Kasih dalam Tindakan
Republik Afrika Tengah

Dukungan Materi dan Rohani bagi Para Korban Banjir di Bangui
Oleh Tim Bantuan Kamerun (Asal bahasa Inggris)

 
  Para anggota Asosiasi mendirikan tenda dan membangun sumur bagi penduduk setempat

Pada akhir bulan Juni hingga awal bulan Juli 2009, banjir hebat melanda ibukota Bangui di Republik Afrika Tengah. Dengan membawa sumbangan dari Maha Guru Ching Hai sebesar US$10.000, para inisiat dari Kamerun dengan cepat membentuk operasi tim bantuan ke daerah yang rusak parah akibat bencana, yaitu di dua kabupaten kota tersebut.

Ketika para anggota tim tiba di Bangui, para pejabat dari Kementrian Departemen Sosial dengan segera menginformasikan kepada mereka tentang kebutuhan para korban, dan menugaskan seorang anggota staf pemerintah untuk menemani mereka menuju daerah-daerah yang tertimpa bencana. Bagi para korban bencana yang tinggal di tempat penampungan sementara, tim bantuan memberikan bahan makanan dan perbekalan, mendistribusikan paket-paket bantuan, mendirikan tenda-tenda bagi mereka yang  membutuhkan tempat perlindungan serta membantu membuat sumur-sumur untuk menyediakan air bersih yang memadai. Selain memberikan paket bantuan yang berisi selebaran SOS, tim bantuan juga menunjukkan kepada orang-orang tentang cara-cara membuat gluten dari tepung gandum, agar mereka dapat menyiapkan sendiri makanan vegan di rumah. Banyak dari penerima bantuan yang bertanya tentang Maha Guru Ching Hai dan mereka semua amat bersyukur serta merasa terhibur oleh perhatian dan bantuan tepat waktu dari Guru.

 
Anggota tim bantuan mengajarkan cara membuat gluten dari tepung gandum  

Upaya-upaya tim bantuan ini juga diliput oleh media berita setempat, termasuk surat kabar terbesar di Afrika Tengah Le Confident, yang menampilkan artikel indah yang berjudul “Maha Guru Ching Hai Mengirimkan Kasih dan Bantuan Materi kepada Para Korban Banjir di Bangui.” Sedangkan di surat kabar populer lainnya di Bangau, L’Agor, menerbitkan artikel yang berjudul, “Maha Guru Ching Hai Memberikan Bantuan kepada Para Korban Banjir di Bangui.” Kementrian Departemen Sosial serta kelompok Solidaritas Nasional dan Kemasyarakatan, juga mengirimkan surat terima kasih kepada Asosiasi atas bantuan tepat waktu bagi para korban banjir di Bangui.
Surat terima kasih dari Kementrian Departemen Sosial   Berita liputan media Le Confident dan L’Agor. (Asal bahasa Prancis)
 

Daftar Pengeluaran Tim Bantuan Maha Guru Ching Hai atas Aksi Bantuan Bencana Banjir di Republik Afrika Tengah

Keterangan

Jumlah (Franc)

Tanda terima

Bahan makanan (beras, buncis, kacang tanah, maizena, tepung, tomat, minyak goreng, garam, gula dan kopi)

Barang bantuan (tenda, kelambu, kasur, selimut, pakaian, kantong plastik, lampu obor, dan sabun)

4.647.800

A

Bahan-bahan bangunan (semen, pasir, dll.) dan ongkos buruh bangunan

82.500

B

Total

XAF 4.730.300

(US$10.000)

 

* Selama aksi bantuan, para rekan inisiat membayar sendiri ongkos transportasi, makanan dan akomodasi mereka


 

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)