mereka. Dia berharap semoga bantuan dari Asosiasi akan memberikan rasa percaya diri yang besar kepada para tunawisma selama masa wawancara dan memperbesar kesempatan mereka untuk mendapat pekerjaan. Dia menambahkan bahwa bantuan seperti ini bukan hanya  secara material, namun juga kasih yang menghangatkan hati orang-orang yang kurang beruntung ini.

Seminar Tentang Tubuh, Pikiran, dan Peningkatan Jiwa di Rumah Tinggal Sementara Ping An Ju

Pada tanggal 30 Mei, rekan-rekan inisiat mengunjungi Ping An Ju, sebuah rumah tinggal sementara untuk kaum tunawisma. Seorang pastor Katolik, Pastor Ma, keluar menyambut kami dan berterima kasih atas kehangatan perhatian kami. Kami membawa serta kotak-kotak makanan vegetarian yang lezat, kue bola nasi vegetarian untuk Perayaan Perahu Naga. Kotak-kotak bingkisan berisi manisan buah, permen, kue kering, teh merah, dan buku-buku Guru. Sambil menikmati makanan vegetarian, kami juga memutarkan video ceramah Guru untuk para penghuni. Mereka semua bisa menerima ajaran-ajaran Guru, dan banyak di antara mereka yang menunjukkan keinginannya untuk belajar Metode Kemudahan. Karena itu, kami memberikan mereka informasi terkait dan mengundang mereka mengunjungi Center kita.

Pada tanggal 2 Juni, dua orang lanjut usia dari Ping An Ju datang bersama ke Center kita  untuk mempelajari ajaran Guru dan mendapatkan keterangan terperinci mengenai Metode Kemudahan. Mereka melihat foto Guru yang cantik dan membeli banyak foto. Salah satu dari mereka memberitahu kami, jika badannya terasa lebih baik, dia akan pergi bekerja dan menjalani pola makan vegetarian setiap hari. Karena makanan dari Ping An Ju dipesan dari luar oleh para pengurus, maka mereka tidak bisa mendapatkan makanan vegetarian. Mungkin Tuhan telah mendengar keinginan mereka sehingga seorang sukarelawan vegetarian di rumah penampungan mereka, Bapak Wang, mendapatkan jalan keluar atas masalah mereka. Sekarang, saat memesan makanan setiap hari, mereka bisa memesan beberapa kotak makanan vegetarian. Karena itu, kerinduan dari kedua orang tua ini dan teman-teman lainnya di Ping An Ju yang ingin belajar Metode Kemudahan dapat segera dipenuhi!