Shining World Hero Award

Seorang Pahlawan yang Mendukung Pola Makan Vegan untuk Menghentikan Pemanasan Global

♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Oleh Grup Berita Taipei, Formosa (Asal bahasa Inggris)


“…Jika Anda makan lebih sedikit daging, Anda akan menjadi lebih sehat, dan begitu juga planet ini.”
 

Dr. Rajendra K. Pachauri

Dr. Rajendra Pachauri adalah salah seorang pembicara terkemuka di dunia mengenai perubahan iklim dan bumi yang berkelanjutan. Ia menjabat sebagai Ketua Panel Antar Pemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC) PBB dan Direktur Jenderal Institut Energi dan Sumber Daya Lingkungan (TERI), yaitu sebuah organisasi yang meneliti dan mempromosikan perkembangan yang berkelanjutan di India.

Sejak awal tahun 1980-an, ketika Dr. Pachauri masih menjadi seorang siswa doktoral yang mempelajari unsur-unsur energi, ia sudah merasa bahwa perubahan iklim akan menjadi sebuah masalah yang amat serius dan orang-orang harus beralih menggunakan bahan bakar yang berkadar karbon lebih rendah. Ketika ia menerima Penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 2007, dalam pidato sambutannya, Dr. Pachauri menyatakan bahwa arti dari filosofi Hindu Vasudhaiva Kutumbakam adalah “seluruh alam semesta adalah sebuah keluarga.” Ungkapan sederhana ini melambangkan kebijaksanaan dari penuturnya yang rendah hati dan berbelas kasih ini di mana ia telah berjuang untuk mengingatkan dunia akan dampak bahaya dari perubahan iklim yang akan segera terjadi dan solusi-solusi nyata untuk menghentikannya.

Di beberapa kesempatan, Dr. Pachauri telah menyatakan bahwa berbagai upaya giat kita untuk mencegah kelaparan dunia atau untuk menciptakan sebuah dunia yang lebih hijau dengan menanam lebih banyak pohon, itu pada dasarnya tidak berguna karena kita tidak menyelesaikan masalah dari penyebabnya — yaitu dari Pilihan Pola Makan Kita. Jika seluruh penduduk di dunia mendengarkan saran Dr. Pachauri, dan mengurangi konsumsi daging mereka, maka ini akan dapat membantu mengurangi pemanasan global. Pada tahun 2008, Dr. Pachauri telah membuat pernyataan-pernyataan tegas yang menjadi pokok berita di media massa seluruh dunia, dengan berkata, “Jangan makan daging, kendarai sepeda, dan berhemat— itulah caranya bagaimana Anda dapat membantu menghentikan pemanasan global.”  Kemudian, ia diundang di berbagai acara seminar yang membahas masalah perubahan iklim dalam hubungannya dengan industri peternakan. Ia menyampaikan kepada para hadirin mengenai fakta-fakta peternakan terhadap perubahan iklim.

Dengan bervegetarian ketat, Dr. Pachauri telah berkeliling dunia untuk mendorong masyarakat agar beralih ke pola makan nabati. Pada bulan Mei tahun ini, ia menjadi pembicara pada sebuah seminar di Kota Ghent, Belgia. Para dewan kota itu telah terinspirasi untuk ambil bagian dalam membantu dunia melawan pemanasan global dan memutuskan untuk mengesahkan secara resmi bahwa di setiap Kamis adalah “Hari Vegie” di kota mereka.

Untuk menghormati keberanian yang luar biasa dan kepemimpinan yang bijaksana dalam mengungkapkan kepada dunia sebuah cara efektif untuk menghentikan pemanasan global dan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan, Maha Guru Ching Hai mempersembahkan Dr. Pachauri dengan Penghargaan Kepahlawanan Cemerlang Dunia. Pada tanggal 11 Juni, Tahun Emas 6 (2009), para anggota Asosiasi berkunjung ke TERI untuk memberikan Penghargaan tersebut kepada Dr. Pachauri, serta menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang tulus dari Guru kepada Pahlawan Suci ini. Ketika menerima Penghargaan dan hadiah-hadiah lainnya, Dr. Pachauri dengan rendah hati berkata, “Saya merasa kagum atas upaya-upaya luar biasa yang telah dilakukan Maha Guru Ching Hai di seluruh pelosok dunia demi terciptanya sebuah masa depan yang berkelanjutan bagi umat manusia dan seluruh makhluk hidup yang tinggal di Bumi ini. Dan saya juga ingin berterima kasih atas Penghargaan yang telah ia berikan kepada saya ini…dan saya berharap kita semua dapat bekerja sama untuk menciptakan sebuah masa depan yang berkelanjutan, hijau, dan ramah lingkungan, karena kita sungguh harus berbuat sesuatu.”  Dr. Pachauri juga menyatakan harapannya untuk dapat bertemu secara langsung dengan Guru.

Dr. Pachauri juga mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke-3 kepada Supreme Master Television, ia mengucapkan harapan-harapan mulianya dengan berkata, “…Semoga di hari ulang tahun Anda ini, siaran saluran TV Anda akan semakin meluas, sehingga akan semakin banyak orang yang dapat menyaksikan siaran inspirasional Anda. Dan semoga Anda dapat membawa lebih banyak lagi pesan-pesan baik bagi umat manusia sehingga kita semua dapat bekerja sama menuju sebuah masa depan yang lebih cemerlang dan berkelanjutan.”

Sebagai balasannya, Maha Guru Ching Hai menyampaikan pesan berikut ini kepada Dr. Pachauri, “Terima kasih saya yang tulus atas keberanian Anda dalam menyelamatkan dunia ini! Dan kapan saja Anda punya waktu luang, Anda akan selalu disambut di tempat kami. Bagaimanapun juga, kita selalu bersama, karena kita berjalan di jalan yang sama. Semoga Tuhan memberkahi Anda.”

Dr. Pachauri, kami menghargai kebulatan tekad Anda dalam menyebarkan pesan vegetarisme untuk menyelamatkan Bumi dan juga upaya Anda dalam menyampaikan informasi akurat kepada seluruh masyarakat di dunia agar mereka dapat membuat pilihan yang bijak demi kebaikan dunia kita.

 

Untuk menyaksikan video Dr. Rajendra K. Pachauri mengenai Pemanasan Global: Dampak Produksi dan Konsumsi Daging terhadap Perubahan Iklim, silakan kunjungi: http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/AW951s.php

Untuk menyaksikan wawancara dan liputan Supreme Master TV atas pemberian Penghargaan ini, silakan kunjungi: http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/EE1171.php


Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang hal-hal indah yang terjadi di dunia kita, silakan kunjungi arsip pemberian penghargaan kami, yang diberikan sepanjang tahun, termasuk Penghargaan Bulanan, pada situs web berikut:
http://www.Godsdirectcontact.org.tw/gv/