Lintasan Peristiwa

 

Formosa

Bersama-sama Menciptakan Kasih Ajaib - Kegiatan Menyumbangkan
Buku-Buku Spiritual 2006

Laporan oleh Grup Berita Formosa
(Asal dalam bahasa China)

[Taipei] Pada tahun 1999, 2002, dan 2005, Center Taipei menyumbangkan publikasi spiritual Maha Guru Ching Hai kepada publik, yang mendapat respons positif dan hangat dari sejumlah organisasi dan kelompok. Tahun ini, sekali lagi Center Taipei menyiapkan sebuah paket publikasi Guru untuk disumbangkan, termasuk "Antara Manusia dan Tuhan - Wawasan dari Cerita-Cerita Injil," "Kontak Langsung dengan Tuhan - Cara Menggapai Kedamaian," "Mewarnai Kehidupan Kita", "Kata-Kata Mutiara," "Dapur Surgawi," dan DVD "Pahlawan Sejati." Di dalamnya juga ada barang-barang promosi 'Cara Hidup Alternatif.’ Di samping kepada perpustakaan publik, swasta, dan sekolah di Taipei, daftar penerima diperbanyak hingga 210 perpustakaan di pusat rehabilitasi dan organisasi-organisasi kesejahteraan sosial untuk menggapai orang-orang dari berbagai jenjang umur, dengan harapan dapat membagikan ajaran Guru dan cita-cita vegetarian dengan semua orang.

 

Menaburkan Benih Kasih untuk Memelihara Generasi Baru


Pada awal bulan Juni, Tahun Emas 3 (2006), kelompok penyumbang buku mendatangi sekolah-sekolah dasar dan sekolah-sekolah menengah di Kotamadya dan Kabupaten Taipei; termasuk Sekolah Dasar Deng Gong, Sekolah Dasar Xin Xing, Sekolah Dasar Wen Hua, Sekolah Menengah Dan Shui, Sekolah Dasar Guang Hua, Sekolah Dasar Shi Xian, dan Sekolah Dasar Jian Kang. Bersamaan dengan buku, kami juga menghadirkan pensil bersama buku catatan 'Cara Hidup Alternatif' serta map dokumen kepada staf pengajar dan murid-murid di sekolah. Di samping mendapat pengakuan yang positif dari yang tidak menyebutkan namanya, usaha penuh kasih sayang ini juga memberi pengetahuan dasar kepada murid-murid untuk mengasihi hewan-hewan dan melindungi lingkungan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan kepala sekolah, dan saling bertukar pendapat dengan para praktisi tentang masalah-masalah pendidikan seperti melindungi binatang, mengembangkan kasih sayang, dan menghormati kehidupan.

 

Perpustakaan Kota Tu Cheng

Pada tanggal 12 Juni, tim yang menyumbang buku datang ke Perpustakaan Kota Tu Cheng. Kali ini kami memasukkan pesan 'Cara Hidup Alternatif' ke dalam agenda perlindungan lingkungan untuk menekankan pentingnya perlindungan sumber daya alam planet kita. Dalam paket itu juga dimasukkan DVD "Pahlawan Sejati" dan buku resep masakan vegetarian "Dapur Surgawi." Barang-barang ini diharapkan dapat menuntun orang-orang untuk menjalankan diet vegetarian dan melindungi lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Kami berharap agar orang-orang yang berjodoh dapat menemukan informasi yang relevan ketika mereka datang meminjam buku. Ketika Bapak Zheng Guo-cheng, sekretaris perpustakaan menerima buku-buku sumbangan, dia mengatakan, "Maha Guru Ching Hai adalah Guru Spiritual di atas zaman kita. Dia menjelaskan intisari ajaran-ajaran agama dengan kata-kata sederhana. Ia benar-benar hidup sesuai dengan ajaran-Nya, yang merupakan sumber kebijaksanaan serta panduan hidup bagi semua orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari."

