Lintasan Peristiwa

Umat manusia berada di persimpangan yang kritis karena terus dimanja oleh kebiasaan lamanya yang mempercepat pemanasan global. Dengan hati yang penuh kasih serta keadaan yang sangat mendesak, maka Maha Guru Ching Hai berbagi kebijaksanaan-Nya melalui selebaran yang baru untuk menyadarkan umat manusia tentang keharusan yang mendesak untuk mengadopsi gaya hidup alternatif demi membantu membalikkan pola perubahan iklim. Selebaran "SOS - Jadilah Vegetarian! Jadilah Hijau!" tidak hanya menampilkan fakta buruk, tetapi yang lebih penting lagi adalah agar kita beralih ke kehidupan yang berkelanjutan. Guru telah memberi pesan yang jelas: Diet Vegetarian, gunakan energi yang terbarukan, dan terapkan teknologi hijau adalah pilihan yang harus dilakukan oleh semua orang dan harus dimulai dari sekarang.

Selebaran dalam berbagai bahasa dapat diunduh di sini:
http://suprememasterchinghai.net/sos.htm


Indonesia

Kampanye SOS di Jakarta

Oleh Grup Berita Jakarta (Asal bahasa Indonesia)

[Jakarta] Dengan berkat Guru dan kasih-Nya yang tanpa syarat, Center Jakarta dengan sukses menyelenggarakan satu rangkaian kampanye SOS dan mengangkat kesadaran masyarakat untuk bertindak dalam mengatasi krisis yang mendesak dari pemanasan global.

Dari tanggal 8 Juni sampai 8 Juli , Tahun Emas 5 (2008), rekan inisiat menempatkan ratusan spanduk SOS di tempat strategis di seluruh Indonesia yang mencakup wilayah hunian penduduk. Mereka juga membagi-bagikan brosur SOS  pemanasan global dan selebaran Cara Hidup Alternatif serta pesan “Jadilah Vegetarian dan Lakukan Penghijauan” melalui beberapa saluran radio lokal serta menyelenggarakan seminar pemanasan global di sekolah-sekolah.

Pada tanggal 22 Juni, ratusan pengemudi sepeda bergabung dalam “Tour Hijau” yang diorganisir oleh rekan inisiat kita dengan klub sepeda lokal. Mereka mengenakan Kaos SOS yang dirancang oleh salah satu rekan inisiat dan bergerak di jalan Pusat Bisnis Utama di Jakarta sambil membagi-bagikan brosur SOS kepada masyarakat. Secara keseluruhan ada 10.000 brosur SOS yang dibagi-bagikan dan ratusan tanda tangan dukungan yang diberikan dalam spanduk SOS sepanjang 10 meter.

    Spanduk SOS “Selamatkan Bumi, Jadilah Vegetarian, Lakukan Penghijauan”  
   

Gubernur Jakarta, Dr. Ing. H. Fauzi Bowo memberikan tanda tangannya untuk menunjukkan dukungannya atas kegiatan kami “Jadilah Vegetarian, Lakukan Penghijauan untuk Menyelamatkan Bumi"

   
    Spanduk SOS sepanjang 10 meter yang penuh dengan tanda tangan pendukung “Selamatkan Bumi, Hentikan Pemanasan Global, Dukung Gerakan Vegetarian dan Lakukan Penghijauan  
       
 
Kampanye Sepeda “Tour Hijau”

Pada tanggal 29 Juni, rekan inisiat dan keluarga mereka melaksanakan  Kampanye “Jalan Kasih” yang pertama kalinya dengan berbaris secara damai dari Tugu Nasional melalui jalan Pusat Bisnis Thamrin dan Jalan Sudirman menuju Bundaran Hotel Indonesia. Mereka menyebarkan lebih dari 10.000 brosur SOS, 5.000 benih tanaman, dan mengumpulkan ribuan tanda tangan. Gubernur Jakarta, Dr. Ing. H. Fauzi Bowo mengunjungi tenda mereka dan menandatangani namanya juga!

