Kasih dalam Tindakan

Korea

Menyinari Kehidupan Para Narapidana dengan Kasih Guru

 Oleh Grup Berita Daegu (Asal dalam bahasa Korea)

Inisiat dari Andong dan Daegu secara rutin mengunjungi Penjara Andong untuk berbagi cahaya dan kasih Guru dengan para narapidana. Setahun sekali mereka juga menyiapkan sebuah acara khusus dan menyediakan hadiah-hadiah serta makanan vegetarian yang lezat.

Pada tanggal 19 Mei Tahun Emas 3 (2006), inisiat dari Andong dan Daegu mengadakan kegiatan tahunan yang lain di penjara itu, yang bertema “Berbagi Kehangatan Kasih”. Acara ini khususnya ditujukan untuk 40 narapidana dengan masa tahanan yang panjang yang sangat kesepian dan merindukan sedikit sentuhan kasih yang bahkan tidak bisa didapatkan dari keluarga mereka karena tidak ada seorang pun yang datang untuk mengunjungi mereka selama bertahun-tahun.

Saudara dan saudari inisiat menyiapkan bingkisan berisi pakaian, permen, kue kering, dan juga kasih Guru dalam bentuk buku contoh, majalah Berita, selebaran ‘Cara Hidup Alternatif’, dan lain-lain. Bermacam-macam jenis makanan vegetarian yang lezat juga dipersiapkan.

Hari kunjungan tersebut dimulai dengan berkah hujan Surgawi. Untuk memasuki ruangan di mana para narapidana itu ditempatkan, para inisiat harus mengisi formulir dan memperlihatkan kartu pengenal serta melewati banyak pintu besi yang tebal. Kami dapat melihat bahwa para tahanan sungguh terisolasi dari dunia luar! Setelah memperkenalkan Asosiasi kita secara singkat, para inisiat kemudian menghibur mereka dengan beberapa patah kata untuk mengangkat jiwa mereka dan juga menunjukkan beberapa gerakan latihan yoga yang singkat yang dapat mereka lakukan di dalam sel mereka yang sangat sempit. Pada saat makan siang, dengan penuh kasih para narapidana diberikan kotak makanan vegetarian yang lezat yang dipersiapkan oleh para inisiat. Para inisiat berniat untuk menyantap makan siang bersama dengan para tahanan, tetapi petugas penjara dengan tegas memisahkan mereka. Para inisiat diberi tahu bahwa tidak ada sesuatu pun yang ditakutkan oleh para tahanan, jadi apa pun dapat saja terjadi sehingga memerlukan pengawasan yang ketat.

Para inisiat belajar dari pengalaman tahun lalu bahwa para tahanan mengonsumsi banyak makanan sehingga tahun ini mereka menyediakan makanan yang lebih dari cukup. Ini memungkinkan para tahanan menikmati berbagai jenis makanan vegetarian yang jauh lebih lezat dari makanan yang mereka terima pada hari-hari lainnya. Mereka khususnya menyukai buah-buahan segar. Senyum yang menyenangkan di wajah para tahanan memberi petunjuk kepada para inisiat bahwa mereka merasa bahagia, bukan hanya karena makanan yang enak, tetapi yang lebih penting adalah karena curahan kasih dan perhatian yang mereka terima pada hari itu. Bingkisan hadiah kejutan sangat dihargai, dan para tahanan benar-benar menikmati saat membaca buku contoh dan majalah Berita.

Makan siang itu kemudian disertai oleh sebuah pertunjukan singkat. Seorang saudari-inisiat yang merupakan seorang penyanyi musik mayor menyanyikan beberapa lagu, dan  inisiat yang lainnya memainkan biola dan harpa. Pada saat semua inisiat berkaraoke bersama, para tahanan kemudian bertepuk tangan dengan gembira dan meminta lebih banyak lagu lagi. Pada saat itu, para inisiat merasa pemisahan di antara mereka lenyap dan semua menjadi satu tanpa batas.

Waktu dua jam yang diizinkan berlalu dengan sangat cepat. Setiap orang menyayangkan waktu yang begitu singkat dan telah menantikan acara yang akan datang. Sambil melambaikan tangan, wajah-wajah para tahanan menunjukkan penghargaan yang mendalam. Meskipun itu merupakan pertemuan singkat yang dibatasi, para tahanan memiliki kesempatan untuk tersenyum dan merasa bahagia di tengah lagu-lagu gembira dan acara berbagi kasih itu. Kami berterima kasih kepada Guru karena telah memberikan kesempatan kepada kami untuk membawa kenyamanan dan kegembiraan kepada orang-orang yang kesepian di dalam tahanan ini. Kami juga berharap agar kasih Tuhan akan senantiasa bersama dengan mereka.

 

Di depan penjara Andong
Petunjuk beberapa gerakan yoga yang sederhana
Para inisiat menampilkan pertunjukan dan menyanyikan lagu

Surat Penghargaan dari Para Tahanan

Sang Narapidana menyertakan lukisan yang ia buat didalam suratnya

“Saya merasakan emosi yang lebih stabil setelah bertemu dengan kalian pada tanggal 19. Saya secara khusus berterima kasih kepada kalian karena telah membawa banyak kedamaian untuk pikiran saya dan kesehatan yang baik bagi tubuh saya. Tidaklah mudah bagi kalian untuk datang ke sini, ke tempat yang sepi ini, dan saya berharap agar banyak dari kami dapat memahami Guru dan ajaran Beliau dengan lebih baik melalui bantuan kalian. Bulan Mei adalah bulan untuk keluarga, dan di sini sangatlah sunyi. Tetapi, saya bertemu dengan kalian melalui pengaturan Guru. Kalian datang kemari dan menjadi contoh yang baik bagi semua narapidana. Kadang saya merasa bingung dan mendapat kesulitan karena kurangnya konsentrasi dalam meditasi. Namun, sejak tanggal 19, ketika saya bertemu dengan saudara dan saudari praktisi, saya merasa lebih percaya diri dan jiwa saya menjadi lebih murni. Saya mengusahakan yang terbaik agar menjadi baru kembali melalui meditasi yang begitu berharga dan memberikan saya kekuatan. Saya tahu bahwa kalian sangatlah sibuk, namun tolong ajari saya cara untuk berkonsentrasi yang lebih baik dengan metode ini untuk memurnikan diri saya dari dalam. Sebagai orang baru, saya tidak tahu banyak mengenai hal ini, tetapi saya merasakan pikiran saya telah berubah menjadi lebih tenang dan damai. Saya yakin bahwa saya telah mendapatkan sebuah kehidupan yang baru melalui pola makan vegetarian dan latihan meditasi, bagi kehidupan di dalam penjara di mana orang-orang sangat terpengaruh bahkan oleh hal-hal yang sepele.…” 

Surat Penghargaan dari para tahanan