Lintasan Peristiwa

Formosa

Gerakan Seluruh Negeri untuk Menyelamatkan Bumi

Laporan disusun oleh Grup Berita Formosa (Asal bahasa China)

Kampanye yang terus dilakukan oleh para rekan inisiat dari Formosa dengan tema "Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, Selamatkan Bumi" telah mendapat tanggapan yang luar biasa dari seluruh penjuru negeri. Fakta bahwa Formosa tercantum sebagai negara penghasil emisi karbon dioksida terbesar ke-11 di dunia, Kementerian Urusan Ekonomi dan Energi telah mendorong 116 perusahaan lokal utama untuk membentuk Kelompok Pelayanan Penghematan Energi Korporasi agar dapat bekerja sama untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon. Kelompok ini menetapkan target 3 tahun untuk pengurangan sebesar 6 persen dengan tujuan untuk mengurangi konsumsi minyak mentah sebesar 781.000 kiloliter dan emisi karbon dioksida sebesar 2,14 juta ton, suatu jumlah yang hanya dapat digantikan dengan penanaman hutan seluas 143.000 hektar. Berikut adalah berbagai laporan kegiatan yang diselenggarakan di seluruh Formosa mengenai kampanye "Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, Selamatkan Bumi"

Bervegetarian Satu Hari Seminggu

 

[Taipei] [Taipei] Pada tanggal 22 Agustus, Tahun Emas 5 (2008), para rekan inisiat setempat membagikan selebaran SOS dan materi-materi informatif lainnya di Pameran Vegetarian Sehat yang diselenggarakan di Taipei World Trade Center. Selebaran Loving Hut yang berisi menu dan alamatnya di seluruh Formosa dibagikan untuk memberikan pilihan santapan yang lebih ramah lingkungan kepada masyarakat. 

Pada tanggal 23 dan 31 Agustus, Kelompok Boneka Lautan Kasih menampilkan 6 pertunjukan di Museum Keramik Yingge. Pertunjukkan mereka "Burung-burung dan Anjing-anjing dalam Hidupku - Dunia Satwa yang Penuh Kasih" bertujuan untuk membangkitkan welas asih dalam diri manusia dan menginspirasi mereka untuk menjadi vegetarian untuk menyelamatkan diri mereka sendiri serta spesies-spesies yang terancam punah. 

Pada tanggal 31 Agustus, Asosiasi kami diundang untuk ikut serta dalam Pameran Tanpa Daging Tanpa Panas yang diselenggarakan oleh Lembaga Perlindungan Kesejahteraan Hewan dan Lingkungan ROC di Taman Da An. Film SOS Selamatkan Bumi diputar sepanjang hari dan papan-papan reklame yang mengusung pesan Tanpa Daging Tanpa Panas dipasang di sekitar taman.

Kemping Tanpa Daging Tanpa Panas

 

Lishan Sekolah Menengah Atas Lishan, Kelompok Cahaya dan Suara Universitas Nasional Taiwan, serta Kelompok Pengembangan Universitas Normal Nasional Taiwan bersama-sama mengadakan Perkemahan Tanpa Daging Tanpa Panas yang dimulai pada tanggal 8 Juli. Selama kegiatan tiga hari itu, para peserta menikmati pengalaman dari tangan pertama untuk memerangi pemanasan global melalui pola makan nabati. Mereka mengikuti kelas-kelas memasak vegan, menyaksikan film-film yang menginspirasi seperti The Day After Tomorrow, berlatih seni minum teh, menghadiri sesi-sesi diskusi Tanpa Daging Tanpa Panas, serta pelajaran seni bela diri dan memukul drum yang dapat memberikan mereka ketenangan pikiran maupun tubuh yang lebih kuat. Tujuan perkemahan ini adalah untuk memperkuat kaum muda dengan pesan positif - Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, Selamatkan Bumi. 

