Lintasan Peristiwa

Malaysia

Para Murid Mengajak Para Orangtua untuk Menjadi Vegetarian

Oleh Grup Berita Penang (Asal bahasa Inggris)

[Penang] Dukungan gigih oleh Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai untuk mempromosikan pola makan vegetarian di sekolah telah berbuah dimana anak-anak meyakinkan orang tua mereka tentang pentingnya untuk menghindari konsumsi daging untuk menghentikan pemanasan global.

Setelah menyaksikan video Supreme Master Television tentang tema ini di Sekolah Menengah Atas Zhong Hua Penang, seorang murid pulang ke rumah dan menyarankan orang tuanya bahwa mereka harus berhenti makan daging. Ibunya, Ibu Mandy Chee, mengunjungi alamat internet dan menyadari krisis yang sedang berlangsung. Keduanya, ibu dan anak segera menjadi vegetarian dan Ibu Chee sangat terkesan dengan organisasi kami, ia bahkan menunjukkan ketertarikannya untuk mempelajari Meditasi Quan Yin. Sebagai pendiri Klub Butterworth Kiwanis, beliau mengatur penyelenggaraan  seminar "Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, Selamatkan Bumi" oleh Center Penang di dua sekolah di Butterworth pada bulan Juli Tahun Emas 5 (2008).

Seminar pertama diselenggarakan di Sekolah Dasar Zhong Hua pada tanggal 14 Juli yang dihadiri 300 murid. Sebagian besar peserta sangat terkejut mengetahui bahwa cara terbaik untuk menahan laju pemanasan global adalah dengan menjadi vegetarian. Para murid meminta 150 buah DVD "Selamatkan Planet Kita". Dua hari kemudian, ada orang tua yang mengatakan kepada  Ibu Chee bahwa anaknya yang berusia tujuh tahun memberitahukannya untuk menjadi vegetarian.

Ibu Mandy Chee, pendiri Klub Butterworth Kiwanis (kiri); Bpk. Cai Huazhing (kanan), Kepala Sekolah Menengah Atas Zhong Ling; dan Bpk. He Wenda (kedua dari kiri); wakil kepala sekolah

Seminar yang kedua diselenggarakan pada hari berikutnya di Sekolah Menengah Atas Zhong Ling. Lebih dari 2.700 murid menghadiri seminar tiga sesi tersebut. Ketika mereka menyaksikan video industri peternakan, mereka terkejut oleh kekejaman manusia terhadap para hewan dan beberapa dari mereka bahkan menangis. Beberapa di antaranya menuliskan komentar sepanjang 200 kata setelah menyaksikan video dokumenter itu dan membaca selebaran SOS. Para murid juga meminta banyak DVD "Selamatkan Planet Kita". Pemilik sekolah menekankan pada kerusakan lingkungan akibat industri daging dan penderitaan hewan, serta mengatakan bahwa makan daging adalah penyebab utama krisis pangan dunia. Beberapa murid mengatakan bahwa mereka harus mengganti dengan pola makan vegetarian, sementara yang lain setuju untuk mengurangi konsumsi dagingnya. Ibu Chee menyarankan agar sekolah itu mulai menyediakan pilihan makanan vegetarian di kantinnya.

Rekan inisiat sangat gembira dapat melayani masyarakat dan menyadari bahwa kasih dan berkah Guru berada di balik kesuksesan seminar ini. Mereka menatap ke depan dengan penuh percaya diri untuk menyelenggarakan seminar lainnya.