Kata-Kata Mutiara

Berbagai Tips Latihan Rohani


☆☆☆


Dari Keheningan sampai Samadhi yang Membahagiakan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Tujuh Hari di Taipei,
Formosa, 27 Mei 1994 (Asal dalam bahasa China) MP3-CR-15

Bila batin kita tidak murni dan tenang, maka kita tidak dapat masuk samadhi saat meditasi. Semakin tenang maka kita akan semakin maju dan pikiran kita akan merasa semakin santai dan bahagia. Kita juga akan menjadi semakin pandai.

 

~~~~~~~~  ~~~~~~~~  ~~~~~~~~

Bebaskanlah Diri Anda dari Kebiasaan Semu

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Tujuh Hari di Sandimen,
Pingtung, Formosa, 1 April 1990 (Asal dalam bahasa China) MP3-CR08

Semua kebahagiaan, kemarahan, penderitaan, dan kegembiraan timbul dari kebiasaan. Maka, kita harus mengatasi berbagai khayalan ini. Kita harus menyadari bahwa tiada apa pun yang sungguh-sungguh baik atau sungguh-sungguh menyakitkan; kita hanya terikat oleh berbagai kebiasaan kita saja.

Tata moral dan tradisi masyarakat juga berasal dari kebiasaan. Saat kita maju dalam latihan rohani kita, maka berbagai tradisi dan kebiasaan ini tidak akan dapat mengikat kita lagi. Namun demikian, kita harus terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan orang-orang di dunia agar kita tidak membuat masalah bagi diri sendiri. Kita ingin menjalani kehidupan yang penuh damai agar dapat fokus terhadap perkembangan rohani kita, tetapi itu tidak berarti bahwa kita peduli akan tradisi dan kebiasaan yang tidak berguna ini.

 


~~~~~~~~  ~~~~~~~~  ~~~~~~~~

 

Tetap Luwes saat Menangani Berbagai Situasi

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Tujuh Hari di Taipei,
Formosa, 27 Mei 1994 (Asal dalam bahasa China) MP3-CR-15

Hanya saat kita dapat bertindak sesuai dengan suatu situasi, maka kita baru mampu menangani berbagai keadaan darurat. Kita para praktisi rohani tidak dapat melekat pada aspek tertentu atau pada suatu perkataan saya, dan terikat di sana selamanya, karena saya mungkin dapat membicarakan hal yang lain. Sekali Anda mendengar sesuatu, cernalah, sisihkanlah, kemudian seraplah berbagai ajaran yang baru; seraplah yang baru setiap hari. Setiap situasi berbeda, jadi kita harus memiliki pikiran yang luwes dan bereaksi dengan cepat untuk menangani setiap situasi yang muncul.

 


~~~~~~~~ ~~~~~~~~ ~~~~~~~~

 

Berpusat pada Tuhan Mempercepat Kemajuan Rohani

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Malaysia,
27 Februari 1992 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video #220

Penting untuk terus menetapkan pikiran Anda pada pencarian pencerahan. Itulah satu-satunya jalan agar diri Anda maju dengan cepat.

 


~~~~~~~~  ~~~~~~~~  ~~~~~~~~

 

Praktisi Rohani Harus Berhati-hati terhadap Rasa Harga Diri

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Eropa, Hongaria,
24 Februari 2005 (Asal dalam bahasa Inggris)

Saat Anda bangga atau mengira bahwa Anda istimewa, maka Anda akan turun sangat cepat.

 


  ~~~~~~~~  ~~~~~~~~  ~~~~~~~~

 

Hargailah Setiap Saat dengan Berlatih Rohani

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Empat Hari di Hsihu, Formosa,
24-27 September 1988 (Asal dalam bahasa China) MR3-CR03

Dunia ini sesungguhnya tidak memiliki apa pun yang berharga untuk kita lekati, sehingga kita harus cepat-cepat berlatih rohani. Setiap saat, setiap menit sangat berharga, karena kita tidak pernah tahu berapa banyak waktu yang tersisa bagi kita untuk berlatih. Seperti pesawat terbang dengan bahan bakar yang terbatas. Sebagai contoh, untuk penerbangan dari bandara setempat ke New York, sejumlah bahan bakar tertentu dipompakan ke dalam pesawat. Dan bila pilotnya tidak langsung terbang ke New York, tetapi memboroskan bahan bakarnya berputar-putar di atas bandara untuk mengadakan pertunjukan, maka saat bahan bakarnya habis, pesawat itu akan jatuh.

 


~~~~~~~~~~~~~~~~  ~~~~~~~~

 

Apa pun yang Anda Inginkan, Anda akan Mendapatkannya

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Eropa, Hongaria,
24 Februari 2005 (Asal dalam bahasa Inggris)

Apa pun yang Anda inginkan, Anda akan mendapatkannya. Itulah hukum alam semesta. Apakah Anda menginginkan yang buruk atau yang baik, Anda akan mendapatkannya. Hanya masalah waktu saja. Maka, perhatikanlah! Perhatikanlah apa yang Anda inginkan.

 


  ~~~~~~~~~~~~~~~~  ~~~~~~~~
 

 

Berbagi Metode Tertinggi Membawa Pahala Tak Terhingga

Disampaikan ole Maha Guru Ching Hai, Konferensi video dengan para inisiat
dari San Francisco, Amerika Serikat, 25 Agustus 2002 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video #748

Setiap kali kita melayani masyarakat dengan cara yang mulia agar mereka dapat bersatu kembali dengan Bapa/Ibu, atau menyebarkan kabar gembira demi pembebasan mereka dari penderitaan, maka kita akan memperoleh karcis kelas satu atau sesuatu seperti itu ke Surga. Kita sangatlah beruntung. Bukannya kita sungguh-sungguh menginginkannya; itu hanyalah suatu pahala.

 

☆☆☆