Perpustakaan Kota Shen Keng

 

Terkenal dengan masakan tahu dan tehnya, Kota Shen Keng telah menarik banyak turis dengan pemandangan yang alami dan sederhana beserta masakan tahunya yang lezat. Pada tanggal 15 Juni, kami pergi ke perpustakaan Kota Shen Keng, kota yang berulang kali mempunyai prestasi gemilang di antara kota-kota wilayah Taipei. Sebagai tambahan atas sumbangan publikasi-publikasi Guru ke perpustakaan, kami juga membagikan brosur 'Cara Hidup Alternatif' kepada penduduk setempat.

Kepala perpustakaan, Bapak Lin Jia-rong adalah orang yang tekun dan penuh kasih. Ketika bertemu inisiat, ia mengatakan bahwa ketika ia berbicara di dalam telepon, ia dapat merasakan kebaikan hati inisiat dan ingin sekali bertemu dengan kami. Sebagai seorang penganut Kristen, dia secara khusus tertarik dengan buku "Antara Manusia dan Tuhan - Wawasan dari Cerita-Cerita Injil" dan dia segera membacanya. Setelah inisiat menjelaskan isi buku "Tuhan Merawat Segalanya", "Mewarnai Kehidupan Kita", dan buku-buku lain; Bapak Lin dengan senang hati mengatakan kepada kami bahwa buku-buku Guru sangat bagus. Buku-buku itu menyampaikan pengetahuan mendalam dengan bahasa sederhana, dan dapat memperbaiki pemikiran orang melalui inspirasi-inspirasi dari cerita-cerita pendek. Bapak Lin sangat terkesan dengan buku Kata-Kata Mutiara. Buku ini padat dan mudah dibawa; ajaran ringkas di dalam buku ini sangat cocok untuk orang-orang sibuk zaman sekarang, dan sekaligus mengangkat kesadaran mereka. Dia mengatakan bahwa dia pasti akan mencari waktu untuk membaca buku-buku penuh kebijaksanaan itu dengan cermat. Dia akan memajang buku-buku itu di area "buku-buku rekomendasi" untuk beberapa bulan sebelum menaruhnya di rak.

Setelah inisiat menjelaskan isi artikel "Meditasi Menambah Ukuran Otak" yang dipublikasikan di dalam majalah Berita No. 167 kepada Bapak Lin, dia sangat gembira dan takjub: "Jadi terdapat manfaat yang begitu besar dari meditasi!" Dia ingin menyebarkan artikel ini, menempelkannya dalam bentuk poster, dan memasangnya di papan pengumuman perpustakaan sebagai iklan permanen meditasi, agar orang-orang yang berjodoh dapat datang dan belajar meditasi, sehingga pikiran mereka tersucikan dan menciptakan masyarakat yang harmoni, damai, dan makmur.

Kepala perpustakaan, Bapak Lin selanjutnya mengundang kami untuk berpartisipasi dalam tamasya "Pameran Buku-Buku Unggul dari Perpustakaan Publik Taipei" yang akan berlangsung di Shen Ken pada bulan Juli, sambil memperkenalkan buku-buku bagus ini kepada penduduk-penduduk setempat. Dia juga menyarankan kami memperbesar artikel yang berhubungan dengan vegetarisme dan meditasi dan menaruhnya di atas plakat besar, sehingga mudah untuk dibaca orang-orang. Ketika inisiat mengajukan keinginannya untuk mengadakan acara mencoba makanan vegetarian, sesi mengajar Metode Kemudahan di tempat pameran, dan mempromosikan diet vegetarian karena Shen Keng terkenal dengan masakan tahunya, Bapak Lin dengan gembira mendukung ide-ide kami dan berdoa agar kami sukses.

