Guru Berkata
      Gaya Hidup Vegan –   Solusi untuk Perubahan Iklim

Wawancara pilihan dengan Maha Guru Ching Hai oleh penulis Andrea Bonnie
dari Surat Kabar Irish Independent 21 November 2008
(Asal bahasa Inggris)

H: Maha Guru Ching Hai, bulan November lalu diadakan Konferensi Perubahan Iklim di Cork, Irlandia. Salah satu pembicara tamunya adalah Profesor James Hansen, Ketua Institut Goddard NASA untuk studi luar angkasa dan pakar iklim NASA yang menyatakan bahwa diperlukan tindakan mendesak untuk menyelamatkan Bumi. Ia berkata bahwa kita hanya mempunyai waktu satu tahun sebelum kita mencapai titik kritis dan tahun 2009 akan menjadi tahun yang menentukan bagi dunia kita. Apa pendapat Anda tentang cara yang paling efektif dan tercepat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca agar kita tidak melewati titik ini.

G: Baik nyonya, kita harus menjadi vegetarian/vegan tanpa produk hewani. Tidak hanya vegan, tetapi juga menghindari semua produk hewani, dan ini berarti kita menjalani gaya hidup yang lebih penuh kasih. Dan pola makan ini atau gaya hidup ini tidak hanya penuh kasih tetapi cara yang cepat, sederhana, ekonomis, dan ekologis. Semua orang, dari bayi sampai orang tua dapat melakukannya dan dijamin seratus persen sehat. Ini bukan hanya pendapat dari saya, ini juga pendapat dari semua ahli, para ilmuwan, penasihat medis, para pecinta lingkungan, dan sebagainya.

   Pertanian Organik – Pilihan yang Alami

H: Seorang ahli pecinta lingkungan ekonomis yang terkenal di Irlandia, Dr. Richard Tol dari Unit Penelitian Sosial dan Ekonomi dari Departemen Ekonomis menyatakan bahwa jika Anda ingin serius mengurangi emisi di Irlandia maka hilangkan daging dan susu di negara ini. Ia juga berkata bahwa jika Irlandia gagal memenuhi target yang dibuat dalam perjanjian Kyoto maka hukuman yang diberikan berupa denda yang mendekati satu miliar euro dalam satu tahun mendekati tahun 2020. Apa alternatif bagi peternak susu dan daging di Irlandia?

G: Kita dapat beralih ke pertanian organik. Dan ini sangat mudah, sangat sederhana, dan menggunakan sumber air serta biaya yang sedikit. Secara ekologi juga sangat ekonomis. Cara ini bahkan akan menyerap CO2 hingga 40% jika seluruh tanah diolah secara organik. Tapi sebenarnya dapat lebih dari itu. Sesuai dengan perjanjian Kyoto, jika di negara manapun para petani menanam buah dan sayuran organik maka kita tidak memerlukan subsidi lagi. Pertanian organik dan hasilnya diawasi dengan prosedur yang berkelanjutan yang tegas, pemakaian kimianya dibatasi atau bahkan tidak ada kimia sama sekali. Jadi makanan organik akan bebas dari GM (tanpa rekayasa genetika). Pertanian organik melindungi lapisan tanah atas. Praktik pertanian yang intentif dengan berbagai bahan kimia merupakan salah satu faktor utama bagi erosi di bagian tanah atas. Para ilmuwan menemukan bahwa sebidang tanah yang organik 60% lebih stabil dan lebih sedikit mengalami pengikisan. Jadi, lebih dari 1/3 sungai di Irlandia tercemar terutama karena pertanian berpindah, bahkan mungkin lebih dari itu, tetapi kita ingin mencoba untuk lebih konservatif di sini. Pertanian organik mengurangi racun dan polusi yang mengontaminasi air, tanah, dan udara kita. Maka dari itu, pertanian organik lebih sehat bagi pekerja pertanian, masyarakat di sekelilingnya, dan kehidupan di alam liar.

