Kasih dalam Tindakan

Honduras

Tuhan Selalu Mendengarkan

Oleh Tim Bantuan Bencana Kosta Rika (Asal bahasa Spanyol)

Pada tanggal 5 September 2008, tim bantuan bencana Kosta Rika tiba di Tegucigalpa, Honduras untuk menyediakan bantuan kepada para korban yang terkena banjir yang telah kehilangan segalanya ketika sebuah sungai besar meluap.

Tim berhubungan dengan Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Tegucigalpa, Tuan Carlos Condero yang menawarkan mobilnya beserta seorang supir untuk membantu mereka dalam misi tersebut. Supir tersebut yang juga anggota pemadam kebakaran, Alfredo Rosales, tidak hanya mengantar mereka ke daerah-daerah yang terkena bencana, tetapi juga membantu pembelian dan pengepakan persediaan bantuan.

Pada keesokan malamnya, tim penolong tiba di La Avispa di San Francisco de la Paz, Olancho, dimana mereka mendistribusikan persediaan kebutuhan pokok dan juga permen untuk anak-anak. Para keluarga korban sangat berterima kasih kepada Tuhan dan Guru atas kiriman kasih dan kenyamanan terhadap komunitas mereka di gunung yang terpencil.

Pada tanggal 9 September, COPECO (Komisi Nasional untuk Keadaan Darurat) memberitahu tim penolong bahwa masyarakat di Goascorancito, Cutile, dan Arrada di daerah Choluteca sedang membutuhkan bantuan. Karena ada ancaman yang besar dan tanah longsor yang fatal, pemerintah membangun sebuah tempat perlindungan sehingga para penduduk desa dapat diungsikan ke daerah yang lebih aman. Sementara itu, mereka tidak dapat menjangkau hasil-hasil panen mereka di ladang-ladang. Diperlukan beberapa jam bagi tim penolong untuk berjalan di atas jalan-jalan kecil yang curam dan sempit untuk menjangkau mereka. Setelah mengetahui bahwa masalah yang paling mendesak adalah kekurangan makanan, tim bergerak ke bawah gunung dan berkendaraan ke kota kecil di Provinsi Cholutea dimana mereka membeli persediaan barang yang dapat bertahan selama 15 hari sampai mereka diungsikan. Dengan bantuan dari Tim Penolong Sukarela COPECO, persediaan-persediaan tersebut dikemas dalam semalam dan dikirimkan ke keluarga-keluarga yang memerlukan keesokan harinya.

Keluarga-keluarga tersebut berterima kasih kepada Tuhan dan Guru atas makanan yang mereka terima dan cinta kasih yang mereka rasakan dari anggota-anggota tim. Orang-orang ini telah berdoa kepada Tuhan atas pertolongan dan doa-doa mereka telah didengarkan.

 

Pengeluaran oleh Maha Guru Ching Hai

untuk Kegiatan Pertolongan Banjir di Honduras 

Keterangan

Jumlah (US$)

Bukti Terima

Makanan (nasi, minyak masak, kacang-kacangan, tepung terigu, gula, garam, saus tomat, kopi, susu, sereal, permen), sabun, deterjen, lilin, dan korek api

7.543 

A1~A6

Lain-lain (bensin, akomodasi, transportasi, dll.) 

1.707

B1~B12

Total

 US$9.250

 

 

Untuk melihat aktifitas kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan anggota Asosiasi Internasional-Nya, silakan kunjungi  http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian (Daftar dapat diurut berdasarkan tahun, negara, dan jenis kegiatan)