Universitas Shih Hsin

Pada tanggal 20 Juni, kami mengirim buku-buku ke Universitas Shih Hsin yang diterima oleh Direktur Shi dan Nona Lin. Kami membawakan Nona Lin perkenalan singkat tentang Guru dan beberapa alasan kami menyumbangkan buku kepada Nona Lin. Nona Lin sangat tertarik dengan kegiatan-kegiatan kami dan membaca lima pokok persoalan dari dalam majalah yang kami berikan. Pada hari berikutnya, Nona Lin menelepon kami untuk meminta beberapa publikasi audio Guru. Setelah menafsir permintaan mereka, kami memutuskan untuk memberikan mereka sepuluh DVD dari ceramah Guru dan dari program TV "Perjalanan Melalui Alam Estetis." Setelah menerima DVD-DVD berharga ini, Direktur Shi dan Nona Lin mengungkapkan rasa terima kasih dan mengatakan, mereka dapat merasakan jiwa pengorbanan dari Guru. Mereka yakin, publikasi-publikasi yang penuh kebijaksanaan ini pasti akan membawa manfaat besar bagi para guru dan murid Universitas Shih Hsin, juga penduduk-penduduk di dalam komunitas ini.

Rumah-Rumah Jompo


Bapak Jian dengan senang hati menerima CD Lagu Chanting Guru

Rumah jompo Zhao Ru di daerah Mu Zha dilengkapi dengan perpustakaan kelas atas. Ketika Direktur Tsai menerima buku-buku yang kami sumbangkan, dia tampak heran dan bertanya: "Buku-buku ini tampak sangat mahal. Anda benar-benar memberikannya secara gratis kepada kami?" Setelah mengetahui bahwa buku-buku ini dihadiahkan dengan penuh kasih oleh Guru, dia dengan senang hati mulai membaca buku "Dapur Surgawi." Dia berkomentar, diet vegetarian sangat bermanfaat bagi kesehatan dan menenangkan pikiran, dan terdapat banyak orang tua yang bervegetarian. Meskipun mereka mempunyai ahli gizi dan juru masak profesional, tetapi mereka tidak bisa menyiapkan makanan vegetarian yang lezat seperti itu. Di samping itu, mereka juga tidak mengetahui tempat untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Mereka berharap, kami dapat membantu dan mengajari mereka cara memasak vegetarian, agar semua orang di rumah jompo dapat menikmati hidangan vegetarian. Direktur Tsai selanjutnya berharap agar kami dapat menyumbangkan publikasi-publikasi serupa kepada cabang-cabangnya: Apartemen Yang Ming untuk orang jompo, Rumah Jompo Swasta Heng An dan Rumah Penduduk Senior Ren-ai kota Keelung. Menanggapi sarannya yang penuh kasih, kami mengirimkan buku-buku ke tiga rumah jompo, dan kami juga mengadakan acara perkenalan vegetarian bersama hidangan vegetarian prasmanan di Rumah Jompo Zhao Ru pada pertengahan bulan Juli. Direktur Tsai sangat berterima kasih atas kesungguhan dukungan kami, dan juga berterima kasih kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai yang telah menyiapkan perkenalan hidangan vegetarian prasmanan dalam waktu yang begitu singkat, sekaligus membantu mewujudkan cita-citanya untuk membawa orang-orang jompo menjalankan diet vegetarian yang sehat.

Perpustakaan Kota Ping Xi

Rentetan penyumbangan buku tiba di perpustakaan Kota Ping Xi pada tanggal 22 Juni, dan ketua perpustakaan Nona Guo menerima buku-buku itu. Setelah mendengar perkenalan tentang Guru dari rekan-rekan inisiat dan mendapat beberapa pengetahuan tentang ajaran, cita-cita, dan cinta kasih Guru; Nona Guo mengatakan akan membaca buku Guru dengan cermat untuk mengetahui lebih banyak tentang ajaran-Nya. Dia juga berharap agar kami dapat mengirim semua majalah ke perpustakaan agar penduduk Ping Xi mendapatkan manfaatnya. Perpustakaan sedang merencanakan tamasya pameran buku Ping Xi dan dia dengan serius mengajak kami berpartisipasi. Acara ini akan mendayagunakan fungsi perpustakaan secara penuh untuk meningkatkan minat baca penduduk setempat dan membuat mereka mengenal lebih banyak tentang diet vegetarian. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk berpartisipasi dalam pameran buku dengan mengombinasikan ajaran Guru dengan acara pencobaan makanan vegetarian.