Sekarang, EPA (Badan Perlindungan Lingkungan) menganggap 60% dari semua herbisida (pembunuh tanaman),  pembunuh rumput liar, atau 90% dari semua fungisida, yang berarti pembunuh jamur, dan 30% dari insektisida yang berarti pembunuh serangga, sangat berpotensi menyebabkan kanker bagi manusia dan tentu saja hewan. Pertanian organik menghilangkan bahan bahan kimia dan pestisida yang berbahaya dari makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum. Jadi, petani dapat mengajukan dana bantuan kepada Departemen Pertanian paling besar €60.000. Dengan begitu penjualan organik di Irlandia telah meningkat seperti yang kita lihat, meningkat hingga 82%, dengan nilai 104 juta Euro dalam satu tahun sampai bulan Juli 2008.

Dengan demikian petani dapat menggunakan tanah mereka untuk melakukan itu, dan ini akan membantu dunia menjadi dingin. Dan bagi hutan, hal ini juga akan menambah keindahan alam dan sangat baik bagi industri pariwisata di Irlandia.

H: Setiap detik, satu daerah seukuran lapangan sepak bola dari hutan hujan tropis dihancurkan untuk memproduksi 257 hamburger. Menurut Anda, jika masyarakat mengetahui informasi ini apakah mereka akan beralih ke pola makan yang lebih berkelanjutan?

G: Ya, menurut pendapat saya mereka akan berubah. Masalahnya adalah sangat sedikit informasi seperti ini yang disebarkan ke masyarakat agar mereka mengetahuinya. Kita hanya dibanjiri dengan banyak berita lain, yang tentu saja tidak sepenting menyelamatkan hutan dan menyelamatkan planet. Menurut opini saya yang rendah hati, para pemimpin dunia harus bekerja sama mengatasi masalah yang penting ini, dan juga media. Bagaimanapun juga terima kasih karena Anda adalah salah satu yang positif dan kami sangat berterima kasih. Anda telah membantu lingkungan ini. 

    Pola Makan Vegan Menyembuhkan Banyak Penyakit

H: Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu, baik di dunia maupun di Irlandia, penyebab hampir 40% dari semua kematian. Penyakit itu menghabiskan biaya ekonomi 192 miliar Euro setiap tahun, 57% nya digunakan untuk pengobatan kesehatan, 21% nya untuk proses produksi dan 22% nya secara informal untuk merawat orang. Adakah bukti untuk meyakinkan bahwa pola makan vegan dapat membantu menyembuhkan orang dari penyakit jantung?

G: Ada banyak bukti dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli paling terkenal. Sebagai contoh: di Amerika Serikat, Dr. Dean Omish, Universitas Kalifornia; Dr. Caldwell Esselstyn dari Klinik Cleveland, Ohio; Dr. Joel Fuhrman dari New Jersey; dan masih banyak lagi yang menawarkan perawatan dasar yang dapat menyembuhkan penyakit ini lebih efektif dan cepat daripada operasi atau obat. Pasien dapat diobati dan bahkan tidak pernah ada tanda-tanda kambuh lagi setelah lebih dari sepuluh tahun.*

H: Irlandia mempunyai sekitar 250.000 pasien terdeteksi penyakit kencing manis dan sekitar 100.000 yang diperkirakan belum terdeteksi. Menyembuhkan penyakit kencing manis menghabiskan biaya ekonomi Irlandia sekitar 600 juta Euro per tahun. Bagaimana pola makan vegan dapat memberi manfaat bagi orang yang kencing manis? 

G: Itu pasti akan menyembuhkan mereka. Ada banyak penelitian dan praktik yang membuktikan efektifitas dari pola makan vegan yang mengendalikan dan menyembuhkan keduanya yaitu kencing manis dan isu kesehatan lainnya seperti penyakit jantung dan kegemukan.  

