Pertanian Organik





 

Pertanian Organik
Untuk Masa Depan yang Penuh Kasih dan Berkelanjutan

Oleh Grup Berita Australia (Asal bahasa Inggris)

Pertanian organik sangat baik untuk kesehatan kita, kesehatan hewan, juga kesehatan planet. Saya ingin mendukung pertanian organik. Saya rasa pemerintah harus mendukung dan mendorong publik untuk membeli dan menggunakan produk organik demi manfaat kesehatan dan planet. Saya berharap di masa depan, semakin banyak pertanian organik yang tersebar di segala tempat, segala sudut dunia. - Maha Guru Ching Hai

Karena semakin banyak orang di seluruh dunia yang beralih ke gaya hidup yang semakin ramah lingkungan, makanan dan produk organik telah mendapat populeritasnya sendiri karena bermanfaat bagi kesehatan kita dan planet. Trend luar biasa ini memberikan janji yang besar untuk masa depan yang lebih cerah, karena pertanian organik tidak hanya lebih harmonis dengan lingkungan alam, tetapi dapat menjadi kunci bagi kelangsungan hidup kita yang berkelanjugan serta kesehatan planet ini. Mengapa? Karena pertanian organik dapat mengurangi pemanasan global, dan lebih!

Manfaat Pertanian Organik

Pertanian organik adalah cara menanam tanaman secara alami dengan penekanan terhadap perlindungan lingkungan dan pelestarian tanah serta sumber air kita yang berkelanjutan. Pertanian organik tidak menggunakan pupuk buatan yang berasal dari bahan bakar minyak, pestisida, atau makanan dari hasil modifikasi genetika. Pertanian organik sebaliknya menggunakan pestisida biologi tanpa kimia yang diatur secara ketat sehingga melindungi tanah, udara, makanan, dan hewan liar dari bahaya kimia yang biasa digunakan dalam pertanian konvensional. Melalui teknik bervariasi seperti rotasi penanaman, pupuk hijau, dan kontrol pestisida biologi; petani organik dapat membuat tanah yang lebih baik dan memproduksi tanaman yang lebih sehat yang dapat memberi daya tahan terhadap penyakit maupun serangga. Tumbuhan  ini ditanam di atas tanah yang kaya nutrisi, mengandung tingkat mineral dan mikronutrisi yang lebih tinggi, termasuk vitamin dan antioksidan yang penting. Jadi, untuk menghindari racun yang berbahaya, makanan organik menjadi makanan yang jauh lebih baik bagi vitalitas dan kesehatan kita. Tak diragukan lagi bahwa semakin banyak dokter yang merekomendasikan organik, pola makan nabati untuk meningkatkan kesehatan dan memulihkan diri dari penyakit kronis.

Pertanian organik juga menawarkan manfaat berikut: Melindungi jutaan petani dan pekerja pertanian di seluruh dunia dari racun pestisida serta bahaya lain yang berhubungan, mengurangi risiko pribadi dari kanker karena pestisida, mengurangi efek ketidaksuburan dan gangguan pada sistem saraf, melindungi kesehatan bagi anak-anak dan bayi yang belum lahir, melindungi keanekaragaman hayati, melestarikan lapisan tanah atas yang penting untuk menghindari pengikisan yang cepat karena pertanian konvensional; mengurangi zona mati yang ada di lautan karena pupuk buatan; melindungi koloni lebah dari kemusnahan, mengembalikan keamanan suplai pangan kita; dan masih banyak lagi...

Melawan Pemanasan Global dan Menciptakan Masa Depan yang Sehat serta Berkelanjutan