Rekan-rekan inisiat kemudian memperkenalkan Metode Kemudahan kepada kepala perpustakaan, Nona Guo serta mengusulkan kami untuk mengajar Metode Kemudahan di dalam pameran buku. Nona Guo sangat gembira, sesi pengajaran meditasi yang mengangkat jiwa akan diadakan selama pameran buku, dan dia menganggapnya sebagai berkah bagi penduduk. Dia juga ingin belajar, dan dia akan mengundang wali kota untuk datang mencoba makanan vegetarian yang lezat dan belajar meditasi.

 

 

Kekuatan Tuhan Merawat
Anak Domba yang Tersesat

Pada tanggal 30 Juni, kami mengunjungi banyak pusat rehabilitasi dan semuanya menyambut baik buku-buku, kipas 'Cara Hidup Alternatif,' dan map yang kami sumbangkan. Seorang guru di Pusat Penahanan Anak Muda dengan tulus mengatakan, masyarakat merespons dengan sangat baik terhadap buku-buku yang diberikan oleh Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai, khususnya buku ilustrasi kebijaksanaan- "Tuhan Merawat Segalanya." Penghuni-penghuni itu benar-benar menyukai hasil rancangan yang indah, beserta gambar-gambar yang bagus dan lucu. Dia berharap agar anggota asosiasi kita dapat bergabung dalam tim penasehat kasih sayang dan mengadakan acara hiburan kelompok serta sesi mengajar meditasi untuk membantu mengangkat hati dan jiwa penghuni-penghuni rehabilitasi.

Kami yakin bahwa kekuatan Tuhan telah menyentuh hati penghuni-penghuni ini melalui buku Maha Guru Ching Hai dan sudah menghidupkan kembali cahaya kehidupan mereka. Semoga Kasih Tuhan terus memandu mereka menapak masa depan yang cerah dan cemerlang dengan segera!

 

[Changhua] Agar dapat memberikan lebih banyak kesempatan kepada khalayak untuk mengetahui tentang ajaran-ajaran dari seorang Guru hidup, Center Changhua meluncurkan serangkaian kegiatan sejak akhir Juni hingga pertengahan Juli, dengan menyumbangkan atau mengisi buku-buku rohani ke perpustakaan kota di Kabupaten Changhua.

Pertama-tama, Center Changhua membuat permintaan umum melalui telepon dan Internet untuk mencari koleksi publikasi Guru dalam setiap perpustakaan dan meminta lebih lanjut melalui telepon apakah perpustakaan tersebut bersedia menerima sumbangan buku. Banyak rekan inisiat dengan bersemangat ikut serta dalam proyek sumbangan tersebut dan mengirimkan buku-buku ke perpustakaan di daerah tempat mereka tinggal. Mereka semua merasa senang dan terhormat bisa berbagi ajaran Guru dengan orang lain.

Selain ungkapan terima kasih, seluruh perpustakaan yang menerima buku amat memuji kegiatan ini. Perpustakaan Kota Hua Tan bahkan menelepon untuk meminta jilid lain dari Kunci Pencerahan Seketika. Penjaga perpustakaan Da Cheng begitu terkesan dengan isi buku “Guru Bercerita” dan mengungkapkan keinginannya untuk menggunakan buku ini sebagai materi pengajaran apabila mereka menyelenggarakan sesi bercerita. Kami dengan tulus berharap agar kegiatan penyumbangan buku ini akan menyebarkan pesan Guru tentang Kebenaran di setiap pelosok, dan membawa perubahan positif kepada masyarakat.


