Shining World Compassion Award

Rumah Perdamaian Burundi

♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Oleh Grup Berita Kenya (Asal bahasa Prancis)

Pada tahun 1993, selama konflik perang etnik yang telah memecah belah para warga dan negara Burundi di Afrika Timur, Ibu Marguerite Barankitse yang bekerja di paroki uskup Ruyidi berhasil menyelamatkan 25 orang anak yang menjadi yatim. Ia kemudian mendirikan Maison Shalom atau “Rumah Damai” sebagai tempat perlindungan bagi para pemuda yang telah menjadi korban kekejaman dan kerusuhan sipil. Sejak saat itu, Maison Shalom telah berkembang dari tempat perlindungan sederhana menjadi tempat pelayanan serba bisa yang merawat 500 orang anak kecil penetap dengan fasilitas pendidikan sendiri, merangkap sebagai rumah sakit umum dengan unit bersalin dan gawat darurat. Selama lebih dari 15 tahun, Maison Shalom telah membantu perawatan medis dan mendukung pertemuan antara 30.000 orang anak muda dengan keluarga-keluarga asuh mereka. Pada tahun 2008, Ibu Barankitse menerima Hadiah Kemanusiaan tahunan sebesar 1 juta dolar AS dari Yayasan Hadiah Opus yang berpusat di AS atas dedikasinya kepada masyarakat. Pada bulan Februari tahun lalu, ia dianugerahi dengan salah satu penghargaan tanda kehormatan tertinggi di Prancis yang membuatnya dikenal sebagai “Malaikat Burundi”.

Sebagai pengakuan atas upaya-upaya kemanusiaannya yang tanpa pamrih untuk menyediakan kenyamanan dan keamanan bagi anak-anak, Maha Guru Ching Hai juga menganugerahi Ibu Barankitse dengan Penghargaan Cinta Kasih Cemerlang Dunia. Pada acara yang diadakan di Maison Shalom tanggal 1 Maret, Tahun Emas 6 (2009), di hadapan para tamu yang hadir, Ibu Barankitse menerima piala kristal yang Indah, cek dana sebesar US$10.000 dan surat Penghargaan yang ditulis secara pribadi oleh Guru. Semuanya ini diterima oleh Ibu Barankitse dengan suka cita dan rasa syukur.

Meskipun ia sudah menerima banyak penghargaan dan hadiah, Ibu Barankitse tetap menjadi seorang yang rendah hati. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, ia berkata ”Saya tidak merasa bahwa saya harus diberi penghargaan, kapan pun saya diberi tahu bahwa saya akan menerima penghargaan, saya selalu merasa terkejut karena saya sebenarnya hanya melakukan pekerjaan biasa.”

Terima kasih Ibu Barankitse, Anda sungguh layak menerima penghargaan ini karena telah membawa banyak kasih dan harapan yang diperlukan bagi anak-anak di Burundi. Surga pasti akan merahmati kasih mulia Anda yang telah mendirikan Maison Shalom sehingga ini telah memperbaiki semangat para pemuda bangsa Anda.

 

Reference:
http://maisonshalom.net/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=27&Itemid=44


If you wish to know more about the beautiful things happening in our world, please check out our archives of awards presented over the years, including the Awards of the Month, at the following URL address:

http://www.Godsdirectcontact.org.tw/gv/