Tips Bermanfaat

Mulai dari Anda dan Saya -
Mengambil Tindakan untuk Melindungi Planet Kita

Disusun dari Berita Supreme Master Televisi 

Daur Ulang

Ini ada tip yang dapat membantu mencegah penggundulan hutan. Sedapat mungkin, kita harus mencoba menggunakan kertas daur ulang. Zaman sekarang produk daur ulang mudah didapatkan. Banyak toko penjual alat-alat kantor dan kedai sampah menyediakan kertas cetak daur ulang, amplop, dan kertas toilet. Anda juga bisa menyimpan semua kertas yang terpakai pada satu sisi, jilid dengan menggunakan jepitan yang kuat, dan gunakan sisi yang lain. Ini bisa dibuat menjadi buku catatan di rumah untuk membuat catatan atau buku coretan bagi anak-anak kecil. Anak-anak bisa menggunakannya, dan belajar manfaat daur ulang. Jadi mari kita ingat 3M: Mengurangi, Menggunakan Kembali, Mendaur Ulang! (Episode 174)

Dengan hanya mendaur ulang satu kaleng minum aluminium, bisa menghemat energi yang cukup untuk menghidupkan TV selama tiga jam. Luar biasa, jadi mari kita ingat untuk mengurangi, mendaur ulang, dan menggunakan kembali. (Episode 194).

Menghemat Energi

Ketika membeli mobil baru, pertimbangkanlah untuk membeli mobil yang hemat energi dan menghasilkan emisi gas rumah kaca yang rendah.

Ini ada tip bermanfaat untuk menghemat waktu dan mengurangi kemacetan. Jika Anda mengkoordinasikan perjalanan Anda untuk berbelanja bersama teman-teman dan para tetangga, melakukan satu perjalanan ke tiga atau empat toko sekali jalan daripada tiga atau empat perjalanan yang terpisah, ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga berarti Anda akan mengurangi berkendaraan. Anda akan mendapatkan bintang atas pelestarian lingkungan dengan cara tersebut! (Episode 128)

Berbagi kendaraan menjadi popular di Inggris. Orang-orang menggunakan layanan online seperti Liftshare.com dan pusat-pusat komunitas untuk mencari orang untuk berbagi kendaraan. Berbagi kenderaan mengurangi biaya, kemacetan, polusi, dan meningkatkan akses ke tempat-tempat yang mempunyai keterbatasan angkutan umum. (Episode 159)

Sejauh ini kulkas adalah satu-satunya pemakai listrik terbesar dalam setiap rumah tangga yang mencapai 10-15% dari pemakaian listrik setiap bulan. Orang bisa menghemat energi dengan tidak menyetel thermostat terlalu tinggi. Bahkan satu derajat sudah membuat banyak perbedaan. Hindari kulkas dari sinar matahari dan ventilasi panas; juga pergunakanlah saklar hemat listrik dekat thermostat dan bersihkanlah gulungan kondensor. Tips ini akan membantu menghemat energi sehingga kita bisa lebih ramah terhadap lingkungan. (Episode 172)

Pertimbangkanlah mengganti bola lampu pijar dengan bola lampu neon yang lebih hemat energi dan tahan lama. Menurut penelitian dari Energy Star (Bintang Energi), jika setiap kediaman orang Amerika mengganti satu bola lampu saja dengan bola lampu neon, maka kita akan menghemat energi yang cukup untuk menerangi lebih dari 2,5 juta rumah untuk satu tahun dan mencegah gas rumah kaca setara dengan emisi dari hampir 800.000 kendaraan. (Episode 190)

Pertimbangkanlah berapa banyak bola lampu di dalam rumah Anda. Sekarang bayangkan berapa yang bisa Anda hemat jika mereka semua lampu hemat energi. Satu bola lampu demikian memakai listrik kurang dari ¼ dari model standar dan bisa tahan hingga 12 kali lebih lama, memberikan penghematan yang sangat berarti pada tagihan listrik dan menjamin lingkungan yang lebih hijau dan bersih. (Episode157)

Menghemat Sumber Daya Bumi yang Berharga

Apakah Anda tahu bahwa Anda bisa menurunkan tagihan air Anda hingga 50 persen? Cukup memasang kepala pancuran dan kran yang alirannya kecil, maka Anda akan mengurangi pemakaian air hingga setengah tanpa mengurangi daya gunanya. Sekarang Anda bisa menurunkan mesin pemanas air hingga 50°C (120°F) dan menyaksikan biaya air panas menjadi turun. Anda akan menghemat uang setiap bulan, dan membantu menghemat sumber daya bumi yang berharga. (Episode 187)

Mandi dengan pancuran cepat, menghemat kira kira 1/3 dari jumlah air dibandingkan dengan bak rendam; dan mandi rata-rata menghabiskan air panas paling banyak pada rumah tangga. Bak mandi biasa menghabiskan 15-25 galon air panas, sementara lima menit mandi pancuran menghabiskan kurang dari 10 galon. (Episode 195)

Menghemat pada setiap cangkir minuman panas. Masaklah air sebanyak yang Anda perlukan untuk satu cangkir, daripada memasak air yang berlebihan yang tidak digunakan, jadi menghemat energi dan uang. (Episode 149)

Saat memasak, cocokkan ukuran ring plat panas dengan ukuran panci. Juga, tutuplah panci tersebut sehingga isinya bisa memanas lebih cepat. (Episode 198)