Di Amerika Serikat, setidaknya ada tiga dokter yang telah mengembangkan tiga cara pola makan nabati yang berbeda yang sesuai dengan kebutuhan dan pola makan. Dr. Neal Barnard dari Universitas George Washington mengatakan, “Anda dapat makan apa yang Anda inginkan dan sebanyak yang Anda inginkan asalkan itu vegan, rendah lemak, dan rendah gula.” Orang yang mengikuti programnya sangat sukses dalam mengontrol dan menurunkan kencing manis mereka, menurunkan pengobatan keduanya yaitu kencing manis dan segala macam penyakit yang berhubungan seperti jantung. Dan mereka sembuh seluruhnya setelah mengikuti program selama satu tahun. Dr. Joel Fuhrman di New Jersey, Amerika Serikat mempunyai program lain yang sukses yang disebut dengan program nutrisi. Ia menambahkan jika Anda ingin fokus pada makan yang bernutrisi padat seperti di dalam programnya, makanan dengan tingkat mikro-nutrisi tertinggi seperti vitamin, mineral dan kimia ada pada sayuran berwarna hijau, diikuti dengan buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Pola makan yang dianjurkannya mempunyai penekanan terhadap sayur-sayuran sebagai dasar makanan kita dan lebih menyukai kacang-kacangan daripada biji-bijian. Kacang sangat baik untuk keseimbangan gula darah. Dalam bukunya, “Makan untuk Hidup (Eat to Live)” dan “Makan untuk Sehat (Eat for Health)”, ia menyebutkan bahwa orang yang mengikuti programnya dapat mengatasi kencing manis dengan mudah, bahkan dalam waktu tiga bulan. Dokter yang lain, Dr. Gabriel Cousens, mempunyai satu program konsumsi makanan mentah yang 100% mentah, dan sedikitnya 20% bukan mentah. Ia juga fokus terhadap pentingnya membuang racun dari tubuh, seperti berhenti merokok, berhenti minum kopi. Dr. Cousens menyampaikan pengalamannya dimana pasien yang mengikuti programnya, penyakit kencing manisnya sembuh hanya dalam waktu 21 hari.*

   Kehamilan Vegan yang Sehat

H: Apakah ada keuntungan dari pola makan vegan selama mengandung?

G: Tentu saja, jika kita vegan, ibu dan anak pasti mempunyai hidup yang sehat, kelahiran yang baik dan mudah. Bahkan tidak ada mual di pagi hari, itu yang mereka katakan kepada kita. Saya meminta orang saya untuk melakukan penelitian terhadap hal ini dan benar-benar tidak ada mual di pagi hari. Sebagian besar dari wanita hamil, mereka mual di pagi hari, karena mereka makan daging, ikan, dan lain-lain, dan bayinya tidak tahan terhadap semua itu, menjadi sangat sensitif. Jadi, ketika kita mual di pagi hari, itu berarti tubuh mencoba untuk mengeluarkan racun untuk melindungi ibu dan bayinya. Itu adalah cara alami yang memberitahu kita bahwa apa yang telah kita makan tidak baik untuk tubuh kita dan bayi, tetapi banyak dari kita yang tidak mau mendengarkan. Dari banyak penelitian dan referensi yang kita miliki, pola makan vegan juga menjaga ibu dari pre-eclampsia, dimana kehamilan menyebabkan darah tinggi dan dapat berakibat fatal. Ibu hamil jika semakin banyak memakan biji-bijian dan sayur-sayuran maka rasa mual di pagi hari semakin sedikit.

    Bergizi dan Rasa yang Lezat

H: Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka enggan untuk vegan karena mereka pada dasarnya menyukai rasa daging dan keju. Apa yang harus saya katakan kepada mereka?

G: Jika kita harus memilih antara hidup dan rasa, maka kita harus memilih hidup. Jika kita kena penyakit serius karena makan daging atau meninggal karena itu, maka rasa itu akan hilang atau pergi. Bagaimanapun kita juga akan meninggal. Selain itu, daging vegie dan susu vegan sangat lezat dan tersedia di semua toko makanan sehat di manapun. Cobalah untuk menjalani kehidupan yang baru. Mengapa tidak? Resep baru, penemuan baru. Bahagia, merasakan kehidupan baru yang lebih menyenangkan. Bertemu dengan teman vegetarian atau vegan yang baru di lingkungan sekitar atau di Internet. Ya, cobalah sesuatu yang baru dalam hidup. Memang kita mempunyai selera yang berbeda tetapi kita dapat mencoba yang lain. Setelah satu minggu atau lebih, siapapun pasti akan terbiasa dengan rasa yang baru. Banyak yang segera meninggalkan daging dan mulai menjalani pola makan vegan dan tak ada seorang pun yang mempunyai masalah dengan rasa. Karena sekarang kita mempunyai banyak pilihan makanan vegetarian. Tetapi dengan menjadi vegan, kita harus menjaga keseimbangan makanan dengan tepat. Makan dengan penuh tanggung jawab. Pastikan makanan sudah termasuk nutrisi penting seperti asam lemak, zat besi, protein, dan lain-lain. 

