Kasih dalam Tindakan


Republik Dominika, Kuba, Haiti
 
 

Tetap Beriman Walaupun Ditimpa Bencana

Oleh Tim Bantuan Bencana Kosta Rika dan AS (Asal bahasa Inggris)

Pada pertengahan bulan Agustus, Badai Tropis Fay, dengan kecepatan angin sekitar 45 mph, bergerak dari Republik Dominika melewati Haiti sampai ke bagian pusat Kuba yang menyebabkan banjir, merusak rumah-rumah, dan menelan korban sepanjang pergerakannnya. Untuk memberikan bantuan dan penghiburan kepada para korban, para anggota Asosiasi kami dari Costa Rica dan Florida, AS, membentuk tim bantuan dan berangkat menuju ketiga negara pulau Karibia ini, dengan membawa kasih Guru dan dana bantuan keuangan dari Beliau sebesar 50.000 dollar Amerika Serikat.

Republik Dominika  

Pada tanggal 21 Agustus, tim bantuan dari AS dan Kosta Rika mengunjungi wilayah Paso del Medio di San Pedro de Macoris untuk menyerahkan bantuan makanan kepada keluarga yang diungsikan karena banjir. Orang-orang merasa sangat senang saat melihat tim tersebut tiba, karena ini adalah untuk yang kedua kalinya mereka mendapat kesempatan untuk bertemu dengan anggota dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai. (Pada tahun 2004, para anggota Asosiasi kita telah berpartisipasi dalam karya bantuan bencana untuk Angin Topan Jeanne; silakan lihat Majalah Berita #154 untuk rinciannya.) Pada hari yang sama, Direktur dari Wilayah Timur, Pablo Polanco memberikan kami Piagam Penghargaan kepada Guru terkasih kita atas cinta kasih Beliau terhadap penduduk Republik Dominika. Selama dua hari berikutnya, tim bantuan bencana mengunjungi El Rosario, Santo Domingo Oeste, dan Palamara de Pedro Brand. Banyak orang yang mengucapkan terima kasih kepada Guru dengan mengatakan bahwa orang seperti Beliau dengan hati yang begitu mulia sungguh tidak mudah ditemui. Pada tanggal 24 Agustus, tim mengunjungi kotapraja terakhir, Bajo Yuna di San Francisco de Macoris, dimana orang di sana untuk yang pertama kalinya menerima bantuan sejak Badai Tropis Fay menyerang. Mereka terus bertepuk tangan dan berterima kasih kepada Tuhan karena telah menjawab doa-doa mereka.
Surat ucapan terima kasih

Hati yang indah dari bangsa Dominika sungguh mengesankan. Apapun yang mereka miliki, mereka akan berbagi dengan yang lainnya. Hari pertama tim bantuan tiba di bandara udara, mereka menelepon Direktur pengganti dari Komisi Darurat Nasional, yang membuat mereka dapat terhubung dengan para walikota di daerah yang terkena bencana sampai hari terakhir mereka menyelesaikan misi bantuan. Pertahanan Sipil selalu membantu dan membimbing mereka ke tempat-tempat perbelanjaan, membantu mereka membungkus bahan-bahan makanan, dan juga membantu mengatur komunitas. Mereka bahkan menemani tim saat mereka mengunjungi para keluarga untuk memberikan bahan-bahan bantuan.  

Kuba

Pada tanggal 26 Agustus, tim bantuan Kosta Rika tiba di Kuba dan tanpa beristirahat mereka terus bepergian selama delapan jam untuk mencapai satu dari provinsi yang paling menyedihkan. Di sana, tanpa bantuan tak ternilai dari penduduk lokal pasti tidak akan dapat mencapai keluarga-keluarga yang tertimpa bencana badai itu. Setelah meneliti situasinya, tim membeli bahan makanan dan mulai membagikan paket-paket bantuan yang dikemas pada tanggal 30 Agustus. Kebanyakan orang di komunitas-komunitas ini sangat senang dan berkata, “Tuhan telah datang, mengabulkan doa-doa kami dengan makanan.” Beberapa dari mereka sangat tersentuh dan mengeluarkan air mata, mengekspresikan betapa mengagumkannya Tuhan yang akhirnya datang kepada mereka melalui tim bantuan bencana― “alat-Nya yang rendah hati”.

Haiti

Tim bantuan bencana dari Florida, AS tiba di Haiti pada tanggal 27 Agustus. Mereka bertemu dengan banyak organisasi lain yang memberikan bantuan darurat kepada lebih dari delapan wilayah bencana. Lebih dari 3.000 keluarga menerima makanan seperti beras, kacang, pasta, dan minyak. Kongres dan wali kota dari wilayah-wilayah ini menyampaikan terima kasih mereka yang tulus kepada Guru atas kasih dan bantuan yang Beliau berikan kepada penduduk di Haiti. Mereka yang menerima bahan-bahan bantuan juga sangat bersyukur atas bantuan dan kasih tanpa pamrih dari Maha Guru Ching Hai. Di Delmas Shaa, makanan diberikan kepada para tunanetra dan orang cacat. Setelah itu mereka menyanyikan doa syukur dan memuji Guru dengan seluruh kasih mereka. Itu adalah saat yang sangat menyentuh. Tim bantuan bencana merasa terhormat dapat membawa kasih Tuhan kepada para korban bencana dan amat tersentuh melihat keluarga-keluarga ini tetap beriman walaupun kehidupan mereka mengalami bencana terakhir yang disebabkan angin topan tersebut. Iman dan kepercayaan mereka kepada Tuhan begitu kuat dimana mereka tidak memiliki keraguan bahwa Tuhanlah yang mengirimkan mereka makanan ini melalui Guru. Hubungan batin yang dalam dengan Yang Maha Kuasa telah memberi semangat anggota tim bantuan bencana. Mereka semua sedang berbagai satu persekutuan batin, kebahagiaan, dan berkat.

Biaya Pengeluaran Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional-Nya untuk Usaha Bantuan Banjir di Kuba, Republik Dominika, dan Haiti

Keterangan

Jumlah(US$)

Tanda Terima

Kuba

 

 

Makanan (beras, minyak goreng, kacang, spaghetti)

7.090

C1

Lain-lain (sewa truk, bensin, biaya bank)

2.910

C2

Republik Dominika

 

 

Makanan (beras, terigu, minyak goreng, havermut, jagung, susu)

19.356

D1

Lain-lain (selebaran, bensin, komunikasi, transportasi)

1.724

D2

Haiti

 

 

Makanan (beras, terigu, minyak goreng, havermut, jagung, susu)

17.256

H1

Lain-lain (transportasi, komunikasi)

1.664

H2

Total

US$50.000

 

* Selama operasi bantuan bencana, para inisiat membayar biaya transportasi mereka sendiri.

 

Untuk melihat aktifitas kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan anggota Asosiasi Internasional-Nya, silakan kunjungi  http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian (Daftar dapat diurut berdasarkan tahun, negara, dan jenis kegiatan)