Dunia Cerita

 Idealisme Vegetarian
Telah Berakar di Hati Manusia
 

Disusun oleh Grup Berita Taipei, Formosa (Asal dalam bahasa China)

Dalam beberapa bulan terakhir, usaha-usaha yang gigih dari para inisiat Formosa dalam berbagi pesan ‘Cara Hidup Alternatif’ dan mempromosikan pola makan vegetarian telah menerima sambutan yang hangat dari orang banyak. Idealisme vegetarian telah berakar di dalam hati manusia.

Seorang laki-laki memberi tahu kepada rekan-rekan inisiat bahwa usaha yang dilakukan secara terus-menerus oleh rekan-rekan inisiat dalam menyebarkan pamflet selama lima bulan terakhir telah membangkitkan kesadaran banyak orang. Sebagai hasilnya, populasi vegetarian telah bertambah secara nyata, begitu juga omzet penjualan dari toko-toko vegetarian menjadi semakin tinggi. Baru-baru ini, di sekitar tempat tinggalnya telah muncul dua restoran vegetarian dan satu kafe vegetarian.

Menurut Bapak Zang Qi-lu, pembawa acara “Mengikuti Menyeberangi Lautan” (“Follow-up Across the Ocean”) di Stasiun Radio Cheng Sheng, saat ia menerima pamflet ‘Cara Hidup Alternatif’ di jalan, ia sangat tersentuh oleh sikap rekan-rekan inisiat yang sungguh-sungguh. Pesan dari pamflet telah meyakinkan dirinya, dia pun kemudian menghubungi Center Taipei sesuai dengan nomor telepon yang tercantum pada pamflet untuk mengatur sebuah wawancara dengan rekan-rekan inisiat demi mengetahui tujuan dari proyek penyebaran pamflet ini. “Mengikuti Menyeberangi Lautan” adalah acara yang diudarakan di hari Minggu yang melaporkan kegiatan-kegiatan orang-orang China di dua sisi Selat dengan sasaran penontonnya adalah pemirsa di bagian utara Formosa. Selama wawancara, Bapak Zang sangat menghargai usaha yang dilakukan terus-menerus oleh Asosiasi kita dalam kegiatan ini. Dia mengatakan bahwa kegiatan ini benar-benar memiliki manfaat bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan. Acara wawancara itu diselenggarakan pada Hari Ibu. Pada kesempatan itu Bapak Zang membuat sebuah permintaan kepada semua ibu di dunia untuk menyiapkan lebih banyak makanan vegetarian untuk keluarga mereka, yang merupakan pola makan yang sehat dan pilihan yang terbaik. Tiga rekan inisiat yang menghadiri wawancara itu menjelaskan secara terperinci tentang ajaran-ajaran Guru dan idealisme vegetarian. Sebagai pembawa acara, Bapak Zang sangat prihatin mengenai pertumbuhan gejala-gejala depresi yang diderita oleh orang-orang modern. Karena itu, rekan-rekan inisiat menggunakan kesempatan ini untuk memberitahukan bahwa Center Taipei menyediakan sesi meditasi gratis yang mampu menghilangkan gejala-gejala depresi.

Saudari Xu bekerja di perusahaan bursa (stock exchange). Pada suatu waktu, ia memberikan pamflet ‘Cara Hidup Alternatif’ kepada kliennya, Bapak Yang. Setelah itu, Bapak Yang menghubungi Saudari Xu di Internet dan menyatakan keinginannya untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia, dan hal pertama yang ingin ia lakukan adalah mempromosikan vegetarisme. Dia berkata bahwa dia tidak memiliki kepercayaan agama apa pun. Orang tuanya yang sudah lanjut usia sedang menderita senile dementia, sedangkan kakak laki-lakinya meninggal karena stroke di usia muda. Pengalaman-pengalaman yang traumatik ini telah membuat Bapak Yang menyadari kefanaan dunia ini dan kemudian mulai mengikuti pola makan vegetarian. Dia juga berbagi pengalamannya tentang cara menyiapkan makanan vegetarian ketika bepergian ke luar negeri, dan menyampaikan kepada orang-orang bahwa kita tidak akan menemui masalah dalam menjalankan pola makan vegetarian jika kita cukup gigih.