Pada tanggal 13 Juli dan 14 September, sebagai jawaban atas undangan dari Departmen Lingkungan Hidup untuk bergabung dalam peluncuran Program Hari Bebas Kendaraan yang pertama di jalan utama Jakarta Pusat dan  Jakarta Timur, rekan inisiat  melaksanakan dua lagi acara Jalan Kasih yang sukses. Wali Kota  Jakarta Pusat, Dr. Hj. Sylviana Murni SH, Msi, dan Wali Kota Jakarta timur, Dr. H.Murdhani, MH, kedua-duanya juga menandatangani spanduk mini SOS yang secara khusus dirancang untuk para pejabat pemerintah. Karena bulan September bertepatan dengan  bulan puasa untuk para sahabat Muslim kami, rekan inisiat menunjukkan dukungan mereka dengan tidak minum dan makan selama kegiatan berlangsung.

Penuh dengan berkah welas asih Guru, rekan inisiat Jakarta pergi dengan “sekuat tenaga” untuk mengatakan kepada dunia, paham vegetarian merupakan satu-satunya jalan keluar pemecahan untuk menghentikan pemanasan global dan menyelamatkan planet. Mereka percaya bahwa usaha-usaha mereka akan membawa dampak yang positif untuk Indonesia dan dunia.



Menciptakan Indonesia yang Lebih Hijau dan Bersih

Oleh Grup Berita Jawa Timur (Asal bahasa Indonesia)  

[Jawa Timur] Rekan inisiat Jawa Timur sudah membuat suatu misi untuk menyediakan informasi menyeluruh kepada para warga negara Indonesia mengenai pemanasan global dan gaya hidup vegetarian. Tiga buklet “SOS Pemanasan Global,” “Menciptakan Surga di Atas Bumi melalui Kasih,”  dan “Koleksi Resep Masakan Vegetarian,” telah diterjemahkan ke dalam bahasa lokal dan diharapkan dapat membantu orang-orang untuk membuat keputusan yang benar yaitu beralih ke pola makan nabati.

Lebih dari 250.000 salinan dari buku SOS Pemanasan Global baru-baru ini dicetak dan dikirimkan ke Center lokal di Malang, Magelang, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali untuk disebarkan. Ketiga buklet yang tersedia gratis tersebut sudah menimbulkan tanggapan yang mengharukan dari orang-orang yang menyadari bahwa kita harus menahan laju pemanasan global. Buklet tersebut telah menarik perhatian yang besar pada suatu pertemuan yang dikelola oleh kelompok lingkungan dan dihadiri oleh pejabat lokal dan pusat.


Mereka tersedia untuk diunduh secara gratis pada:
http://hiduplebihmulia.wordpress.com (Bahasa Indonesia)

 

[Surabaya] Dari bulan Juli sampai Agustus, Center Surabaya dan Malang mengambil bagian di dalam “Surabaya Bersih dan Hijau” (SBH) yang diadakan oleh Unilever - perusahaan dunia yang terkenal untuk produk rumah tangga dan pribadi, Jawa Pos - media yang paling besar di Jawa Timur, dan pemerintah Kota Surabaya. Bertujuan untuk menginformasikan orang-orang tentang pentingnya lingkungan yang hijau dan bersih, kegiatan berupa kontes desa dengan para sponsor yang bertindak sebagai panelis berperan untuk memutuskan desa yang paling bersih dan hijau di Surabaya. Pertunjukan keliling juga diadakan pada hari Minggu dan hari libur lainnya di desa yang terpilih yang telah menarik lebih dari seribu penduduk desa serta banyak orang penting dari pemerintahan. Surat kabar terbesar dan paling berpengaruh di Jawa Timur - Jawa Pos memberikan liputan untuk peristiwa ini. 

Rekan inisiat mengambil kesempatan yang besar ini untuk memberi informasi lebih tentang pemanasan global dan pola makan vegetarian kepada orang-orang. Mereka menyebarkan seribu salinan dari buklet, membagikan 7.000 makanan vegetarian, mensponsori kontes masakan vegetarian untuk pertunjukan keliling, dan memberi penjelasan yang informatif. Mereka menerima tanggapan yang baik dari penduduk desa yang menyukai makanan vegetarian yang lezat dan menyatakan penghargaan mereka atas buklet yang mendukung dan informatif. Jawa Pos dengan baik hati meliput kegiatan rekan inisiat itu di dalam surat kabar mereka dua kali!  

Berterima kasih atas berkat dan dorongan Guru atas keberhasilan dari semua kegiatan ini, rekan inisiat lokal bertekad untuk membawa pesan Guru ke seluruh sudut negeri.