Pertanian organik menawarkan kita harapan yang besar dengan kapasitas untuk membantu mengatasi beberapa masalah lingkungan yang paling kritis saat ini, yaitu: pemanasan global, kerusakan lingkungan, dan menipisnya persediaan pangan dan air di seluruh dunia. Dibandingkan dengan pertanian konvensional, pertanian organik menggunakan bahan bakar fosil dan air yang jauh lebih sedikit untuk menghasilkan panen yang sama. Terlebih lagi, ia mungkin dapat membantu mengerem dan bahkan membalikkan efek perubahan iklim. Dalam salah satu penelitian yang paling lama terhadap pertanian organik, Institut Rodale yang ada di AS menemukan bahwa managemen tanah organik tidak hanya memperkecil penggunaan bahan bakar fosil, tapi juga menyerap karbon dioksida dari udara dan menyimpannya sebagai karbon di dalam tanah. Para ilmuwan di Rodale memperkirakan bahwa jika praktik organik diimplementasikan pada lahan seluas 3,5 triliun acre, maka hampir 40 persen dari emisi CO2 saat ini dapat diserap. Karena CO2 membutuhkan 100 tahun untuk habis di atmosfer, jadi penelitian terakhir menyatakan bahwa planet kita sedang dalam bahaya dan pemanasan global dapat dengan cepat mencapai titik tanpa harapan. Sekarang gudang pengikat karbon kita seperti laut atau hutan sedang mengalami kerusakan semakin cepat, jadi peranannya untuk menyelamatkan Bumi kita sudah tidak begitu dapat diandalkan lagi. Selain itu, Dr. Timothy J. LaSalle, Ketua dari Institut Rodale menyatakan bahwa pertanian "...dapat menjadi salah satu strategi paling kuat untuk memerangi pemanasan global."

Sebagai tambahan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pertanian organik dapat bertahan di kondisi cuaca yang lebih buruk maupun banjir, dengan hasil panen yang jauh lebih tinggi daripada pertanian konvensional di masa kekeringan maupun banjir. Penelitian terhadap 1.800 lahan organik di Amerika Tengah yang diterjang Topan Mitch tahun 1998 menemukan bahwa kerusakan di lahan organik dan pengikisan tanah bagian atas jauh lebih sedikit dibandingkan pertanian konvensional. Penelitian terbaru oleh Perserikatan Bangsa Bangsa juga menyatakan bahwa pertanian organik di Afrika "tidak hanya dapat memberi peningkatan keamanan pangan, tetapi juga memberi manfaat yang luas bagi ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan sosial." Kesimpulan lain didapat melalui pengujian dari 114 proyek yang tersebar di 24 negara Afrika yang menemukan bahwa "panen menjadi berganda ketika praktik organik diterapkan."

Dunia yang Aman dan Penuh Kasih untuk Semua

Menghormati seluruh kehidupan adalah prinsip yang menakjubkan dari pertanian organik. Karena kita melindungi kehidupan di sekitar kita, maka kita sendiri akan terlindungi. Sebaliknya, melindungi kehidupan dan kesejahteraan hewan melalui pola makan nabati, pola makan tanpa produk hewani adalah satu-satunya langkah yang paling besar yang dapat kita ambil untuk melindungi kehidupan kita yang berharga dari bahaya yang dapat mengurangi 87% emisi gas rumah kaca daripada pola makan daging. Pola makan nabati organik memberi manfaat yang lebih besar dengan mengurangi 94% gas emisi rumah kaca! Jadi, kunci bagi kelangsungan hidup kita ada di tangan kita. Setelah mengetahui manfaat positif yang luar biasa yang dapat kita lakukan dari setiap makanan yang kita santap serta produk yang kita gunakan, kita semakin mempunyai kendali untuk membawa masa depan kita ke arah yang lebih cerah bagi semuanya. Membeli produk organik semampu keuangan kita membuat kita semakin mendukung pertanian organik, dan seiring dengan meningkatnya permintaan maka pemerintah akan menyubsidi kembali pertanian nabati yang berkelanjutan daripada menyubsidi industri daging. Dengan begitu harga makanan organik akan turun, murah, dan dapat dengan mudah ditanam di rumah. Apakah kita petani tradisional di sawah, pecinta kebun di rumah, atau konsumen langganan, ada satu hal yang jelas: gunakan produk yang bebas dari produk hewani maupun kimia, serta gunakan produk yang dapat menciptakan keselamatan, kesehatan, dan cinta kasih di dunia demi kita semua.

Untuk informasi lebih lanjut:
http://www.suprememastertv.com/bbs/board.php?bo_table=sos&sca=sos_4
http://redwood.sierraclub.org/articles/December_04/FoodClimateCrisis.html
http://www.strauscom.com/rodale-release/
http://www.independent.co.uk/news/world/africa/organic-farming-could-feed-africa-968641.html