 

[Nantou] Tergantung pada kelompok usia pembaca, Center Nantou menyumbangkan pada 145 sekolah dasar, 33 SLP, 13 SLA, 2 akademi dan 13 perpustakaan kota di Kabupaten Nantou, masing-masing memperoleh dua jilid dari buku berikut: “Guru Bercerita”, “Guru Menceritakan Lelucon”, “Tuhan Mengurus Segalanya”, “Tuhan dan Manusia – Wawasan dari Kisah-Kisah Alkitab", "Mewarnai Kehidupan Kita”, dan “Dapur Agung”.

Selama berlangsungnya acara penyumbangan buku, para rekan inisiat di Formosa mewakili Guru memberikan Penghargaan Kepemimpinan Dunia yang Cemerlang kepada Menteri Dalam Negeri Republic of China, yang mana sempat dijadikan berita hangat oleh wartawan setempat.

Ketika kami mengirimkan buku-buku ke tempat tujuan, orang yang menerima kami segera mengenali Guru dari foto-Nya di halaman depan buku. Kepala Sekolah Xie Zai-zhi dari Sekolah Dasar Guang Min dengan hangat menyambut kami dan begitu ingin membicarakan tentang Guru dan hal-hal kerohanian dengan kami. Beberapa guru, begitu menerima buku-buku tersebut, begitu terkesan akan kualitas cetakan yang baik dan langsung mulai membacanya.

Karena masalah pendanaan, baru-baru ini banyak sekolah mulai mengurangi pembelian buku-buku baru. Karena itu, hadiah dari Guru adalah seperti “air di padang pasir” bagi mereka. Banyak sekolah yang begitu senang menerima buku-buku tersebut dan berulang-ulang mengungkapkan penghargaan mereka!

 

Keharuman Ilahi Publikasi Guru
Meliputi Shen Keng

Oleh Grup Berita Taipei, Formosa (Asal dalam bahasa China)

[Taipei] Ketika Center Taipei menyelenggarakan serangkaian kegiatan sumbangan buku dalam bulan Juni Tahun Emas 3 (2006), para rekan inisiat berkenalan dengan Bapak Lin Jia-rong, kepala Perpustakaan Kota Shen Keng. Pada hari mereka mengirimkan buku ke perpustakaan, Bapak Lin, yang begitu terkesan dengan kualitas cetakan buku Guru yang indah sekali, berkata, “Pertama kali saya berbicara dengan Anda melalui telepon, saya merasa begitu kekeluargaan. Dan ketika saya melihat Anda datang dengan membawa serta buku-buku, saya merasakan pancaran kasih dan semangat berkorban tanpa pamrih dari Anda.” Untuk alasan ini, kepala perpustakaan Lin mengundang kami ikut serta dalam “Tur Pameran Buku Top Perpustakaan Umum Kota Taipei 2006”, yang diselenggarakan di Shen Keng pada bulan Juli.

Tempat pameran merupakan aula upacara balai kota, dan gerai pameran kita terletak dekat pintu masuk. Lampu Abadi dan lukisan-lukisan Guru meningkatkan tempat acara dengan suasana yang penuh seni, sementara itu rekaman ceramah DVD Guru dipertunjukkan di panggung, memberkahi seluruh tempat acara dengan pancaran kerohanian. Sejumlah buku dipamerkan dalam acara ini dan buku Guru tepat mengisi kekosongan publikasi rohani. Wali kota, Ibu Gao We Mei-ying, mengungkapkan penghargaannya khususnya pada kita. Dia berkata, “Masyarakat modern maju dalam kelimpahan informasi. Dan, jumlah anak dalam setiap keluarga semakin berkurang, sehingga mereka amat dimanjakan. Dalam hal demikian, adakalanya lebih efektif bagi anak-anak untuk belajar dari buku-buku bacaan alih-alih disiplin dari orang tua mereka. Publikasi rohani dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengajarkan orang untuk berbudi luhur yang merupakan hal amat penting bagi anak-anak. “Perpustakaan tersebut terletak di lantai pertama balai kota. Perpustakaan tersebut sangat membantu dalam mempromosikan kebiasaan membaca bagi warga setempat selama 10 tahun terakhir. Selama tiga tahun berturut-turut, perpustakaan mereka telah terpilih sebagai salah satu yang terbaik di dalam negeri. Karena pameran buku berlangsung selama libur musim panas, banyak orang tua yang membawa serta anak-anak mereka mengunjungi pameran ini.

