Tokoh Mulia dan Peristiwa Indah

 

Bintang Film Internasional
yang Suka Beramal - Jackie

♥♥♥♥♥

Oleh Casari, Formosa
(Asal dalam bahasa China)

Sebagai seorang selebriti internasional, Jackie Chan telah memanfaatkan ketenarannya untuk kepentingan umum. Dia telah ikut serta dalam berbagai macam kegiatan amal dan menjadi pembicara kunci pada banyak acara amal. Terlebih lagi, dia telah membuat sebuah film pendek yang mempromosikan tentang amal dan dengan aktif mengambil bagian dalam acara kemanusiaan. Tindakannya telah diakui seluruh dunia.

Mempromosikan Berhenti Merokok

Begitu ditunjuk sebagai duta besar anti-rokok internasional, Jackie Chan menjadi pemimpin dalam mempromosikan gaya hidup sehat dan usahanya banyak dikagumi orang. Karena sebelumnya dia adalah seorang perokok berat, dia berbagi pengalaman dengan setiap orang tentang bagaimana dia berhenti merokok: “tidak ada rahasia untuk berhenti merokok, kecuali dengan tekad, ketekunan, dan keyakinan Anda sendiri.” Tidak hanya berhenti merokok, Jackie Chan juga mendorong teman-temannya untuk melakukan hal yang sama. Hasilnya, semua enam belas anggota Perkumpulan Pengganti Peran Jackie Chan (Jackie Chan Stuntmen Club) berhasil berhenti merokok.

Mempromosikan Perlindungan Lingkungan

Jackie Chan selalu prihatin dengan masalah lingkungan. Ketika melakukan pengambilan gambar di luar studio, dia tidak pernah melupakan untuk membersihkan sampah dan merapikan tempatnya. Baru-baru ini dia berencana untuk memperkenalkan kantong sampah energi matahari yang inovatif dan akan menyumbangkannya ke pemerintah Hong Kong sebagai bantuan dalam perlindungan lingkungan.

Memerangi Flu Burung

Ketika ancaman flu burung muncul di Asia, Jackie berangkat ke negara-negara seperti Thailand, Korea, dan Jepang di mana flu burung menyebar. Dia mendukung pemerintah serta masyarakat setempat untuk memerangi penyakit ini. Sebelum perjalanannya, seorang wartawan bertanya apakah dia takut ditulari penyakit tersebut, dan Jackie kemudian menjawab, ”Walaupun di sana ada flu burung, saya akan tetap berangkat!” Untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dari penyakit ini, Jackie menerima tawaran dari Yayasan Anak-Anak PBB (UN Children’s Foundation) dan membuat iklan dengan anak-anak dari enam negara yang berbeda untuk mendidik masyarakat bagaimana mencegah flu burung.

Mencurahkan Perhatian pada Kegiatan Amal

Sudah beberapa tahun Jackie Chan secara aktif ikut serta dalam berbagai macam kegiatan amal dan menyumbangkan uang serta upayanya. Hal ini merupakan contoh yang baik bagi orang-orang di kalangan industri hiburan. Beberapa waktu yang lalu Jackie dianugerahkan Bintang Perak Bauhinia (Silver Bauhinia Star) sebagai pengakuan atas sumbangannya untuk kegiatan amal di Hong Kong. Akhir-akhir ini dia mencurahkan seluruh waktunya, selain untuk pembuatan film, untuk kegiatan amal. Tahun lalu, tiga belas sekolah dasar yang didanai olehnya mulai dibangun di beberapa daerah pegunungan miskin di Qui Zhou, China Daratan. Pada waktu bersamaan, dia mengajukan pendirian “Yayasan Jackie Chan” di China Daratan. Dia berkata, “Saya harap bahwa kegiatan ini dapat membangkitkan rasa kasih sayang masyarakat untuk memberikan lebih banyak pertolongan bagi yang membutuhkannya.” Dia juga sering kali memberikan sumbangan secara pribadi ketika terjadi bencana alam. Misalnya, ketika mendengar pengumuman yang memperingatkan orang-orang di China Daratan akan kedatangan musim dingin yang parah, dia segera mengirimkan lima ratus rompi kepada para lanjut usia.

Memberikan Setengah Kepemilikannya Kepada Masyarakat

Jackie Chan diakui sebagai satu dari 10 Selebriti yang Paling Beramal oleh majalah Forbes di tahun 2006. Dia lebih lanjut mengungkapkan bahwa dia akan berusaha menyamai miliarder di AS seperti Bill Gates dan Warren Buffet, dan akan memberikan setengah kepemilikannya ke “Yayasan Amal Jackie Chan”. Yayasan ini didirikan pada tahun 1988 dan ditujukan untuk menolong anak muda Hong Kong yang membutuhkan. Kemudian kegiatannya diperluas untuk mendukung upaya pertolongan bencana, perawatan kesehatan, dan pertunjukan kesenian.

Setiap tindakan selebriti mempengaruhi masyarakat. Sebagai seorang bintang film internasional, Jackie Chan sudah mengabdikan dirinya dalam berbagai pekerjaan kemanusiaan untuk menolong orang yang miskin dan yang membutuhkan. Citra dirinya yang positif akan memberikan contoh dan pengaruh yang baik bagi masyarakat.