"Langit Bertabur Bintang" di Pameran Buku Kampus

 

Sejak tanggal 24 sampai 28 September, Pemerintah Wilayah Taipei menyelenggarakan "Proyek Membaca Langit Bertabur Bintang 2008" di Pameran Buku Kampus di Sekolah Dasar Denggong di Danshui yang mengikutsertakan sebuah kontes untuk memilih buku-buku bermutu. Buku terlaris No. 1 di toko-toko buku dan toko-toko buku online di seluruh negeri: Burung-burung dalam Hidupku, Anjing-anjing dalam Hidupku, Hewan Liar yang Mulia, Menyadari Kesehatan, serta Renungan Hidup dan Kesadaran dipajang dalam pameran ini. Para saudari inisiat mengundang banyak anak untuk membaca dengan lantang cerita-cerita menyentuh tentang para angsa, para anjing, dan sahabat-sahabat berbulu kita kepada para pengunjung. Kami berterima kasih kepada anak-anak ini yang telah membantu orang untuk menyadari gaya hidup vegan yang pengasih.

Hanya Sepeda pada Hari Bebas Kendaraan

 

[Taoyuan] Untuk mendukung Hari Bebas Kendaraan Internasional pada tanggal 21 September, Pemerintah Wilayah Taoyuan mengadakan acara bebas kendaraan di depan Stasiun Kereta Cepat yang menarik kurang lebih 2.000 pesepeda. Asosiasi kami mendukung kegiatan ini dan mendistribusikan selebaran SOS Selamatkan Bumi kepada para peserta dan para tamu. Ini merupakan kesempatan yang luar biasa dapat menginformasikan kepada peserta yang sadar lingkungan ini untuk mengetahui lebih bahwa menjalankan pola makan vegan sangat penting bagi pelestarian lingkungan.

Seminar tentang Pola Makan Sehat

 

[Taichung] Para rekan inisiat setempat berbagi informasi seputar pemanasan global dengan para guru dan murid dari sekolah dasar dan sekolah menengah pertama melalui diskusi hangat serta mencicipi makanan vegetarian untuk membantu mereka memahami krisis ini dan mengubah gaya hidup mereka. Laporan berbagai penelitian dan DVD dari berbagai media telah dibagikan. Selain itu demo masak juga diselenggarakan.

Bintang Penghibur Mendukung Pola Makan Nabati

 

[Nantou] Karena kepedulian yang mendalam akan kesejahteraan para satwa, bintang papan atas Tan Ai-zhen telah menjadi seorang vegetarian sejak 20 tahun yang lalu. Saat ini ia membawakan acara kuliner televisi yang menyarankan pola makan vegetarian dan kesejahteraan para satwa. Menyadari akan kritisnya situasi pemanasan global ini, ia menerima sebuah undangan dari Perpustakaan Kota Puli dan Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai untuk memberikan ceramah mengenai pola makan berbasis tumbuhan sebagai cara tercepat, termudah, dan terefisien untuk menghambat pemanasan global melalui pengurangan konsumsi energi serta jejak karbon. Asosiasi kami menyediakan makan siang vegan yang mewah yang dipuji oleh para peserta.

Pejabat Mengumumkan Kasih untuk Bumi di Konferensi Pers

 

Untuk mendukung rencana pemerintah pusat untuk menghemat energi dan mengurangi emisi karbon, Pemerintah Wilayah Nantou mengadakan jumpa pers di Balai Kota pada tanggal 29 Agustus bersama dengan Wakil Magister Chen Chi-ching dan para pejabat tinggi wilayah untuk menandatangani sepuluh poin deklarasi hijau. Seniman pasir Zhuang Ming-da mengilustrasikan pentingnya konservasi energi dengan menampilkan lukisan pasir secara langsung. 

Direktur Biro Perlindungan Lingkungan Yan Jia-xian mengatakan bahwa salah satu prioritas utama pemerintah adalah untuk mempromosikan pola makan berbasis tumbuhan untuk menghemat energi dan mengurangi emisi karbon. Kantin Balai Kota saat ini menawarkan makanan berdaging yang lebih sedikit dan lebih banyak buah serta sayuran lokal yang sedang musim. Biro ini menunjukkan contoh dengan menyediakan para tamu dan wartawan sekotak makanan berbasis tumbuhan yang lezat dan ramah lingkungan.