Jangan terlalu sering membukanya untuk memeriksa apakah masakan sudah matang. Panas akan menetap di dalam, lebih sedikit energi yang akan terpakai, dan waktu masak akan lebih cepat. Anda bisa juga mematikan oven lima menit sebelum masakan matang. Panas oven akan tetap terjaga hingga menyelesaikan masakan, dan Anda akan menghemat energi untuk planet kita. (Episode 156)

Tip Penghematan pada Musim Dingin

Cuaca yang dingin, membuat kita menghabiskan lebih banyak energi. Satu cara sederhana untuk mengurangi kebutuhan pemanasan pada musim dingin adalah menempelkan pembungkus jendela. Ini adalah lembaran plastik yang akan mencegah aliran udara dingin dari luar mengalir masuk ke dalam ruangan. Pastikan tidak ada krei atau perabot yang menghalangi radiator – karena akan menghambat pemanasan. Dan sebelum menghidupkan mesin pemanas, coba lihat apakah dengan memakai kemeja wool atau lapisan baju yang lebih panas bisa membantu. (Episode 151 dan 165)

Tip untuk Mencuci Baju

Cucilah pakaian dengan stelan temperatur rendah. Kecuali pakaian sangat kotor, stelan temperature rendah akan membuat pakaian Anda bersih dan segar, dan memberikan penghematan energi kepada Anda serta mengurangi emisi. (Episode 197)

Daripada menggunakan pengering baju yang memakai banyak energi, mengapa tidak menggunakan rak pengering atau tali gantungan baju? Pada musim panas, Anda akan menyukai bau pakaian yang dikeringkan di luar. Pada musim dingin, Anda bisa mengeringkan sebagian pakaian pada mesin pengering, lalu menyelesaikan pengeringan pada rak pengering. Sinar matahari baik untuk Anda. (Episode 183)  

Jagalah Kebersihan dan Keamanan Rumah Anda

Banyak pembersih rumah tangga mengandung bahan kimia yang berbahaya terhadap lingkungan dan orang yang tinggal di rumah. Zaman sekarang, banyak tersedia pengganti yang ramah lingkungan dan tidak mengandung racun, aman bagi keluarga dan hewan piaraan Anda. Pembersih yang tidak beracun baik terutama bagi hewan piaraan.

Cuka merupakan pembersih yang sangat baik terhadap kebanyakan kuman, jamur, dan untaian bakteri. Simpanlah sebuah botol penyemprot berisi campuran 50 persen cuka dan air pada dapur Anda dekat dengan alas potong, dan di dalam kamar mandi Anda; pergunakanlah untuk membersihkan. Bau cuka akan hilang dalam beberapa saat dan Anda akan mendapatkan rumah yang segar, bebas kuman, dan aman bagi Anda dan lingkungan. Ini bahkan murah, juga! Solusi sederhana bisa jadi sangat indah, Benar? (Episode 146)

Jus limau, cuka, dan krim tartar, yang juga dikenal sebagai cuka tartar, semuanya merupakan bahan yang tidak mahal dan mungkin ada pada lemari dapur Anda. Bahan tersebut bisa menghilangkan lapisan kotor dan karat pada logam; ia juga bisa menghilangkan endapan air, pemudaran serta karat pada logam. (Episode 130)

Tepung soda pengembang kue adalah barang umum rumah tangga yang bisa digunakan sebagai pembersih yang ramah lingkungan. Anda bisa memerciknya pada pancuran, bak rendam atau bak cuci piring untuk membantu menghilangkan lapisan kotor pada bak rendam. Jika noda sangat sulit dihilangkan, Anda bisa membuat pasta dari tepung soda pengembang kue dan membiarkannya berada pada noda tersebut selama 10 hingga 20 menit sebelum dibilas. (Episode 121)  

Mengurangi Polusi Tanah

Dengan menggunakan baterai yang bisa diisi ulang daripada yang sekali pakai, maka Anda akan menghemat uang dan mengurangi polusi tanah dalam jangka waktu panjang. Dan jika Anda ingin lebih membantu lingkungan, Anda bisa membeli baterai isi ulang dengan energi matahari. Energi matahari gratis bagi kita semua. (Episode 135)

Gunakanlah Wadah yang Bisa Didaur Ulang

Sekalipun ada beberapa industri botol air yang bagus mutunya yang menggunakan botol air yang bisa dimusnahkan, akan tetapi Anda tetap tidak bisa mengalahkan air ledeng yang disaring dan diisi ke dalam botol atau gelas yang dapat dipakai berulang ulang. Untuk menghemat pembungkus, hal yang sama berlaku bagi minuman yang banyak dikonsumsi, seperti kopi dan teh. Botol yang bisa dipakai berulang ulang dan botol dengan penutup yang berfungsi sebagai gelas semakin banyak tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna. Mudah untuk mendapatkan satu yang cocok untuk Anda. (Episode 185)

Gunakanlah wadah makanan yang dapat dipakai berulang kali sebagai tempat untuk sisa makanan dan makan siang. Dengan melakukan ini, akhirnya Anda akan menghemat bermil mil bungkusan plastik dan tas plastik. Disamping itu, mengapa tidak menggunakan tas belanja yang bisa digunakan berulang ulang. (Episode 193)