Selama berlangsungnya pameran, para rekan inisiat diundang untuk berbicara di panggung guna mengenalkan Asosiasi kita dan sumbangan Guru bagi dunia. Setelah itu, kami mengundang semua orang untuk menikmati makanan vegetarian. Karyawan balai kota amat menghargai usaha-usaha kami, “Wah! Saya tidak pernah membayangkan bahwa makanan vegetarian bisa begitu enak!” Beberapa orang merasa bahwa kue vegetarian lebih lembut seratnya dan lebih enak rasanya dibandingkan dengan kue biasa yang terbuat dari telur.
Mr. Lin Jia-rong (right), chief librarian of the Shen Keng Township Library.

Mengomentari publikasi rohani yang dipamerkan oleh Asosiasi kita, kepala perpustakaan Lin berkata, “Jiwa adalah inti keberadaan manusia. Jika jiwa kita suci, kita akan diarahkan berjalan di jalur yang benar dalam kehidupan. Publikasi kerohanian yang dipamerkan oleh Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai bermaksud untuk membimbing orang menuju kebajikan.” Bapak Lin menerima undangan kami untuk mempelajari Metode Kemudahan, dan pada waktu pulang, dia kembali menegaskan dengan kami panduan dalam menjaga asupan vegetarian sebagai salah satu sila dalam pelatihan Metode Kemudahan. Sebenarnya, pada hari pertama pameran, terdapat enam orang yang belajar Metode Kemudahan, empat di antaranya adalah penduduk setempat.
Ibu Gao Wu Mei-ying,
kepala Perpustakaan Kota Shen Keng.

Bapak Chen Shui-sheng, kepala Departemen Administrasi Sipil di Kantor Kabupaten, begitu tersentuh dengan lukisan Guru di pameran tersebut. Dia berkata bahwa dia menyukai hal-hal yang indah, khususnya karya seni. Dia bahkan meminta kami untuk memperpanjang masa pameran selama satu hari lagi setelah pameran buku ditutup, karena dia ingin berbagi keindahan karya seni Guru dengan enam puluh perwakilan desa dari Yong Kang, Kecamatan Tainan. Setelah itu, Bapak Chen juga belajar Metode Kemudahan.

Pameran selama sembilan hari ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengenalkan Metode Quan Yin kepada banyak orang. Sebanyak puluhan orang yang mempelajari Metode Kemudahan, mereka kelihatannya datang atas kemauan sendiri karena pertalian mereka dengan Guru. Mereka berjalan dengan penuh suka cita ke dalam kerajaan Tuhan dengan hati yang murni.

 
Gadis kecil ini berdiri di depan selebaran yang dirancang oleh Guru dan melihatnya cukup lama. Bahkan ibunya tidak bisa menariknya pergi. Dia coba mengambil setumpuk selebaran. Kemudian, adiknya juga datang dan melihat selebaran tersebut dengannya. Barulah dia merasa puas dan pergi setelah mengambil selembar selebaran dan satu kipas ke dalam tas sekolahnya.
 

Agenda Kegiatan:
Untuk mengimbangi peningkatan rohani yang terus berlangsung di planet ini, center setempat dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengadakan lebih banyak dan semakin banyak seminar video dan kegiatan berbagi Kebenaran lainnya. Anda dipersilakan untuk bergabung dalam kegiatan ini bersama teman dan sanak keluarga Anda. Untuk jadwal terbaru, silakan kunjungi situs berikut ini: http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/latest_news/events-datebook.htm