Kampanye Vegan di Sekolah Dasar

 

[Changhua] [Changhua] Pada tanggal 1 Oktober, rekan inisiat setempat berbagi pesan "Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, Selamatkan Bumi" di Sekolah Dasar Xishi di Kota Fuxing. Mereka disambut hangat oleh kepala sekolah Liang Zhun-xi dan lebih dari 30 guru. Para rekan inisiat mempersiapkan makan siang vegetarian yang mewah yang sangat dinikmati oleh semua guru. Pada siang harinya, seorang rekan inisiat dari Fakultas Pendidikan Universitas Changhua menyampaikan seminar singkat dengan topik vegetarian untuk memerangi pemanasan global yang membahas penelitian serta teori hasil penelitian para ilmuwan iklim dan para ahli lainnya, serta seminar yang menyinggung nilai moral dan spiritual.

Bapak Liang berterima kasih kepada para rekan inisiat dan berharap agar setiap orang akan bekerja sama untuk melakukan bagian mereka dalam menyelamatkan Bumi ini. Nyatanya, melalui usaha setiap orang, pesan Tanpa Daging Tanpa Panas telah mengakar dalam diri setiap orang.

Melaksanakan Langkah Pertama

 

[Chiayi] Pada tanggal 24 Agustus, Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai bekerja sama dengan Biro Perlindungan Lingkungan Wilayah Chiayi dan Yayasan Pendidikan Chen Xiu-lian untuk berbagi pesan bahwa pemanasan global dapat dihambat dengan menjadi vegetarian dan melakukan penghijauan. Poster-poster dipasang dan acara Supreme Master Television ditampilkan di Sekolah Menengah Atas Xingang dimana para peserta mendapatkan tas belanja ramah lingkungan serta sebuah Bulletin Hari Bumi 2008. Makan siang vegetarian yang sehat dan bernutrisi disajikan dan sebuah demo memasak vegetarian juga diadakan. Para penduduk lokal diingatkan bahwa mereka paling tidak memiliki tiga kesempatan setiap harinya untuk menyelamatkan Bumi. Cukup dengan mencoba menjadi vegetarian dan bertindak hijau! 

Memperbaharui Dukungan

 

Untuk mendukung proyek penghematan energi dan pengurangan karbon, Pemerintah Wilayah Yunlin dari Biro Pelayanan Pajak menyelenggarakan sebuah seminar untuk menyampaikan pesan kepada para warga. Asosiasi kami diundang untuk mengorganisir seminar yang diadakan pada tanggal 26 Agustus. Bapak Chou Chia-fu, seorang peneliti di Institut Fisika Academia Sinica diundang untuk menjadi pembicara mengenai tindakan-tindakan yang sebaiknya kita tempuh untuk memerangi pemanasan global. Sekitar 170 peserta dari 10 kota menghadiri seminar ini. Mereka dihidangkan hamburger vegetarian yang sangat lezat sehingga mereka mulai menerima pola makan berbasis tumbuhan ini untuk mengurangi emisi karbon. Buklet resep-resep vegetarian sangat diminati. Kepala Biro He Yi-fan mengatakan bahwa beliau berharap agar setiap orang mencoba untuk makan lebih banyak hidangan sayuran, atau bahkan menjadi vegetarian murni.

Konser "Kick Carbon"

 