    Hewan Sangat Penting bagi Kehidupan Kita

H: Dalam kaitannya dengan hewan, sesungguhnya hewan sangat penting dalam kehidupan kita. Menurut Anda, seberapa pentingkah mereka bagi kita? 

G: Sangat penting. Hewan sangat penting bagi kehidupan, emosi, fisik, dan mental kita. Bayangkan jika dunia kita tanpa hewan sama sekali, hanya bayangkan saja. Jika ada orang yang memelihara anjing, kucing, burung, kalkun, ayam, bebek, angsa, atau hewan lain, jika ada yang mempunyai hewan peliharaan, mereka pasti akan lebih mengerti perkataan saya bahwa betapa pentingnya peranan hewan terhadap kehidupan kita. Dan siapapun yang mempunyai anjing dan kucing, menurut penelitian medis, mereka lebih sehat dan hidup lebih lama. Jika mereka sakit, mereka akan sembuh dengan cepat. Bahkan hanya dengan hidup bersama hewan, mengelus mereka, menyayangi mereka, mencintai mereka, menjaga mereka dapat membuat Anda lebih sehat. Itu menurut penelitian ilmiah dan medis. Jadi peranan mereka sangat penting. Para hewan, mereka memancarkan beberapa energi penyembuhan. Bahkan hewan liar sekalipun, mereka mengeluarkan energi penyembuhan kepada siapapun di sekitarnya, juga terhadap manusia. Mereka lebih dari penting.

    Ciptakanlah Atmosfer yang Baik

H: Supreme Master Television adalah pelopor televisi yang konstruktif dan televisi yang positif, mengudara secara global dan diterjemahkan hingga 40 bahasa yang berbeda. Apa Anda merasa bahwa Anda telah menjadi inspirasi bagi yang lainnya sehingga semakin banyak siaran positif yang lain mucul di seluruh dunia? Apakah ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran dunia sedang naik?

G: Ini merupakan satu tanda nyata tentang kesadaran dunia yang sedang meningkat. Manusia mencerminkan dirinya dalam tindakan, pikiran, perkataan, dan tulisan. Orang yang tercerahkan dan mempunyai pikiran yang positif, mereka menulis sesuatu yang positif, mereka melihat sesuatu dengan cara yang positif, dan bertindak secara positif. Orang yang baik hati selalu berpikir baik tentang orang lain dan sebaliknya. Apapun juga di dalam hati kita pasti berpikir seperti itu. Setelah itu kita menyatakan dengan cara yang berbeda, di televisi, teater, dan tulisan-tulisan. Jika kita mempunyai lebih banyak saluran komunikasi dan media yang positif, itu berarti suatu tanda nyata bahwa kesadaran dunia lebih terangkat dan lebih sehat. Dan dengan semua itu, saya percaya bahwa ini dapat menjadi inspirasi bagi dunia, berperan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik, kehidupan yang lebih bersih, kehidupan yang lebih diinginkan, kehidupan yang lebih mulia di Bumi ini agar kita semua dapat menikmatinya. Karena jika kita menciptakan atmosfer yang positif, atmosfer yang baik, kita juga diuntungkan, kita hidup di dalamnya. Jadi kita harus menciptakan atmosfer yang baik untuk kita. Dan untuk hal itu, semua orang harus ingat.

Situs-situs web yang berisi tentang informasi pencegahan dan perlawan terhadap penyakit jantung, pembuluh darah, dan kencing manis melalui pola makan vegan:
www.heartattackproof.com
www.webmd.com/diet/ornish-diet-what-it-is
www.drfuhrman.com
www.nealbarnard.org
www.treeoflife.nu
www.drgreger.org

Untuk melihat secara lengkap wawancara Supreme Master Television yang berjudul – Penyembuhan Diabetes melalui Vegan: Wawancara dengan Drs. Neal Barnard dan Gabriel Cousens, silakan kunjungi:  http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/AW641s.php