Kasih dalam Tindakan
Filipina

Membantu Korban Banjir di Filipina


Oleh Tim Bantuan Formosa (Asal bahasa China)

Pada awal Desember 2008, wilayah Pulau Samar hingga sebelah selatan Pulau Luzon di Filipina rusak akibat hujan yang sangat lebat selama lima hari dan menimpa 3.000 penduduk. Pada pertengahan Januari 2009, hujan lebat kembali melanda Pulau Samar dan daerah lain di sebelas provinsi, mulai dari bagian utara Luzon sampai dengan bagian timur Mindanao, dan menyebabkan banjir yang cukup parah serta tanah longsor. Bencana itu menelan banyak korban dan sekitar 200.000 orang kehilangan tempat tinggal. Sebagai respon terhadap bencana ini, Maha Guru Ching Hai menyumbang US$20.000, dan selanjutnya sebesar US$8.000, dan menginstruksikan para anggota Asosiasi kita untuk memberikan bantuan untuk membantu penduduk melewati masa sulit tersebut.

Tim bantuan kita dari Formosa segera menyiapkan bebagai macam obat-obatan, lalu pada tanggal 11 Desember membeli kebutuhan sehari-hari senilai 900.0000 Peso, yang kemudian dibagikan kepada keluarga yang paling membutuhkan di 17 desa yang terletak di pinggiran sungai sebelah utara Pulau Samar.

Pada bulan Januari tahun ini, para rekan inisiat kembali bergerak dengan cepat menuju Provinsi Selatan Samar dengan membawa kasih Guru. Pada tanggal 20 Januari, mereka mengirimkan barang bantuan darurat yang dibeli di daerah setempat ke Kota Palapag dan bertemu dengan Wali Kota Richardo Daiz. Pada kesempatan tersebut, mereka juga memperkenalkan ajaran Maha Guru Ching Hai dan menyampaikan brosur SOS kepada beliau. Wali Kota Daiz dengan senang menerima informasi itu dan sangat berterima kasih atas bantuan Guru. Ini adalah pertama kalinya kota mereka mendapatkan bantuan, katanya, dan dia hampir tidak percaya bahwa tim bantuan kita berhasil mengatasi kondisi jalan yang penuh bahaya dan cuaca buruk untuk mencapai penduduknya.

Pada hari berikutnya, tim kita membawa lebih banyak lagi barang-barang yang dibutuhkan ke Kota Lope de Vega. Karena empat kabupaten tempat dimana barang-barang itu akan dibagikan lebih jauh dari pusat kota dan kondisi jalannya sangat rusak, Wali Kota Erlinda Palloc-Cinco memerintahkan departemen yang terkait untuk menerima bantuan tersebut dan berfoto untuk menunjukkan penghargaan mereka yang dalam atas kebaikan dan kasih dari Guru. Mereka juga mengunjungi panti asuhan anak yang dikelola oleh dinas kesejahteraan sosial setempat dan membagikan kebutuhan harian serta makanan untuk anak-anak. Sangat membahagiakan dapat menyaksikan keceriaan dan kegembiraan di atas raut wajah para malaikat kecil tersebut, yang sangat berterima kasih kepada Guru.

Surat penghargaan dari Wali Kota Kota Palapag dan Lope de Vega

Pengeluaran Maha Guru Ching Hai untuk Bantuan Banjir di Filipina

 (Mata uang: Peso Filipina

Keterangan

Jumlah

Kuitansi

Kebutuhan harian (gula, garam, kacang kalengan, tepung beras, minyak, kecap, sup, shampoo, cuka, susu bubuk, sereal instan yang bergizi, gula-gula, biskuit)

840.577,25

P1

Beras

308.425,00

P2

Obat-obatan

65.213,75

P3

Transportasi (truk, kapal barang )

58.630,22

P4

Lain-lain (tas-tas plastik, tali, upah untuk para pekerja pengepakan)

13.785,03

P5

Total

Peso 1.286.631,25 (US$27.086,97)

 

* Selama usaha bantuan, para inisiat membayar sendiri biaya transportasi, makanan, dan akomodasi.
 

 

Berkah Kasih Ilahi

Oleh Grup Berita Filipina (Asal bahasa Filipina)

Maha Guru Ching Hai melanjutkan bantuan penuh murah hati atas upaya kemanusiaan yang dimulai oleh Dr. Rene Santos yang diteruskan oleh keluarganya setelah beliau meninggal pada akhir Desember tahun lalu. Beliau menyumbang US$10.000 untuk Proyek Pemberian Hadiah Tahunan Dr. Santos kepada Suku Dumagat dan pembangunan sebuah Klinik Amal di Filipina.

Perayaan Pemberian Hadiah diadakan pada tanggal 11 Januari, Tahun Emas 6 (2009), di Bulacan melalui upaya yang dikoordinir oleh beberapa organisasi yang berbeda. Sekitar 1.500 keluarga Dumagat tiba dari berbagai daerah yang berlainan dimana beberapa di antaranya berjalan kaki selama dua hingga tiga minggu dari rumah mereka untuk merayakan acara khusus tersebut. Tidak hanya udara dingin, hembusan angin kencang pun tidak dapat mengurangi kegembiraan dan kesenangan mereka dalam menerima berkah tahunan tersebut. Mereka bersuka cita atas hadiah kasih seperti beras, mie, garam, permen, biskuit, selimut, tas, pakaian, sabun, perkakas, buku catatan, payung, sandal, dan uang tunai.
Surat ucapan terima kasih Ibu Ameurfina G. Santos atas sumbangan US$50.000 dari Guru

Setelah merayakan kesuksesan proyek Pemberian Hadiah, Ibu Ameurfina G. Santos mendapat kejutan menyenangkan dengan menerima kunjungan dari para anggota Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai dua minggu sesudahnya. Perwakilan Asosiasi kita datang atas permintaan Guru untuk memberikan sumbangan tambahan sebesar US$50.000 untuk membantu Ibu Santos memenuhi keinginan suaminya mendirikan sebuah Klinik Amal di Bulacan untuk memberikan bantuan dan pertolongan medis kepada orang-orang yang membutuhkan di wilayah tersebut.

Ibu Santos sangat tersentuh akan kasih Ilahi Guru kepada semua. “Dengan sangat bersyukur, saya dan anak-anak saya ingin menyampaikan penghargaan kami yang tulus atas perhatian-Mu dalam “PROYEK IMPIAN” Dr. Rene. Cinta dan belas kasih Maha Guru Ching Hai kepada sesama, khususnya bagi mereka yang miskin dan kekurangan, telah menjadi inspirasi Dr.Rene Santos untuk mempersembahkan dirinya lebih banyak bagi pelayanan kemanusiaan,” tulisnya di dalam surat balasan. Saat berterima kasih kepada Guru atas pemberian yang menakjubkan untuk masyarakatnya, Ibu Santos juga menyampaikan sebuah undangan sepenuh hati kepada Guru untuk memberkati pembukaan Klinik Amal tersebut.

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)