[Tainan] Pada tanggal 16 Agustus, Center Tainan menyelenggarakan sebuah seminar Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau, Selamatkan Bumi di Xinhua. Seminar ini menampilkan sebuah pengantar tentang informasi terbaru perubahan iklim, pertunjukan film Air Mata di balik Besi, sebuah konser kecil, dan sebuah diskusi yang dibawakan oleh para dokter mengenai pola makan vegan untuk mengerem pemanasan global. Wali Kota Xinhua Yao Xi-hai dan para anggota dewan perwakilan kota berterima kasih kepada Asosiasi kami karena telah menyelenggarakan acara penuh arti ini. Beliau mendorong publik untuk mengurangi jejak karbon mereka dan memastikan sebuah kehidupan yang lebih baik bagi anak cucu kita. Bagi para tamu, hidangan prasmanan untuk makan siang telah menjadi ajang promosi  gaya hidup vegetarian. Pada malam harinya, sebuah konser "Kick Carbon" diadakan di halaman Aula Budaya Yang Kui-wen. Sambil menikmati kegembiraan itu, para tamu juga menerima pesan penting bahwa pola makan berbasis tumbuhan adalah cara terbaik untuk melindungi Bumi. Pada tanggal 16 dan 17 Agustus, sebuah pameran pengurangan emisi karbon diadakan di aula kebudayaan yang mendapat tanggapan positif. .

Mengajar Kaum Lansia Keahlian Memasak Vegetarian

 

Pada tanggal 26 April, Kelompok Anti Pemanasan Global Center Tainan mengadakan sebuah seminar dan acara mencicipi makanan vegetarian di Asosiasi Kesejahteraan Lansia Yanshui. Dikarenakan banyaknya permintaan, para rekan inisiat menawarkan kelas memasak selama 12 minggu bagi para anggotanya yang mengumpulkan resep-resep menjadi sebuah buku memasak vegetarian dan menyiapkan hidangan-hidangan untuk presentasi pada tanggal 5 September. Para peserta kelas akan memasak lebih dari 20 jenis sajian vegetarian yang penuh warna, aroma, dan lezat bagi lebih dari ratusan tamu. Hidangan ini disajikan dengan ditemani penampilan seorang pemain biola profesional yang memainkan komposisi musikal Maha Guru Ching Hai. Wali Kota Yanshui Yan jin-shi mengambil kesempatan ini untuk mendorong setiap orang agar menerapkan pola makan vegetarian untuk memerangi pemanasan global. Bapak Chen Qi-duan, presiden dari Asosiasi Kesejahteraan, menyampaikan sebuah surat terima kasih kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai sebagai penghargaan atas usaha mereka yang giat dalam menginformasikan masyarakat mengenai krisis iklim yang tengah berlangsung dan menawarkan pola makan vegetarian sebagai sebuah solusi.

Para Pelajar Belajar tentang Pemanasan Global 

 

Di bulan Juli dan Agustus, Kelompok Anti Pemanasan Global kami memberikan ceramah mengenai perubahan iklim dan Tanpa Daging Tanpa Panas atas undangan Asosiasi Perlindungan Alam Liar di Tainan dan Chiayi, serta di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi dan Ekonomi Rumah Tangga HuatTe di Wilayah Kaoshiung. Di bulan September, mereka berbagi pesan SOS di sekolah dasar dan menengah pertama. Mereka membuat presentasi multimedia yang berbeda untuk para guru dan para murid yang berbeda usia serta membagikan selebaran SOS. Di Sekolah Menengah Pertama Taizi, hampir setengah dari murid-muridnya ingin menjadi vegetarian paling tidak sekali seminggu. Wakil Wali Kota Yan Cun-zuo dari Wilayah Tainan sangat menyarankan vegetarian untuk memerangi pemanasan global dengan mendorong para murid untuk makan lebih banyak sayur-sayuran dan mengurangi daging. Usaha-usaha para rekan inisiat di kampus-kampus sekolah telah mulai berbuah.

 

Selebaran Dibagikan sebelum Serangan Topan

 

[Kaohsiung] Pada tanggal 27 Agustus, tepat sebelum topan Jangmi menerjang selatan Formosa, para anggota Asosiasi kami dari Kaoshiung bergegas membagikan selebaran SOS dan buklet perubahan iklim kepada masyarakat. Sambil membaca informasi berharga ini di rumah selama topan berlangsung, kami berharap masyarakat akan menyadari berbagai dampak merusak yang disebabkan oleh industri peternakan terhadap pola iklim yang berubah secara dramatis serta mengganti pola makan mereka dengan pola makan vegan yang ramah lingkungan..