Istri pemimpin sebuah perusahaan perdagangan menerima selembar pamflet ‘Cara Hidup Alternatif’. Setelah membacanya dengan hati-hati, dia merasa bahwa pola makan vegetarian dapat membantu umat manusia untuk menghindari wabah Flu Burung dan karenanya dia mulai bervegetarian. Segera sesudahnya, seorang guru kursus perniagaan juga memberikan kepadanya map ‘Cara Hidup Alternatif’, yang mendorong dirinya untuk lebih sering mengonsumsi makanan vegetarian. Dia bahkan membeli kupon-kupon makan malam dari beberapa restoran vegetarian terkenal dan memberikannya kepada kerabat, teman, dan guru-gurunya dengan harapan bahwa mereka juga akan mendukung idealisme vegetarian. Baru-baru ini, dia telah menjadi seorang vegetarian sepenuhnya. Kesehatan dan corak kulitnya juga telah membaik. Selain itu, dia juga memperkenalkan manfaat pola makan vegetarian kepada murid-murid yang lain sebagai ungkapan rasa terima kasih terhadap gurunya yang telah menganjurkan dirinya untuk menjadi vegetarian

Bapak Lin adalah seorang karyawan di perusahaan bursa. Dia menerima sebuah pamflet ‘Cara Hidup Alternatif’ pada sebuah perjalanan wisata. Setelah itu, dia menerima pamflet itu lagi di tempat parkir mobil. Tidak hanya itu, rekan kerjanya, Saudari-inisiat Xu juga memberikan map dokumen ‘Cara Hidup Alternatif’ kepadanya. Baginya, hal ini seperti sebuah pesan yang berulang yang mengingatkan dirinya untuk lebih welas asih dan berhenti makan daging. Ketika membaca pamflet pertama kali, dia merasa bahwa isinya baik sekali dan tidak berbau agama. Kemudian, ketika dia menerima map dari Saudari Xu, dia ingin sekali mengetahui siapa yang merancang pamflet itu. Ketika diberi tahu bahwa orang yang merancang pamflet itu adalah Maha Guru Ching Hai; pesan Tuhan ini sepertinya telah menyentuh jiwanya, dan dia segera menempel pamflet itu di atas meja tulisnya sebagai surat peringatan untuk terus bervegetarian.

Saudara-inisiat Zheng adalah seorang penjual buku pelajaran dan sering pergi ke sekolah-sekolah untuk urusan negosiasi. Ketika melakukan pekerjaannya, dia menggunakan kesempatan tersebut untuk menyebarkan pamflet dan map ‘Cara Hidup Alternatif’ di sekolah-sekolah. Suatu hari, seorang guru di SMA Neihu berkata kepadanya bahwa dia pernah bertemu dengan rekan-rekan inisiat yang sedang menyebarkan pamflet seperti ini di pasar tradisional, bazar, dan jalan-jalan. Hari itu, dia juga menerima map dokumen dari Saudara Zheng. Pertama kali dia menerima pamflet itu, dia merasa bahwa desainnya berbeda dengan iklan-iklan yang lain. Ia kemudian membaca isinya dengan hati-hati. Setelah menemukan pesan yang sama sebanyak empat kali, dia sangat yakin bahwa pola makan vegetarian sangat baik untuk kesehatan dan memutuskan untuk mencoba menjadi seorang vegetarian.

Banyak orang telah menyadari bahwa vegetarisme baik untuk kesehatan mereka dan lingkungan. Perubahan ini telah membuat Bumi kita lebih bersinar dan damai. Kita yakin bahwa kedatangan sebuah surga di atas bumi telah dimulai!