Kasih dalam Tindakan
Nikaragua, Honduras, Kosta Rika

 

Memperluas Bantuan  pada Waktu Dibutuhkan

 

Oleh Grup Berita Nikaragua dan Kosta Rika (Asal bahasa Spanyol)

Sebagai akibat dari hujan lebat selama berminggu-minggu di daerah pantai Pasifik Nikaragua dan Kosta Rika Utara pada bulan Oktober 2008, sepuluh ribu keluarga dari kedua negara tersebut telah menderita karena kehilangan harta benda dan korban manusia. Sebagai ungkapan rasa duka yang sangat dalam terhadap para korban, Maha Guru Ching Hai telah memberikan uang senilai US$12.000 kepada anggota Asosiasi setempat untuk melaksanakan tugas kemanusiaan.

Pada tanggal 7 Oktober, regu penolong melakukan perjalanan ke Granada, Nikaragua dengan membawa kasih Guru, makanan, dan perlengkapan yang sangat dibutuhkan serta bacaan yang dapat meningkatkan kerohanian dalam bentuk buku contoh Guru dan brosur SOS. Pada tanggal 21 Oktober, regu kedua dari Kosta Rika pergi ke Rivas, Nikaragua dimana banjir telah merusak sebagian fasilitas dan bangunan. Dengan berkoordinasi bersama Kantor Wali Kota, regu secara langsung mendistribusikan barang-barang darurat seperti makanan, selimut, dan pakaian. Dan pada tanggal 25 Oktober, bersama dengan ketua Perkumpulan Buruh Honduras SOPTRA VI,  Bapak Julio Hernández dan para stafnya merupakan regu ketiga yang tiba di daerah selatan Cubulero of Costa de Amates, dengan bantuan makanan dan pakaian untuk lebih dari 700 keluarga. Barang yang tersisa kemudian dibawa ke Agua Fría dan Gereja Advent di Playa Grande. Di sana, pendeta dan penduduk setempat menyampaikan rasa terima kasihnya atas kasih dan ketulusan Guru. Mereka percaya bahwa semua yang mereka terima merupakan berkah dari Surga.

Surat terima kasih dari Pastur Fabio Herrera di Talamanca, Kosta Rika  

Di Kosta Rika, rekan inisiat kita membawa hadiah Guru sebesar US$20.000 bersama buku contoh dan informasi mengenai perubahan iklim kepada Pastur Fabio Herrera-Flores di Talamanca. Beliau telah mengenal Guru dan Asosiasi kita dari bantuan sebelumnya (silakan baca Berita#157 untuk laporan rinci), dan sangat tersentuh oleh cinta kasih Guru. Kemudian pada surat terima kasihnya kepada Guru, beliau melaporkan bahwa dana yang diberikan telah digunakan untuk membeli makanan, bahan bangunan, peralatan, dan benih tanaman untuk membantu para korban membangun kembali rumah mereka. Beliau menulis, “Saya percaya bahwa bantuan Anda akan meningkatkan kualitas hidup dari semua makhluk hidup, terutama martabat manusia. Saya ingin berterima kasih terutama atas persahabatan dan pertolongan yang telah diberikan kepada Kosta Rika, khususnya bagi penduduk setempat di Talamanca, Pantai Karibia. Atas nama para korban, secara pribadi saya berterima kasih atas bantuan Anda yang telah diberikan pada tahun 2005, dan sekali lagi di bulan Desember 2008, yang memperlihatkan kemuliaan Guru karena bantuan serta perhatian diberikan tepat pada waktunya.”

Pada tanggal 8 Januari 2009, terjadi gempa bumi di Vara Blanca, Kosta Rika yang membuat sekitar 300 keluarga terlantar yang kemudian ditempatkan di penampungan yang disediakan oleh pemerintah. Dua hari setelah gempa bumi, dengan bantuan senilai US$16.000 dari Guru kita terkasih, rekan inisiat setempat membawa makanan dan kebutuhan dasar untuk para korban, termasuk makanan anjing vegetarian yang cukup untuk 100 anjing yang juga terlantar akibat bencana tersebut. Tiga minggu kemudian, mereka kembali dengan lebih banyak pakaian, selimut, dan kantong tidur untuk menghangatkan orang-orang di tempat penampungan tersebut;  perlengkapan sekolah untuk anak-anak juga diberikan. Setelah itu, sebagian orang menerima bantuan untuk membangun kembali rumah mereka.

Semoga Tuhan memberkahi para korban atas bencana ini dan membantu mereka agar dapat segera pulih dari rasa kehilangan dan memulai gaya hidup yang sesuai dengan hukum alam yang penuh dengan cinta kasih.  

Catatan: Rincian  mengenai pengeluaran dan penerimaan yang terkait akan diumumkan  pada laporan berikutnya

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)