Kasih dalam Tindakan
Kazakstan, Tajikistan
Dukungan Penuh Kasih Memperoleh Ucapan Terima Kasih Sepenuh Hati
Oleh Tim Bantuan Korea (Asal bahasa Korea)

Pada tanggal 5 Oktober 2008, gempa bumi dahsyat berkekuatan 6,6 mengguncang bagian selatan Kyrgyzstan di dekat perbatasan Tajikistan. Suhu udara yang sangat dingin di beberapa desa pegunungan terpencil menambah mendesaknya situasi.

Dalam hitungan jam sejak terjadinya gempa bumi, Maha Guru Ching Hai memberi sumbangan sebesar US$20.000. Tim Bantuan Korea, termasuk dua perawat dan seorang pemadam kebakaran, melakukan perjalanan sejauh 4.600 kilometer menuju bagian selatan Provinsi Osh di Kyrgyzstan. Mereka memberi obat-obatan kepada Rumah Sakit Negara Osh dan mendanai dialisis untuk dua pasien yang terluka parah. Lalu mereka memberanikan diri melakukan perjalanan ke Desa Nura yang berketinggian 2.000 meter, dimana 90% rumahnya telah hancur. Di sini, sekitar 800 penduduk desa hidup di tenda-tenda dan menerima perabot masak, pakaian-pakaian hangat, sepatu bot musim dingin, perlengkapan kamar mandi, biskuit, dan peralatan sekolah. Tim bantuan juga mendanai pembelian sebuah alat pemanas dan sebuah kontainer untuk tempat penampungan hangat bagi orang-orang di musim dingin. Penduduk desa merasa sangat tersentuh karena para anggota tim bantuan kami datang dari tempat yang demikian jauh untuk membantu mereka. Seluruh usaha bantuan didokumentasikan oleh ELTR TV yang dikelola oleh pemerintah.

Di dekat Tajikistan, setelah mendengar penaksiran oleh Masyarakat Sabit Merah, tim bantuan membeli pakaian musim dingin yang dibutuhkan seperti mantel, selimut, kaos kaki, sepatu, celana panjang, dan tepung lalu mengantarkan barang-barang tersebut ke Karakul, yang berjarak 1.280 km dari ibukota. Berkat kemurahan hati Tuhan, tidak ada korban jiwa atau kerusakan di desa dengan 200 rumah itu. Namun, orang-orang membutuhkan bantuan karena musim dingin yang parah semakin dekat.

Dalam perjalanan pulang ke Dushanbe, tim bantuan melakukan perjalanan lewat Khorugh, yang rusak karena gempa bumi. Mereka menyumbang US$1.500 ke Sekolah No.12, sebuah rumah yatim piatu dengan 53 anak, dan kepala sekolahnya menyatakan rasa terima kasih yang sepenuh hati kepada Guru. Lalu pada tanggal 28 November, Maha Guru Ching Hai memberi tambahan sebesar US$5.300 kepada rumah yatim piatu itu untuk membeli pakaian musim dingin, buku-buku, dan keperluan lain bagi anak-anak.

Penduduk Kyrgyzstan dan juga Tajikistan dengan cepat menerima buku contoh Guru, selebaran SOS dan Cara Hidup Alternatif, dengan harapan dapat lebih banyak membaca tentang penyandang dana mereka dan karya mulia-Nya. “Mohon sampaikan terima kasih banyak kepada Maha Guru Ching Hai atas nama kami,” kata mereka.


Pengeluaran oleh Maha Guru  Ching Hai
dan Asosiasi Internasional-Nya 
untuk Bantuan Gempa Bumi Kyrgyzstan dan Tajikistan

Keterangan

Jum/lah (USD)

Tanda Terima

Barang-barang bantuan (perabot masak, alat-alat sekolah, pakaian musim dingin, makanan, alat pemanas udara, kontainer, dsb.)

9.827

A

Sumbangan Finansial (Rumah Sakit Negara Osh, Desa Nura di Kyrgyzstan, Sekolah no.12 di Tajikistan)

13.016

B

Transportasi

16.485

C

Biaya Lain-lain (terjemahan, cetakan, komunikasi. dsb.)

                                 5.950

D

Total

US$ 45.278

 

* Selama kegiatan bantuan, rekan inisiat membayar sendiri pengeluaran untuk transportasi, akomodasi, dan makanan.

Untuk melihat Kegiatan-Kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi:
http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar ini bisa disortir berdasarkan tahun, negara/regional dan jenis kejadian.)