Kasih dalam Tindakan
Kasih dalam Tindakan

Guatemala

Misi Bantuan Tepat Waktu yang Sukses dengan Rahmat Tuhan

Oleh Tim Bantuan Kosta Rika dan Florida (Asal bahasa Inggris)

Dengan cinta kasih Guru yang begitu besar, sebuah tim bantuan dari Florida, A.S, dan Kosta Rika berangkat menuju Guatemala pada tanggal 20 Mei 2009 untuk membantu para korban angin topan yang telah mengakibatkan banyak rumah mengalami kerusakan dan bahkan ada yang hancur. Setelah perjalanan bus selama 12 jam, mereka tiba pada keesokan harinya di lokasi bencana pertama, di daerah Kota Chisec, Distrik Alta Verapraz. Setelah berkonsultasi dengan Bapak Ricardo Tut, direktur Kantor Perencanaan Kota Setempat (OMP), dan Bapak Artemio Lima, walikota kotapraja Chisec, mereka kemudian menggunakan dana sekitar US$6.000 untuk membeli 600 lembar atap seng, yang diterima dengan penuh rasa syukur oleh 50 keluarga yang membutuhkan untuk memperbaiki rumah mereka. Ketika Walikota Artemio Lima berbicara kepada masyarakat tentang Guru, yang dalam bahasa setempat disebut Q’eqchi’, para anggota tim bantuan merasa sangat tersentuh atas berkah Tuhan ini, dimana mereka semua meneteskan air mata meskipun tidak memahami bahasa yang mereka ucapkan.

Pada tanggal 22 Mei, tim bantuan kembali berangkat ke lokasi bencana kedua, yaitu ke daerah Kota Poptun, di distrik Petén, dimana mereka menemukan bahwa angin topan yang disusul dengan hujan es, telah merusak seluruh pusat kota. Mereka kemudian menggunakan dana sebesar US$4.000 untuk membeli 416 paket bahan makanan. Pada keesokan harinya, dengan bantuan dari Koordinator Nasional untuk Pemulihan Bencana (CONRED), Letnan Kolonel Mauricio Noches Burgos, tentara dari Pusat Pelatihan Tentara (CAE) dan Walikota Poptun, Ibu Angel Kilkán Ochoa, mereka segera mendistribusikan paket tersebut kepada para keluarga yang paling membutuhkan. Ketika anak-anak menerima hadiah permen, mereka semua langsung berlari-lari riang dengan penuh senyuman kebahagiaan. Masyarakat Kota Poptun amat berterima kasih atas bantuan dan perhatian Guru, dimana mereka merangkul dan mencium para anggota tim bantuan, sebagai tanda terima kasih sambil dengan tulus dan terharu menitipkan salam kasih dan syukur mereka.

Keterangan: Walikota Artemio Lima yang berbicara pada masyarakatnya tentang Maha Guru Ching Hai


Daftar Pengeluaran Tim Bantuan Maha Guru Ching Hai atas Karya Bantuan Bencana Angin Topan di Guatemala

Keterangan

Jumlah (GTQ)

Tanda terima

Bahan atap seng untuk memperbaiki rumah para korban

46.200,00

A

Bahan makanan (tepung, buncis, minyak masak, garam, gula dan beras)

32.909,05

B

Biaya lain-lain (tiket pesawat, sewa mobil, gas, penerjemah, pamflet, tas, dll.)

15.983,76

C

Total

              GTQ95.092,81          (US$12.037,04)

 

 

Untuk melihat Kegiatan-kegiatan Bantuan Kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi: http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar dapat diurutkan berdasarkan tahun, negara/daerah, dan jenis kegiatan.)